10 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Ampuh dan Mudah Banget!

  • Whatsapp
10 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Ampuh dan Mudah Banget!
banner 468x60


Masalah bibir kering saat puasa memang sangat rentan menyerang di bulan Ramadan. Pasalnya, selama seharian tak mengonsumsi apapun, tubuh jadi kehilangan banyak cairan.  Kondisi ini makin terasa ketika siang hari saat cuaca sedang terik-teriknya. 

Bacaan Lainnya

Namun demikian, banyak orang mengabaikan kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah. Padahal, akibatnya bisa lebih buruk, bibir bisa luka dan berdarah.

Lantas, bagaimana mengatasi masalah pada bibir tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya.

10 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 10 tips mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah saat puasa.

1. Cukupi Kebutuhan Air saat Sahur dan Berbuka

Bibir yang terasa kering sebenarnya merupakan pertanda bahwa tubuh tengah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Maka cara terbaik mengatasinya yaitu dengan mencukupi kebutuhan air. Hanya saja, hal ini jelas tak bisa dipenuhi selama siang hari saat puasa.

Nah, cara mudah yang bisa Parents lakukan, yaitu dengan membagi jadwal minum air putih secara berkala antara waktu sahur dan berbuka. Misalnya, 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas di sela waktu tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur.

2. Perbanyak Buah dan Sayur, Tips Ampuh Atasi Bibir Kering Saat Puasa

bibir kering saat puasa

Selain memenuhi kebutuhan air dengan minum, Parents juga bisa mencukupinya dari konsumsi buah dan sayuran. Pasalnya, kedua sumber makanan ini secara umum kaya akan kandungan air.

Tak hanya itu, di dalam buah dan sayur juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang mampu mengatasi bibir kering. Misalnya, vitamin C dalam jeruk, mangga, dan sayuran hijau bisa bantu melawan sariawan dan bibir kering.

Artikel terkait: Biar Nggak Lemas Seharian, Begini 7 Tips  Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

3. Batasi Makanan Asin dan Pedas

bibir kering saat puasa

Garam bersifat menarik air, sehingga mengonsumsi makanan asin dapat menyebabkan bibir jadi semakin kering. Sedangkan mengonsumsi makanan pedas dapat membuat tenggorokan terasa semakin kering saat puasa. 

Jadi, jika Parents termasuk penggemar makanan asin atau pedas, sebaiknya batasi konsumsi jenis makanan ini selama bulan puasa.

4. Batasi Konsumsi Kafein untuk Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

10 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Ampuh dan Mudah Banget!

Konsumsi kafein juga dapat membuat kulit bibir menjadi kering karena sifatnya diuretik atau menarik cairan. Oleh karena itu, konsumsinya perlu dibatasi saat bulan Ramadan jika tidak ingin mengalami bibir kering. Kopi, teh, coklat, minuman berenergi, dan minuman bersoda, merupakan contoh jenis minuman berkafein.

5. Jangan Menjilat dan Menggigit Bibir

bibir kering saat puasa

Apa yang biasanya orang lakukan ketika menyadari bibirnya kering? Ya, menjilat bahkan hingga menggigit bibir. Namun faktanya, cara ini justru bisa memperparah kondisi bibir, lho, Parents.

Meski air liur dapat membuat bibir terkesan lebih segar, hal tersebut hanya berlaku sesaat. Perlu diketahui, air liur mengandung asam yang bisa mengiritasi dan menghilangkan kelembapan alami bibir.

6. Oleskan Madu Sebelum Tidur

10 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Ampuh dan Mudah Banget!

Untuk membuat bibir lembap secara alami, sebenarnya banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satunya dengan mengoleskan madu ke permukaan bibir.

Kemampuan madu dalam melembapkan kulit bibir lantaran kandungan berbagai macam vitamin, termasuk vitamin E. Tak heran, madu pun biasa digunakan sebagai bagian dari bahan perawatan kecantikan.

Artikel terkait: 7 Tips Menjaga Mulut Tetap Segar Saat Puasa, Nomor 3 Sering Diabaikan!

7. Atasi Bibir Kering Saat Puasa dengan Minyak Zaitun

bibir kering saat puasa

Selain madu, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering. Bahan alami yang satu ini sejak zaman dulu memang dikenalkan punya khasiat melembapkan. Hal ini lantaran antioksidan alami dan berbagai mineral di dalamnya. Caranya pun cukup mudah, oleskan minyak zaitun pada permukaan bibir secara rutin.

8. Gunakan Timun agar Bibir Tak Kering Selama Puasa

10 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Ampuh dan Mudah Banget!

Timun merupakan sayuran yang memiliki efek menyegarkan. Dalam dunia kecantikan, timun lazim digunakan sebagai pelembap kulit dan bibir alami. Pasalnya, kandungan air di dalamnya diketahui sangat tinggi. Parents bisa mengonsumsi timun secara langsung atau memanfaatkannya sebagai masker bibir.

9. Oleskan Lip Balm, Cara Mudah Terbebas dari Bibir Kering Ketika Puasa

10 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Ampuh dan Mudah Banget!

Jika ingin cara yang lebih mudah dan praktis, Parents dapat mengoleskan lip balm. Apalagi saat ini sudah banyak tersedia berbagai varian lip balm dari berbagai merek.

Salah satu produk yang cukup popular adalah lip balm berbahan petroleum jelly. Kandungan ini mampu memberikan kelembapan alami di bibir. 

10. Kurangi Penggunaan Lipstik

10 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Ampuh dan Mudah Banget!

Penggunaan lipstik secara berlebihan dapat mengakibatkan masalah pada bibir. Terutama jenis lipstik matte yang bertekstur kering sangat rentan membuat bibir pecah-pecah. 

Namun jika ingin tetap menggunakan lipstik, cobalah pilih jenis lipstik yang melembapkan dan mengandung vitamin E, biasanya jenis lipstik ini memberikan kesan glossy.

****

Nah, itulah tadi tips mudah mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selama berpuasa. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Baca juga:

Suara-Pembaruan.com/cara-menghilangkan-bibir-hitam

Suara-Pembaruan.com/bibir-bayi-hitam

Suara-Pembaruan.com/cara-memerahkan-bibir

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *