10 Quote untuk Bunda Pejuang ASI Eksklusif, Tetap Semangat!

  • Whatsapp
banner 468x60


Rasa bahagia campur haru seketika menyelimuti Bunda saat mendengar tangisan bayi yang baru saja Bunda lahirkan. Suara tangisan itu pun menjadi israyat jika perjuangan Bunda selanjutnya akan dimulai, termasuk menjadi pejuang ASI eksklusif.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Sudah menjadi rahasia umum jika ASI adalah asupan terbaik untuk bayi, terutama selama 6 bulan kehidupan pertamanya. Namun, menjadi pejuang ASI eksklusif tidaklah mudah. Banyak rintangan yang dilalui seorang ibu saat menyusui bayi.

Walau demikian, segala rintangan tersebut tetap Bunda lalui, bahkan sampai harus berderai air mata. Tentu saja, semuanya Bunda lakukan demi buah hati tercinta, demi memenuhi kebutuhan gizi si kecil agar memiliki tumbuh kembang yang baik.

Artikel terkait: 7 Penyebab Payudara Kesemutan Saat Menyusui, Lakukan Ini untuk Mengatasinya

Selain perjuangan yang Bunda lakukan, dukungan dari orang terdekat, terutama suami, sangatlah dibutuhkan dalam proses menyusui bayi. Oleh karenanya, menyusui bayi bukanlah aktivitas yang dilakukan istri semata, tetapi juga suami.

Agar Bunda lebih semangat menyusui si kecil dan sedang menjadi pejuang ASI eksklusif, tak ada salahnya untuk membaca kumpulan quote ini. Diharapkan, quote ini bisa memotivasi Bunda saat sedang merasa lelah menyusui buah hati tercinta.

Kumpulan Quote untuk Bunda Pejuang ASI Eksklusif

pejuang asi eksklusif

Saat Bunda mulai merasa lelah atau bahkan menyerah menyusui si kecil, coba baca quote ini agar kembali semangat!

  • “Botol mengisi perutnya, tetapi menyusui mengisi jiwanya” -Diane Wiessinger, IBCLC.
  • “Anak yang beruntung itu masih menyusui setelah berusia dua tahun.” -Mantan Ahli Bedah Umum AS Dr. C. Everett Koop.
  • “Ibu dan bayi membentuk unit biologis dan sosial yang tidak terpisahkan; kesehatan dan gizi suatu kelompok tidak dapat dipisahkan dari kesehatan dan gizi kelompok lainnya.” -Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
  • “Bayi yang baru lahir hanya memiliki tiga tuntutan. Itu adalah kehangatan dalam pelukan ibunya, makanan dari payudaranya, dan keamanan dalam mengetahui kehadirannya. Menyusui memenuhi ketiganya.” -Dr. Grantly Dick-Read.
  • “Sesuatu yang sederhana dan baik seperti menyusui bayi dapat menyelamakan satu juta anak per tahun.” -Anne M Mulcahy.

Artikel terkait: Catat! Inilah Kunci Sukses Menyusui Buah Hati yang Wajib Bunda Ketahui

pejuang asi eksklusif

Bunda, jangat patah semangat, ya, saat menyusui buah hati tercinta.

  • “Jika kita memakai penutup menyusui dan dari belakang terlihat seperti jubah, maka semua orang bisa melihat kita menjadi superhero.” -Cassi Clark, penulis buku “Breastfeeding Is a Bitch: But We Lovingly Do it Anyway.”
  • “Susu ibu, yang dikembangkan melalui evolusi dengan ribuan bahan untuk membangun otak, tubuh, dan sistem kekebalan manusia, tidak dapat dibandingkan dengan produk buatan manusia yang terdiri dari beberapa lusin bahan yang bukan dari manusia dan dalam proporsi yang kurang tepat.” -Darcia Narvaez, Ph.D.
  • “Saya seorang pendukung menyusui. Semakin banyak orang melihat bayi menyusu di payudara, semakin normal jadinya.” -Dr. Jack Newman.
  • “Musuh terburuk menyusui adalah perpisahan.” -Dr. Nils Bergman.
  • “Menyusui adalah anugerah seorang ibu untuk dirinya, bayinya, dan bumi.”-Pamela K. Wiggins.

Artikel terkait: 10 Kiat Meningkatkan Produksi dan Kualitas ASI Menurut Dokter, Busui Wajib Simak!

Anjuran Menyusui Bayi yang Tertulis di Alquran

pejuang asi eksklusif

Islam pun menyarankan Bunda untuk menyusui si kecil.

Ada pula anjuran menyusui yang tertulis dalam kitab suci umat Muslim. Di Alquran disebutkan, masa menyusui dalam ajaran Islam adalah dua tahun. 

Firman Allah SWT, “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan,” (QS al-Baqarah: 233).

Akan tetapi, tak ada salahnya jika sorang ibu tidak bisa sampai dua tahun dalam menyusui bayinya. Sebab, menyusui sampai bayi berumur dua tahun hanyalah sebatas anjuran, bukan kewajiban.

Hal ini diterangkan dalam penghujung ayat tersebut, “Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya.” (QS al-Baqarah: 233).

Bunda, itulah kumpulan quote menyusui. Semoga setelah membaca quote tersebut Bunda jadi lebih semangat menjadi pejuang ASI eksklusif. Jika mengalami kendala saat menyusui, jangan ragu untuk langsung konsultasi dengan ahli laktasi atau pakarnya.

 

Baca juga:

Bukan Hal Mustahil, Begini 7 Tips Sukses Menyusui Dua Anak Sekaligus

6 Tips Sukses Menyusui di Masa Nifas, Busui Wajib Simak!

Awas! 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab ASI Jadi Berkurang, Cek Solusinya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *