10 Cara Agar Anda Bisa Unggul di Tempat Kerja

  • Whatsapp
10 Cara Agar Anda Bisa Unggul di Tempat Kerja


Apakah Anda memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi hebat dalam pekerjaan Anda? Apakah Anda menginginkan kenaikan gaji atau promosi, atau Anda sedang menantikan pencarian pekerjaan Anda berikutnya, mempelajari cara meningkatkan kinerja Anda dan menambahkan lebih banyak keterampilan dan pencapaian profesional ke resume Anda sangat penting untuk maju. 

Bacaan Lainnya

Photo by Campaign Creators on Unsplash

Apakah Anda baru saja dipekerjakan atau memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam peran Anda saat ini, selalu ada cara untuk meningkatkan kinerja Anda. Mengutip laman Livecareer, berikut adalah 10 ide yang dapat Anda manfaatkan untuk unggul di tempat kerja.

1. Pahami Tujuan Pimpinan Anda
Beberapa orang bekerja di pekerjaan mereka selama bertahun-tahun tanpa benar-benar mengetahui atau memahami pimpinan mereka. Ini adalah kesalahan yang dilakukan banyak pekerja dalam karier mereka.

Apa tujuan perusahaan Anda? Ini adalah informasi penting bagi Anda untuk berhasil. Bagaimana peran Anda memengaruhi tujuan tersebut, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memberikan dampak yang lebih besar? Mintalah saran dari atasan dan rekan kerja.

Tanyakan pada diri Anda, siapa yang baru saja dipromosikan, dan apa yang mereka lakukan untuk dipromosikan? Jika Anda tidak tahu, tanyakan pada mereka. Anda dapat belajar dari kisah mereka dan mencari tahu bagaimana Anda bisa maju juga.

2. Pelajari Suka dan Tidak Suka Bos Anda
Anda tidak harus berteman baik dengan atasan Anda; sebenarnya, Anda bahkan tidak perlu menyukai bos Anda. Anda harus, bagaimanapun, tahu bos Anda.

Semakin baik Anda memahami apa yang dihargai dan disukai serta tidak disukai atasan Anda, semakin baik Anda dapat melakukan pekerjaan Anda sesuai harapan dan tuntutan mereka. Ketika Anda dapat melakukan tugas Anda dengan cara yang menyenangkan atasan Anda, semakin besar kemungkinan bos Anda akan mengenali Anda karenanya.

3. Tampil untuk Tim Anda
Menjadi “pemain tim” adalah sesuatu yang seharusnya dicita-citakan oleh setiap karyawan, tetapi itu jauh lebih sulit daripada kedengarannya, sebagian karena itu sangat tidak jelas. Apa artinya menjadi pemain tim?

Untuk unggul di tempat kerja, Anda harus belajar apa artinya menjadi tim yang baik di organisasi Anda. Untuk memulai, pelajari apa yang dihargai rekan tim Anda sehingga Anda dapat membagikan pola pikir mereka. Mereka akan lebih menghargai Anda ketika Anda bertindak berdasarkan nilai-nilai itu atau menjelaskan dengan jujur ??ketika Anda tidak melakukannya.

Cobalah untuk mengutamakan prioritas tim, bahkan terkadang dengan mengorbankan Anda sendiri. Tergantung pada peran Anda, ini mungkin berarti begadang untuk membantu rekan kerja atau menawarkan untuk berganti shift untuk membantu rekan kerja yang membutuhkan. Tidak hanya menjadi kolaborator yang baik keterampilan lunak yang dicari untuk ditambahkan ke resume Anda, tetapi rekan tim Anda akan menghormati Anda karenanya.

4. Kenali Rekan Anda
Orang-orang yang unggul di tempat kerja sering kali terhubung dengan orang-orang di luar tim atau departemen mereka. Mereka tahu bahwa menumbuhkan hubungan baik dengan orang-orang di seluruh departemen dapat membangun jembatan dan membuat kolaborasi menjadi lebih mudah.

Divisi departemen dapat menciptakan persaingan internal dan pertengkaran, tetapi jika Anda adalah pembangun jembatan yang berhubungan baik dengan semua pihak, Anda akan sering mendapatkan hasil di mana orang lain gagal. Setiap pimpinan menghargai orang-orang yang dapat menjaga keharmonisan perusahaan.

5. Jangan Menjadi Gosip
Sulit untuk menjadi pembangun jembatan ketika Anda seorang gosip. Tidak peduli seberapa baik Anda sebagai karyawan, terjebak dalam gosip akan dengan cepat menurunkan posisi Anda di mata atasan dan perusahaan Anda. Ini juga akan menjauhkan Anda dari fokus pada cara untuk unggul dalam pekerjaan Anda. Tetap di atas keributan dan jangan berpartisipasi dalam gosip atau drama kantor.

6. Memiliki Sikap Positif
Tidak mengherankan, orang-orang suka bekerja dengan orang-orang yang memiliki sikap positif. Sikap bisa menular, dan kepositifan melahirkan kepositifan. Jadilah orang yang menyebarkan sinar matahari di kantor dengan memiliki sikap optimis di tempat kerja. Menjadi orang yang suportif yang mencoba mencerahkan hari-hari orang lain selalu diterima dengan baik. Plus, ini dapat membantu Anda maju; perekrut menemukan bahwa sikap positif adalah sifat berprestasi tinggi.

7. Terima Umpan Balik dengan Anggun
Salah satu hal tersulit bagi banyak orang untuk dipelajari adalah bagaimana menangani kritik yang membangun. Mereka yang tahu tentang cara unggul di tempat kerja tahu bahwa menggunakan kritik yang bermaksud baik dapat meningkatkan kinerja pekerjaan mereka.

Ya, beberapa bos benar-benar nitpicker yang ingin semuanya dilakukan dengan cara mereka, tetapi kebanyakan bos hanya memberikan umpan balik sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dengan lebih baik. 

Bertujuan untuk memasukkan kritik konstruktif bos Anda ke dalam cara Anda melakukan pekerjaan Anda. Benar-benar perhatikan bagian yang kurang positif dari penilaian pekerjaan Anda. Ini adalah peta jalan Anda untuk bagaimana unggul di tempat kerja.

8. Jadilah Profesional
Menjadi profesional berarti lebih dari sekadar muncul untuk bekerja dan melakukan tugas Anda. Semua profesional memiliki beberapa kesamaan. Mereka bisa menerima kritik yang membangun. Mereka sopan, ramah, dan bijaksana. Mereka menghormati rekan kerja dan diri mereka sendiri.

Mereka berpakaian dengan pantas. Mereka memenuhi tenggat waktu dan memberikan banyak peringatan ketika mereka tidak dapat mencapai tujuan. Profesional bangga dengan apa yang mereka lakukan dalam semua situasi dan selalu bertujuan untuk memberikan sesuai dengan standar perusahaan (jika tidak lebih baik).

9. Lakukan Ekstra Mil
Dulu hanya muncul untuk bekerja sudah cukup untuk bertahan di beberapa perusahaan, tetapi hari-hari itu sudah lama berlalu. Saat ini, rahasia bagaimana unggul di tempat kerja tidak hanya melibatkan datang tepat waktu tetapi juga tetap sibuk dan menghasilkan hasil secara teratur.

Meskipun baik untuk mengobrol dengan rekan kerja Anda untuk membangun hubungan, jangan biarkan sesi pendingin air ini berlangsung untuk waktu yang lama. Buat daftar tugas untuk setiap hari dan tujukan untuk mencoret setiap item dari daftar.

Jauhi media sosial (kecuali Anda sedang istirahat) dan jangan menghabiskan banyak waktu untuk mengirim pesan teks atau melakukan panggilan pribadi. Untuk menghindari gangguan, alihkan ponsel Anda ke mode Jangan Ganggu dan hanya tanggapi pesan pribadi saat istirahat.

10. Jadilah Pemecah Masalah
Jangan menjadi pekerja yang selalu cepat menunjukkan masalah tanpa menawarkan solusi yang realistis. Menjadi penentang bukanlah kualitas mereka yang tahu bagaimana unggul di tempat kerja.

Sebaliknya, jadilah pemecah masalah. Dengarkan orang lain, ajukan pertanyaan yang bijaksana, berikan saran, dan bertindak jika Anda bisa, bahkan ketika itu “tidak ada dalam deskripsi pekerjaan saya”. Buat keputusan otonom sesering mungkin. Bos Anda akan menghargainya jika Anda berinisiatif untuk memecahkan masalah yang lebih kecil sendiri.



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *