10 Software Edit Video Terbaik, Lengkap dan Mudah Digunakan

  • Whatsapp
banner 468x60


Di tengah berkembangnya sosial media dan bidang content creator, banyak orang kemudian berlomba-lomba menciptakan konten video semenarik mungkin. Namun, tahukah Anda, di balik video yang unik dan menarik, tak lepas dari proses kreatif yang tidak sebentar. Itulah sebabnya, keberadaan software edit video menjadi kebutuhan utama bagi mereka yang berkecimpung di bidang tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Beberapa pilihan software editing akan memaksimalkan tampilan video dan memberikan berbagai efek sesuai yang dikehendaki. Video yang apik tentunya akan memberi nilai tambah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Software edit video biasanya tersedia untuk smartphone maupun PC. Software tersebut dapat Parents unduh melalui Play Store atau melalui situs resminya. Nah, berikut ini rekomendasi software editing yang mudah digunakan!

10 Rekomendasi Software Edit Video

1. Adobe Premiere Pro, Software Edit Video Paling Populer

software edit video Sumber: Glints

Produk software keluaran Adobe memang tak perlu diragukan lagi kualitasnya, seperti Adobe Premiere Pro ini. Software edit video ini sangat populer dan sudah diunduh oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

Software ini bisa diunduh secara gratis untuk versi PC berbasis Linux, Windows, dan Mac. Adobe Premiere Pro merupakan editor video yang telah digunakan oleh banyak konten kreator.

Tak hanya dapat digunakan untuk mengedit video, software ini juga dapat digunakan untuk membuat rangkaian gambar. Sementara bagi para pebisnis, software ini juga sangat membantu dalam membuat video promosi, pembuatan film, serta beberapa proyek multimedia lainnya. 

2. DaVinci Resolve

software edit video Sumber: Blackmagic Design

Dari namanya mungkin Parents bisa menebak jika software edit video yang satu ini terinspirasi dari Leonardo Da Vinci. Namun, sebenarnya nama software diambil dari perusahaan pembuatnya yakni da Vinci System.

Banyak yang menyebut jika software ini mampu menyaingi Adobe Premiere Pro yang mumpuni di bidang video editor. Bahkan DaVinci Resolve dinilai lebih cepat dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro.

DaVinci Resolve memiliki beberapa kelebihan yakni gratis, rendering yang cepat, dan tersedia untuk beberapa OS (Linux, Windows dan Mac). Selain itu, video editor ini juga sangat mudah dioperasikan. 

3. Cyberlink Powerdirector

software edit video Sumber: PCMag

Cyberlink Powerdirector merupakan salah satu software edit video yang kinerjanya tak kalah dari Adobe Premiere maupun da Vinci Resolve. Software ini bisa dioperasikan di PC berbasis Linux, Windows, dan Mac dengan kapasitas ringan. Parents juga tidak perlu khawatir PC akan menjadi berat setelah menginstalnya.

Software telah dilengkapi beberapa fitur canggih, seperti 360 video editing, chroma key, motion tracking, color adjustment, dan masih banyak tools editing lain yang bisa digunakan untuk mengedit video.

Bagi pemula, tak perlu ragu menggunakan software edit video yang satu ini. Pasalnya, Cyberlink Powerdirector dapat dioperasikan dengan mudah dan hasilnya sangat keren. 

Artikel terkait: Anak Tertarik Bikin Konten YouTube? Ini 6 Tips untuk Memulainya

4. Wondershare Filmora

software edit video Sumber: Minglebox.Com

Software Wondershare Filmora saat ini telah memiliki versi 9 dan juga Pro. Meski tampilannya terkesan sederhana, siapa sangka jika fiturnya tergolong lengkap. Para pengguna akan dimanjakan dengan fitur editing yang terbagi menjadi beberapa mode seperti instant cutter mode, action cam tool, full feature mode, dan easy mode.

Software edit video ini bisa diunduh secara gratis, tetapi hasil video yang telah disimpan akan menampilkan watermark Wondershare Filmora. Agar watermark tidak muncul dalam video, Parents bisa meng-upgrade ke versi pro dan tentunya untuk versi ini Anda harus membayar biaya berlangganan.

5. Avidemux 

software edit video Sumber: Portabel Apps

Avidemux merupakan software video editor untuk segala usia. Hal ini karena teknologinya yang sederhana dan sangat mudah digunakan. Software ini mampu mendukung berbagai tugas-tugas dasar editing video seperti memotong video, filter, maupun re-encode video.

Software berbasis Windows ini mendukung bermacam codec untuk video dan audio seperti MPEG, AVI, FLV, MP3, WAV, OGG. Meskipun sederhana, tetapi software ini telah dilengkapi filter, tools editing, decoder, dan konfigurasi frame rate. Menariknya lagi, software Avidemux dapat diunduh secara gratis, lo.

6. Windows Movie Maker

10 Rekomendasi Editor Video Terbaik, Fitur Lengkap dan Mudah Digunakan Sumber: TodayTechnology

Software edit video selanjutnya yang wajib dicoba adalah Windows Movie Maker. Seperti namanya, software ini hanya diperuntukkan PC berbasis Windows.

Pengeditan yang dapat dilakukan dengan software ini seperti memotong video, menambahkan lagu, memberikan teks pada video, memberikan efek visual seperti grayscale dan blur, memberikan efek transisi dalam video, hingga mengubah video ke dalam bentuk slideshow. Sementara untuk penyimpanan video tersedia dalam codec AVI, MP4, WMV dan WMA.

Artikel terkait: Mengagumkan! Inilah Hasil Karya Para Fotografer Cilik Pemenang Kontes Foto Internasional 2016

7. Blender

10 Rekomendasi Editor Video Terbaik, Fitur Lengkap dan Mudah Digunakan Sumber: Blender Artist

Bagi Parents penyuka video animasi, harus mencoba video editor yang satu ini. Software editing bernama Blender ini tersedia untuk Linux, Mac, dan Windows. Hingga saat ini, pengembang software masih belum menciptakan versi untuk smartphone.

Selain untuk membuat video animasi, software ini juga dapat digunakan untuk mengedit video animasi 3D. Dalam software ini terdapat berbagai fitur menarik seperti crop video, splicing, vektor chroma, histogram, penambahan audio, visualisasi, bingkai, kontrol kecepatan video, 32 slot video, dan masih banyak fitur keren lainnya. 

8. Pinnacle Studio, Software Edit Video dengan Hasil ala Profesional

10 Rekomendasi Editor Video Terbaik, Fitur Lengkap dan Mudah Digunakan Sumber: FileHippo.com

Ingin kualitas editan Parents seperti hasil buatan tangan profesional? Nah, Pinnacle Studio bisa dijadikan pilihan untuk mengedit video dengan kualitas tinggi.

Meski demikian, hasil video yang berkualitas tak membuat software edit video ini susah dioperasikan. Malah, sangat mudah untuk pemula sekalipun.

Aplikasi ini memiliki beragam fitur seperti overlay, efek transisi, chroma key, PIP, multi track dan multi object, hingga tools editing audio. Dalam jangka waktu tertentu, aplikasi selalu di-update sehingga seluruh fiturnya selalu fresh.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan Pinnacle Studio. Apalagi di dalam software ini juga dilengkapi dengan tutorial penggunaan dan tips pengambilan gambar. 

Artikel terkait: 7 Aplikasi Ini Bisa Bantu Parents Mendesain Rumah Sendiri, Tertarik Coba?

9. VivaVideo

10 Rekomendasi Editor Video Terbaik, Fitur Lengkap dan Mudah Digunakan

Mungkin sebagian dari Parents sudah mengenal aplikasi editing bernama VivaVideo ini. Melalui aplikasi ini, kita dapat menghadirkan video menarik dengan menyisipkan berbagai efek ke dalamnya.

Software ini dirancang untuk penggunaan yang mudah dipahami dan dijalankan. Dalam software juga telah dilengkapi dengan berbagai pilihan sticker dan teks yang bisa membuat video semakin berwarna.

VivaVideo telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dan mendapatkan rating 4,5 di Playstore. Namun di balik kepopulerannya, ternyata VivaVideo telah dilaporkan oleh VPNPro sebagai aplikasi berbahaya yang dapat mengancam data-data dalam smartphone. Wah, harus berhati-hati, nih, Parents.

10. Kinemaster Pro, Aplikasi Edit Video Paling Lengkap

software edit video

Aplikasi edit video terakhir yang juga begitu diminati para kreator yakni Kinemaster Pro. Kinemaster Pro memiliki fitur editing yang lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Aplikasi edit video ini tersedia untuk smartphone berbasis Android. Jika ingin menginstalnya, Parents harus menyisihkan ruangan dalam smartphone sebesar 2 GB atau lebih. Sementara OS Android yang dibutuhkan adalah Android 4.2 ke atas.

Hampir seperti kebanyakan video editor lainnya, aplikasi ini menyediakan fungsi untuk editing video dan audio. Pengguna juga bisa merekam langsung video yang diinginkan.

Aplikasi ini sudah dilengkapi fitur seperti project assistant untuk pembuatan video baru, color adjustment untuk memberikan efek warna dalam video, precision editing, instant player, multiple layer, multitrack audio, chroma key, hingga no watermark. 

****

Nah, itulah deretan software edit video yang bisa digunakan untuk berkreasi membuat konten yang menarik. Selalu ciptakan video yang tidak hanya seru tetapi juga mengedukasi, ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

id.theasianparent.com/konsep-foto-kehamilan-lucu

id.theasianparent.com/baby-imaginart-foto-bayi-imajinasi

id.theasianparent.com/dampak-psikologis-ngeprank-anak

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *