10 Film India Romantis tentang Pernikahan, Tidak Semua Happy Ending

  • Whatsapp
10 Film India Romantis tentang Pernikahan, Tidak Semua Happy Ending


Bosan dengan drama Korea (drakor), sekali-kali beralih ke film Bollywood yuk, Bunda. Film India romantis pernikahan ini dijamin tidak akan membosankan. Tapi meski romantis, ternyata tidak semuanya berakhir bahagia. Hmm, kira-kira yang mana yang tidak happy ending?

Bacaan Lainnya

10 Film India Romantis tentang Pernikahan

1. Hamari Adhuri Kahaani (2015)

Image: The New York Times

Film India romantis pernikahan pertama yang akan kita ulas adalah Hamari Adhuri Kahaani (HAK). HAK dirilis pada tahun 2015. Dalam bahasa Indonesia judul film ini diartikan sebagai Kisah Cinta yang Tak Sempurna. Dari arti ini Anda tentu sudah tahu bagaimana jalan cerita dan akhir dari ceritanya.

Film ini bercerita tentang Vashuda (Vidya Balan), janda satu anak. Suaminya, Hari (Rajkumar Rao), dinyatakan meninggal setelah 1 pernikahan mereka, saat Vashuda hamil tua. Hari yang adalah seorang pemandu turis, dibunuh setelah diculik oleh teroris.

Lima tahun kemudian, Vashuda bertemu dengan Aarav (Emran Hashmi), konglomerat pemilik banyak hotel, salah satunya hotel tempat Vashuda bekerja sebagai penata bunga. Aarav dengan cepat jatuh cinta kepada Vashuda. Dan karena kegigihnya mendapatkan hati wanita pujaannya, Vashuda pun jatuh hati kepadanya.

Ketika keduanya merencanakan pernikahan, tiba-tiba Hari yang ternyata masih hidup muncul di hadapan mereka.

Artikel terkait: 15 Film India Terbaik Sepanjang Masa, Cocok Dinikmati Saat Akhir Pekan!

2. Film India Romantis 2 States (2014)

10 Film India Romantis tentang Pernikahan, Tidak Semua Happy Ending

Image: Hotstar

2 States merupakan adaptasi dari novel laris Chetan Bhagat yang berjudul 2 States: The Story of My Marriage yang rilis 11 tahun lalu. Film yang dibintangi Alia Bhatt (sebagai Ananya) dan Arjun Kapoor (sebagai Krish) itu bercerita tentang pasangan kekasih yang berencana menikah tapi tak direstui orangtua masing-masing karena perbedaan suku. Krish beretnis Punjabi yang tinggal di Delhi, sedangkan Ananya keturunan Tamil yang besar di Chennai.

Jalan ceritanya pasti sudah bisa Anda tebak. Pasangan yang mulai berpacaran sejak kuliah ini akhirnya mengupayakan segala hal untuk menyatukan keluarga mereka.

3. Chori Chori Chupke Chupke (2001)

film india romantis pernikahan

Image: YouTube

Dalam film ini Salman Khan berpasangan dengan Rani Mukherjee sebagai suami istri. Keduanya berperan sebagai Raj Malhotra dan Priya Malhotra. Setelah menikah, Priya mengalami kecelakaan saat mengandung anak pertama mereka sehingga membuat rahimnya harus diangkat. Priya meminta persetujuan suaminya untuk mencari perempuan lain agar bisa mengandung anak mereka.

Akhirnya mereka menemukan perempuan itu. Ia seorang tunasusila bernama Madhubala (Preity Zinta). Tapi kepada Priya, Raj menyembunyikan latar belakang Madhu. Ketiganya pergi ke luar negeri. Di sana Madhu dan Raj mengambil waktu untuk bersama, dan perempuan itu hamil. Setelah kandungannya semakin besar, ketiganya kembali ke India.

Tak disangka perasaan cinta Madhu pada Raj tumbuh, dan ia memutuskan urung memberikan anaknya pada pasangan itu. Tiba hari persalinan, dokter mengatakan ada masalah pada kesehatan Madhu. Dokter hanya bisa menyelamatkan salah satu dari mereka: ibu atau bayinya.

4. Bajirao Mastani (2015)

film india romantis pernikahan

Image: Minews ID

Ini merupakan film kolosal yang berkisah tentang Bajirao, seorang peshwa (perdana menteri) di kerajaan Maratha. Suatu hari ia kedatangan Mastani, seorang putri raja dari kerajaan lain, yang meminta bantuan untuk menolong ayahnya dari kerajaan Mughal.

Bajirao menyanggupi dan kemudian terlibat perang dengan tentara Kerajaan Mughal. Sebagai tanda terima kasih, Mastani memberikannya hadiah belati. Tanpa sepengetahuan Bajirao, bahwa tradisi di kerajaan Mastani, memberikan belati merupakan simbol pernikahan.

Mastani pun mengikuti Bajirao dan tinggal di Istana Maratha. Keberadaan Mastani diketahui oleh istri pertama Bajirao, Kashibai. Namun, sang istri tidak bisa melakukan apapun karena suaminya juga jatuh cinta kepada Mastani. Setelah Mastani melahirkan putra pertamanya, Bajirao pergi berperang. Ia pulang dengan luka parah, dan di istana ia tak bisa menemukan Mastani yang ternyata sudah dipenjara oleh ibunya.

5. Rab Ne Bana Di Jodi (2008)

film india romantis pernikahan

Image: Outlook India

Pemain utama film Rab Ne Bana di Jodi adalah Shah Rukh Khan dan Anushka Sharma. Film ini merupakan film komedi romantis di mana Shah Rukh Khan berperan sebagai Surinder “Suri” Sahni, pria culun, pemalu, dan baik hati yang bekerja sebagai pegawai kantor di Punjab Power. Ia jatuh cinta pada Taani (diperankan Anushka Sharma), perempuan ekstrovert nan ceria, anak Profesor Gupta, yang tak lama lagi akan menikah.

Namun, Taani gagal menikah lantaran rombongan calon suaminya mengalami kecelakaan. Mendengar ini Prof Gupta kaget dan terkena serangan jantung. Sebelum meninggal, ia meminta Suri untuk menikahi putrinya. Demi sang ayah, Taani dan Suri setuju, meski Suri tahu Taani sebenarnya tidak mencintai dirinya.

Demi Taani bisa mencintainya, Suri mengubah penampilan dari rambut sampai ke kaki, hingga Taani tak mengenalinya.

Artikel terkait: Siapkan Tisu, Ini 8 Film India Sedih Terbaik yang Menguras Air Mata!

6. Shadi Ke Side Effects (2014)

film india romantis pernikahan

Image: YouTube

Pasangan bahagia Siddharth (Farhan Akhtar) dan Trisha (Vidya Balan) segera dikaruniai momongan. Sebagai kepala rumah tangga, Sid sebenarnya belum siap menjadi ayah. Saat itu ia sedang berjuang menjadi komposer musik.

Kemudian istrinya melahirkan anak perempuan. Kerap sibuk dengan pekerjaannya, Sid dinilai tidak perhatian dan bertanggung jawab pada anak oleh ibu mertuanya. Sid kemudian mencari cara untuk melepas stresnya dengan menginap di hotel, tapi kepada istrinya ia mengaku bekerja di studionya.

Pergi ke hotel urung dilakukan Sid karena tiba-tiba Trisha menyuruhnya menyewa pengasuh untuk anak mereka. Sadar biaya jasa pengasuh sangat mahal, kemudian Sid mengecoh istrinya dengan menjaga anaknya bergantian dengan sepupunya. Lama kelamaan tindakannya itu ketahuan oleh Trisha, dan ia pun sangat marah.

7. Kabhi Alvida Naa Kehna (2006)

10 Film India Romantis tentang Pernikahan, Tidak Semua Happy Ending

Image: Kapanlagi

Film Kabhi Alvida Naa Kehna bercerita tentang Maya Talwan (Rani Mukerji) dan Rishi Talwan (Abhishek Bachchan), sepasang kekasih yang menikah yang juga teman masa kecil. Mereka berdua dibesarkan oleh ayah Rishi, jutawan bernama Samarjit alias Sam (Amitabh Bachchan). Adapaun Dev Saran (Shah Rukh Khan), seorang pemain sepakbola, tinggal bersama istrinya, Rhea (Preity Zinta), putra mereka dan ibunya, Kamal (Saran KirronKher).

Sebelum menikah, Maya sempat bertemu Dev. Setelah pertemuan itu Dev mengalami kecelakaan dan kakinya mengalami cedera permanen hingga tak bisa lagi bermain sepak bola. 

Empat tahun berlalu. Ternyata kehidupan pasangan Dev-Rhea dan Maya-Rishi tidak bahagia. Tak sengaja Rhea sering bertemu Rishi untuk urusan pekerjaan. Dev dan Maya pun sering bertemu untuk saling curhat. Begitu juga dengan Sam dan Kamal yang bertemu untuk berbagi cerita setelah masing-masing kehilangan pasangannya.

Perselingkuhan pun terjadi antara Maya dan Dev yang kemudian diketahui Sam dan Kamal.

8. Dhadkan (2000), Film India Romantis yang Jadi Box Office

10 Film India Romantis tentang Pernikahan, Tidak Semua Happy Ending

Dirilis tahun 2000, film ini sangat menguras air mata. Dhadkan bercerita tentang Anjali (Shilpa Shetty) yang merelakan kekasihnya, Dev (Sunil Shetty), untuk menikah dengan Ram (Akhsay Kumar), pria pilihan ayahnya. Ayah Anjali tidak suka Dev karena ia sangat miskin. Sedangkan Ram merupakan pria kaya raya di Delhi.

Selain kaya, Ram ternyata sangat baik dan perhatian kepada Anjali. Akhirnya, seiring dengan waktu, perasaannya berbalik mencintai suaminya dengan tulus.

Di sisi lain, Dev masih berjuang untuk cintanya. Ia bekerja keras hingga menjadi kaya dan meminta Anjali kembali padanya. Tapi tentu saja Anjali yang telah jatuh cinta pada Ram menolak Dev. Penolakan tersebut membuat Dev ingin merusak kehidupan rumah tangga Anjali.

9. Jodha Akbar (2008), Film India Romantis tentang Pernikahan Beda Agama

10 Film India Romantis tentang Pernikahan, Tidak Semua Happy Ending

Image: Pinterest

Ini merupakan film drama sejarah romansa yang sangat epik dari India di abad ke-16. Berkisah tentang percintaan antara Jalaluddin Mohammad Akbar (Hritnik Roshan), seorang Kaisar Mughal Hindustan, dan istrinya putri Rajput Jodhabai (Aishwarya Rai).

Untuk memperluas kerajaannya, Akbar menyetujui pernikahan aliansi dengan Jodhaa. Saat itu dia masih sangat muda dan berapi-api. Ia tidak menyadari bahwa para abdi dalemnya tidak senang dengan gagasannya di mana kaisar mereka yang adalah seorang muslim harus menikah dengan perempuan Hindu. Namun Akbar tetap pada pendiriannya, dan dengan segala upaya ia membela pengantinnya.

Bunda menonton film ini harus sabar ya, karena durasi lebih sampai 4 jam.

Artikel terkait: 8 Rekomendasi Film India di Hari Ibu yang Wajib Ditonton!

10. Hum Dil De Chuke Sanam (1999)

film india romantis pernikahan

The Pink Comrade

Film India romantis pernikahan yang terakhir adalah Hum Dil De Chuke Sanam. Film ini dibintangi artis Bollywood seperti Salman Khan, Aishwarya Rai, Ajay Devgan, dan Vikram Gokhale. Ceritanya tentang Nandini (Aishwarya Rai), putri Pandit Darbar yang adalah musisi klasik India, dengan Sameer (Salman Khan) seorang pemuda yang belajar musik klasik India dari Darbar.

Dalam cerita, Sameer tinggal di rumah Darbar dan menempati kamar Nandini. Itu yang membuat Nandini kesal dan tidak menyukai Sameer. Tapi, dengan berjalannya waktu, perasaan cinta di antara keduanya tumbuh. Tapi Darbar tidak suka dengan kedekatan mereka. Sameer diusir dan meminta putrinya menikah dengan Vanraj (Ajay Devgan).

Vanraj kemudian sadar Nandini tidak mencintainya, dan akhirnya tahu bahwa Sameerlah yang dicintainya. Lalu Vanraj berusaha menyatukan keduanya.

Nah, itu dia 10 film India romantis pernikahan yang bisa Bunda nikmati persama Ayah di rumah. Selamat menonton!

Baca juga:

11 Film kartun terbaik untuk anak pilihan theAsianparent

7 Film Dewasa Jepang Lawas yang Bisa Bikin Anda Nostalgia dengan Pasangan

10 Film yang Menggambarkan Kehidupan Seorang Ibu, Seru Ditonton di Akhir Pekan

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *