15 Cara Menghilangkan Uban secara Alami, Tidak Perlu Pakai Obat

  • Whatsapp
15 Cara Menghilangkan Uban secara Alami, Tidak Perlu Pakai Obat


Kemunculan uban seringkali membuat seseorang tidak percaya diri. Pasalnya, uban membuat seseorang tampak lebih tua dari usianya. Tak heran, berbagai cara alami menghilangkan uban pun rela ditempuh.

Bacaan Lainnya

Munculnya uban dipengaruhi berbagai faktor seperti usia, gaya hidup, dan genetik. Namun, uban tak hanya muncul pada orang yang berumur saja, lho. Bahkan, seorang remaja pun bisa memiliki uban.

15 Cara Alami Menghilangkan Uban Tanpa Obat

Inilah berbagai cara yang bisa dipraktikkan untuk menghilangkan uban.

1. Kurangi Merokok

Banyak yang bilang jika rokok mampu meredakan stres. Namun dibandingkan dengan manfaatnya, efek negatif rokok justru lebih banyak. Mulai dari merusak paru-paru hingga membuat uban bermunculan.

Rokok menyebabkan folikel rambut menyusut dan pigmentasinya menjadi berkurang.

Dilansir dari laman Sehatq, dalam jurnal Italian Dermatology dijelaskan bahwa sebagian besar perokok lebih rentan mengalami kemunculan uban dibandingkan yang bukan perokok, bahkan ketika usianya kurang dari 30 tahun.

2. Mengonsumsi Daun Kari

Cara menghilangkan uban selanjutnya adalah dengan mengonsumsi daun kari. Tak hanya beraroma sedap untuk campuran masakan, daun kari memiliki kandungan vitamin B yang tinggi sehingga mampu menutrisi folikel rambut dan membantu proses pigmentasi rambut.

3. Menggunakan Urang-Aring

Urang-aring telah dipercaya bertahun-tahun untuk menghitamkan rambut. Selain mampu menghitamkan, urang-aring juga berguna untuk menguatkan folikel rambut sehingga mencegah rambut dari kerontokan.
Urang-aring mengandung vitamin E yang sangat baik.

Kandungan ini akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi folikel rambut dan menghambat terbentuknya uban.

4. Minyak Almond

Bahan selanjutnya adalah minyak almond. Tak lain karena minyak almond memiliki kandungan vitamin E, protein, serta asam lemak yang tinggi.

Minyak almond banyak digunakan untuk menghilangkan uban secara alami dan membuat rambut menjadi hitam kembali.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak almond 2 kali setiap hari selama 3 bulan dan lihat perubahan warna pada rambut.

5. Cara Alami Menghilangkan Uban Menggunakan Teh Hitam

Teh hitam sangat kaya akan asam tannic yang dapat membantu mengembalikan warna hitam pada rambut yang beruban. Caranya pun sederhana, hanya perlu menyeduh sekitar 6 kantong teh hitam dan biarkan dingin.

Air teh kemudian digunakan untuk mencuci helaian rambut beruban. Tunggu hingga teh benar-benar meresap yakni sekitar 30 menit kemudian bilas. Ulangi lagi secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal.

6. Kulit Kentang

Rupanya umbi akar yang enak ini juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan yang mampu menghilangkan uban secara alami. Ketika mengupas kentang, jangan buang kulitnya karena kulit kentanglah yang bisa dimanfaatkan.

Caranya, rebus kulit kentang terlebih dahulu dan dinginkan air rebusannya. Gunakan air rebusan kentang sebagai spray rambut untuk penggunaan sehari-hari.

Menurut penelitian, kulit kentang mengandung berbagai senyawa fenolik dan vitamin seperti asam folat, riboflavin, asam askorbat, vitamin B6.

7. Putih Telur

Putih telur lazim digunakan untuk masker wajah karena memiliki efek mengencangkan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit. Tetapi ternyata, bahan imi juga dapat digunakan untuk menghilangkan uban secara perlahan.

Putih telur kaya akan protein albumin yang sangat baik untuk menutrisi dan merangsang pertumbuhan folikel rambut.

Caranya, oleskan putih telur pada setiap batang rambut sambil dipijit. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk menyamarkan bau amis telur, Anda dapat membilasnya dengan menggunakan shampo dan cuci rambut sampai bersih.

8. Cara Menghilangkan Uban dengan Minyak Kelapa

Tips alami lainnya untuk menghilangkan uban adalah menggunakan minyak kelapa. Kandungan senyawa fenoliknya baik untuk kesehatan rambut.

Cara menghilangkan uban dengan minyak kelapa adalah dengan dioleskan pada helaian rambut dan diamkan selama 30 menit.

Namun, Anda juga bisa menggunakannya sebelum tidur agar peresapan minyak kelapa pada kulit kepala lebih maksimal.

9. Menggunakan Minyak Kemiri

Untuk mengatasi berbagai permasalahan pada rambut, minyak kemiri selalu menjadi solusi yang dapat diandalkan. Minyak kemiri diketahui mampu menjaga kesehatan folikel rambut.

Biasanya minyak kemiri digunakan sebagai penumbuh rambut, menghitamkan, dan mengatasi rambut beruban.

Cara penggunaannya sangat mudah karena Anda hanya perlu mengoleskan minyak pada rambut dan kulit kepala sehari 2 kali.

10. Biji Pepaya

Daripada dibuang, biji pepaya lebih baik dimanfaatkan. Kandungan steroid, tanin, dan alkaloid di dalam biji pepaya mampu meningkatkan proses pigmentasi pada rambut.

Anda hanya perlu mengeringkan biji pepaya dengan cara disangrai atau dikeringkan di bawah terik matahari. Setelah itu, biji ditumbuk hingga halus.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa juga menambahkan teh atau minyak kelapa ke dalam biji pepaya halus sebelum dioleskan pada rambut.

11. Hindari Menggunakan Produk yang Merusak Rambut

Saat ini banyak sekali produk kecantikan rambut yang menggunakan bahan kimia seperti pewarna rambut, cairan bleaching, obat pelurus, dan lain sebagainya.

Namun sayangnya, bahan kimia mampu mengikis nutrisi pada folikel rambut, membuatnya lebih rapuh, dan mudah rusak.

Jadi, cobalah kurangi penggunaan produk kecantikan rambut dan ganti dengan bahan alami.

Misalnya untuk pewarnaan rambut Anda dapat menggunakan:

-Rambut merah bisa menggunakan bahan alami seperti kelopak bunga mawar, jus buah bit, dan jus wortel.
-Warna blonde menggunakan teh camomile, saffron, dan bunga marigold.
-Rambut coklat menggunakan kayu manis dan kopi
-Rambut hitam menggunakan teh hitam dan kacang walnut hitam.

12. Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Mencukupi nutrisi pada rambut dengan vitamin dan mineral juga sangat membantu untuk menghilangkan uban. Tentu saja, menutrisi rambut tak hanya dari luar melainkan juga dari dalam.

Mengonsumsi bahan pangan kaya antioksidan seperti minyak zaitun, buah dan sayuran segar, teh hijau, dan biji-bijian mampu menutrisi setiap folikel rambut dan meregenerasinya sehingga rambut tetap terjaga kesehatannya.

13. Jahe

Bahan selanjutnya adalah jahe. Rimpang jahe mengandung senyawa magnesium, potasium, dan fosfor yang memberikan nutrisi pada rambut.

Selain itu, jahe juga mengandung senyawa antimikroba sehingga dapat digunakan untuk membasmi ketombe dan uban sekaligus.

Cara membuat ramuan jahe untuk rambut, pertama parut jahe dan campurkan dengan susu. Setelah itu, aplikasikan pada rambut dan pijat perlahan kemudian diamkan selama 15 menit.

Bilas rambut dan ulangi cara menghilangkan uban dengan jahe sebanyak 2 kali seminggu.

14. Wijen Hitam

Biji wijen hitam berabad-abad telah dipercaya sebagai bahan yang ampuh menghilangkan uban. Bahan alami ini kaya akan antioksidan dan vitamin E yang bagus untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut.

Terlebih untuk rambut beruban, vitamin E sangat baik untuk memperbaiki dan memulihkan warna alami rambut. Rutin mengonsumsi wijen hitam akan membantu memulihkan kesehatan rambut Anda dari dalam.

15. Buah Malaka

Indian gooseberryalias buah malaka mengandung berbagai senyawa antioksidan. Kandungan tersebut mampu meregenerasi sel-sel rambut dan merangsang proses pigmentasi pada rambut beruban.

Caranya, buah malaka yang telah ditumbuk halus dicampurkan dengan minyak kelapa kemudian dioleskan pada batang dan kulit kepala. Ulangi proses ini seminggu 3 kali agar hasilnya memuaskan.
****
Nah, itulah beberapa cara menghilangkan uban dengan bahan alami yang mudah ditemui di sekitar kita. Lakukan cara di atas secara rutin agar uban segera hilang dan tergantikan rambut sehat nan indah.

Parents sendiri sudah pernah mencoba cara yang mana, nih?

Source link



Source link

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *