10 Kuliner Legendaris Bogor yang Masih Eksis, Dijamin Bikin Nagih!

  • Whatsapp
10 Kuliner Legendaris Bogor yang Masih Eksis, Dijamin Bikin Nagih!


Berbicara tentang kuliner Bogor, ada banyak jenis makanan yang bisa menjadi pilihan. Salah satu spot kuliner paling terkenal yang bisa Anda kunjungi untuk menikmatinya adalah Jalan Suryakencana.

Bacaan Lainnya

Ya, tak afdol rasanya jika tidak menyebut Jalan Suryakencana. Kawasan ini memang dikenal sebagai pusatnya Pecinan Kota Hujan. Saat bertandang, Anda akan dimanjakan ragam spot kuliner menarik khas Kota Hujan yang bisa dinikmati bersama kerabat atau keluarga tercinta. 

Bahkan, fakta menariknya, beberapa kuliner legendaris ini sudah ada sejak puluhan tahun silam dan tetap eksis hingga sekarang, loh.

Lantas, apa saja ya makanan khas yang bisa dinikmati di kota ini? Yuk langsung saja simak pilihan kuliner legendarisnya sebagai berikut!

Aneka Kuliner Bogor Legendaris yang Masih Eksis dan Menggugah Selera

1. Martabak Encek

Foto: Sering Jajan

Spot kuliner pertama yang wajib dikunjungi yakni Martabak Encek. Martabak yang baru buka jam 2 siang ini selalu ramai oleh pelanggan setia, terbukti pembeli rela antre sebelum si kakek membuka lapaknya!

Yang istimewa, martabak ini masih menggunakan arang lho untuk proses memasak sehingga memiliki citarasa unik dibandingkan martabak biasa. Martabak Encek juga jadi primadona karena selain teksturnya empuk, pun bisa disimpan hingga esok hari.

Untuk pilihan rasa ada martabak coklat, kacang dan juga keju dan seloyangnya dibanderol berkisar Rp 40.000 hingga Rp 60.000. Berlokasi di Jalan Suryakencana Nomor 289, harap bersabar dan mengambil nomor antrian ya!

Artikel terkait: 10 Makanan Asli Indonesia yang Terinspirasi dari Kuliner Khas Belanda

2. Lumpia Basah Gang Aut

10 Kuliner Legendaris Bogor yang Masih Eksis, Dijamin Bikin Nagih!

Foto: Brisik.id

Belum sempat ke Semarang, pemanasan dulu yuk dengan mencoba lumpia basah khas Bogor! Masih berlokasi di Suryakencana, lumpia satu ini menjadi pelopor lumpia basah yang sudah berdagang sejak 1972 silam.

Mendekati spotnya, Anda akan disambut aroma lumpia basah nan menggoda. Isiannya pun sederhana yaitu cacahan bengkoang, tahu goreng, tauge, ebi giling, dan telur. Saking antrenya, si bapak sanggup mengolah 5 porsi sekaligus sekali masak! Keren banget ya.

Yang unik, dalam penyajiannya lumpia basah satu ini tidak digulung dan digoreng tetapi hanya disajikan di atas adonan kulitnya saja. Dijual dengan harga Rp 15.000, ukurannya yang cukup besar dijamin bikin kenyang!

3. Es Pala Pak Ujang

10 Kuliner Legendaris Bogor yang Masih Eksis, Dijamin Bikin Nagih!

Foto: Tribun Travel

Haus setelah mengelilingi spot wisata di Bogor dan mencari yang segar-segar? Lepaskan dahaga dengan segelas Es Pala! Di gang Suryakencana terdapat Es Pala Pak Ujang dalam sebuah warung sederhana.

Minuman tradisional berbahan dasar buah pala dan campuran air gula ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Satu gelas es dijual dengan harga Rp 6.000 saja, cukup murah bukan?

4. Bir Kotjok Abah

kuliner bogor

Foto: Kompas Travel

Ingin merasakan minuman yang berbeda, bir kocok juga menjadi minuman menyegarkan yang juga patut dicoba. Terdapat gerai Bir Kotjok Abah jika ingin mencobanya. Kendati bernama bir, minuman tradisional yang sudah ada sejak 1965 ini tidak memabukkan karena terbuat dari rempah-rempah seperti jahe dan kayu manis.

Tak perlu khawatir soal harga, satu kantong atau gelas bir kocok hanya membutuhkan uang sekitar Rp 5.000 saja. Lokasi tepat Bir Kotjok Abah ini berada di Jalan Suryakencana Nomor 291-299.

Artikel terkait: 10 Tempat Wisata Kuliner Hits dan Instagrammable di Surabaya, Wajib Coba!

5. Combro Atmajaya

10 Kuliner Legendaris Bogor yang Masih Eksis, Dijamin Bikin Nagih!

Sumber: PergiKuliner

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Bogor tanpa mencoba combro. Combro adalah camilan khas Bogor berupa singkong yang diparut, lalu diberi isian oncom yang sudah dimasak dengan bumbu pedas.

Combro lalu digoreng hingga renyah teksturnya. Cukup mengeluarkan selembar uang lima ribuan, Anda sudah bisa menikmati combro hangat Atmajaya yang nikmat rasanya. Penasaran pengin coba?

6. Laksa Bogor Gang Aut

kuliner bogor

Foto: Dolan Yuk

Seolah tak ingin berhenti memanjakan penikmat kuliner, ada Laksa Bogor yang sayang untuk Anda lewatkan. Kedai yang telah dikelola oleh tiga generasi ini disajikan dengan metode tidak biasa.

Potongan ketupat dicampur dengan bihun, tauge, potongan oncom, tahu, dan telur kemudian disiram dengan kuah kental berwarna kuning yang kaya rempah. Cukup keluarkan uang sebesar Rp 15.000-an jika penasaran ingin mencoba laksa khas Bogor ini.

7. Cungkring Pak Jumat

10 Kuliner Legendaris Bogor yang Masih Eksis, Dijamin Bikin Nagih!

Foto: Ayo Bogor

Makanan tradisional khas Bogor yang hampir ‘punah’ ini juga wajib dicicipi lho! Dalam bahasa Sunda, cungkring adalah kikil sapi. Makanan ini terdiri dari kikil yang dimasak dengan bumbu kuning, kemudian dicampur lontong, tempe goreng, dan rempeyek lalu disiram bumbu kacang mirip sate.

Kurang menyukai kikil, ada kulit dan urat sapi yang bisa jadi alternatif. Di gerai cungkring Pak Jumat, cungkring bisa dinikmati dengan harga Rp 17.000 saja.

8. Asinan Jagung Bakar Pak Sabur

10 Kuliner Legendaris Bogor yang Masih Eksis, Dijamin Bikin Nagih!

Sumber: travelingyuk

Bosan dengan asinan yang biasa, mengapa tidak mencoba asinan jagung bakar ala Pak Sabur yang unik untuk dicoba ini.

Tempat jualannya sangat sederhana, hanya berupa gerobak kayu dan mangkal di pinggir jalan. Asinan jagung bakar ini memadukan jagung bakar yang diserut, dicampur kacang tanah goreng dan potongan mentimun yang diguyur kuah cuka segar dan pedas.

Kedai asinan yang sudah ada sejak 1968 ini rasanya sangat segar, tak kalah dengan asinan sayur atau buah biasa. Cukup merogoh Rp 12.000 hingga Rp 15.000 saja dijamin puas!

9. Ketan bakar Gang Aut

10 Kuliner Legendaris Bogor yang Masih Eksis, Dijamin Bikin Nagih!

Foto: Foursquare

Jajanan tradisional ini jarang terekspos, padahal enak rasanya. Ketan bakar atau jadah ini dibakar lalu disajikan dengan serundeng kelapa atau oncom. Proses membakar jadahnya pun juga masih sederhana, yakni menggunakan arang supaya lebih keluar aromanya.

Lokasi tepatnya berada di Jalan Suryakencana Nomor 321B. Untuk harganya, satu potong ketan bakar dibandrol dengan harga Rp 3.000.

10. Mie Ayam Bakso Apollo

10 Kuliner Legendaris Bogor yang Masih Eksis, Dijamin Bikin Nagih!

Sumber: Traveloka

Mengidamkan mie ayam, Anda bisa mengunjungi Mie Ayam Bakso Apollo. Sudah ada sejak 1968, mie di kedai ini dibuat sendiri dengan bahan alami yang unik. Berbeda dengan mie ayam biasa, mie dibuat dengan air abu.

Tertarik mencoba, cobalah memesan mie ayam bakso dengan topping tahu bakso atau pangsit. Rasanya? Jangan tanya, dijamin bikin ketagihan dan pengin balik lagi!

Artikel terkait: 14 Angkringan di Bandung, Wisata Kuliner Khas Jawa di Tanah Pasundan

Itulah beragam kuliner legendaris di Bogor yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Kota Hujan. Mengingat kita masih di masa pandemi, tetap terapkan protokokol kesehatan seperti memakai masker dan jaga jarak saat sedang berkuliner, ya.

Jadi, bagaimana nih foodies, mana kuliner Bogor mana yang paling ingin Anda coba?

***

Baca juga:

10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Parents Kunjungi

10 Tempat Wisata Kuliner di Purwokerto, Paling Recommended!

7 Kuliner Paling Dicari Selama Tahun 2020, dari Dalgona hingga Garlic Bread!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *