15 Makanan Rendah Kalori untuk Diet, Sehat dan Lezat!

  • Whatsapp
banner 468x60


Ketika sedang diet, kita perlu memerhatikan asupan kalori yang dikonsumsi. Namun, bukan berarti juga bahwa seseorang harus menghindari jenis asupan ini sama sekali, ya, Parents. Alih-alih menghindari makanan berkalori, kita bisa mengonsumsi makanan dengan kadar kalori rendah sebagai alternatifnya. 

Bacaan Lainnya
banner 300250

Kalori sendiri merupakan salah satu sumber energi yang tetap dibutuhkan agar kita bisa beraktivitas. Saat telah masuk ke dalam tubuh, kalori akan diubah menjadi energi untuk menambah tenaga seseorang dalam menjalankan kegiatan kesehariannya. Sisanya, kalori ini akan berubah menjadi lemak dan bisa menyebabkan berat badan meningkat. 

15 Makanan Sehat dan Lezat Rendah Kalori, Cocok Buat Menu Diet Parents

Maka itu, agar program diet sukses, seseorang perlu membatasi jumlah kalori yang masuk. Jangan sampai kalori harian melebihi jumlah kalori yang dibakar. 

Meski begitu, agar diet tetap sehat, mengonsumsi makanan berkalori rendah saja tentunya tidak cukup. Kita juga perlu mengonsumsi makanan padat nutrisi lainnya agar kesehatan tubuh tetap tejaga selama menjalani program diet. 

Lantas, makanan berkalori rendah apa saja yang cocok untuk menu diet? Melansir berbagai sumber, yuk simak daftar selengkapnya sebagai berikut!

Artikel terkait: Jangan Salah, 7 Makanan Tinggi Lemak Ini Justru Baik untuk Kesehatan

Rekomendasi Makanan Rendah Kalori untuk Menu Diet

1. Telur

makanan rendah kalori

Merupakan makanan berkalori rendah yang juga padat nutrisi. Mengutip laman Kompas, menurut Fetsecret, kalori sebutir telur hanya sekitar 74 kalori. Sementara itu, kandungan lemak berkisar 4,97 gram, karbohidrat 0,38 gram, serta protein 6,29 gram. 

Tak hanya itu, telur juga cocok menjadi menu diet karena menurut jurnal yang dipublikasikan di Nutrition Research, makan telur juga bisa membuat kita merasa lebih kenyang. Sehingga, ini bisa mengurangi keinginan mengonsumsi kalori di waktu makan berikutnya. 

2. Lobak

15 Makanan Sehat dan Lezat Rendah Kalori, Cocok Buat Menu Diet Parents

Ada banyak jenis sayuran yang kadar kalorinya rendah, salah satunya adalah lobak. Setiap 100 gram lobak, makanan ini hanya mengandung 21 kalori saja. Parents bisa mengolah lobak sebagai sup untuk menjadi menu diet sehat sekaligus lezat. 

3. Selada

makanan rendah kalori

Sayuran yang kerap dipakai untuk lalapan ini juga mengandung sedikit kalori, yakni hanya sekitar 18 kalori. Saat diet, Anda bisa menikmati selada dengan cara mengolahnya menjadi salad dengan jenis sayuran lainnya.

Tak hanya itu, selada juga kaya akan serat dan jenis vitamin lainnya seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

4. Wortel

makanan rendah kalori

Bukan cuma sehat untuk kesehatan mata, wortel juga termasuk ke dalam sayuran rendah kalori yang cocok dijadikan menu makan saat diet. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan nutrisi lain yang menyehatkan. Sebut saja vitamin A, vitamin B, protein, dan lainnya.

5. Mentimun

15 Makanan Sehat dan Lezat Rendah Kalori, Cocok Buat Menu Diet Parents

Merupakan sayuran rendah kalori yang juga cocok dijadikan salad. Satu mentimun dinilai hanya memiliki sekitar 8 kalori saja. Tak hanya itu, timun juga memiliki kadar air tinggi sehingga bisa juga membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh ketika dikonsumsi. 

6. Brokoli

15 Makanan Sehat dan Lezat Rendah Kalori, Cocok Buat Menu Diet Parents

Memang, tidak semua orang menyukai jenis sayuran ini. Namun, brokoli merupakan makanan sehat rendah kalori yang bagus dikonsumsi ketika sedang diet. Sekitar 90 gram brokoli mengandung sekitar 31 kalori saja. Sayuran ini juga merupakan sumber vitamin C yang bagus untuk dikonsumsi untuk menunjang kesehatan. 

Artikel terkait: 11 Manfaat Minum Jahe Tiap Hari, Bantu Tangkal Virus dan Penyakit Serius

7. Lemon

makanan rendah kalori

Jenis buah ini dikenal sebagai salah satu makanan yang bagus dikonsumsi saat diet. Mengonsumsi air lemon juga disebut bisa bantu mengurangi berat badan karena jumlah kalorinya cukup rendah, yakni sekitar 8 kalor saja. 

Tak hanya rendah kalori, lemon juga kaya akan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

8. Apel

15 Makanan Sehat dan Lezat Rendah Kalori, Cocok Buat Menu Diet Parents

Buah-buahan juga merupakan pilihan makanan yang baik dikonsumsi ketika diet. Salah satu yang mengandung kalori rendah adalah apel. Meski kadar kalorinya rendah, tetapi apel ini dinilai bisa memberikan efek mengenyangkan yang lebih lama daripada buah lainnya. Apel juga mengandung banyak nutrisi lain yang baik bagi kesehatan tubuh seperti vitamin C dan serat.

9. Pepaya

15 Makanan Sehat dan Lezat Rendah Kalori, Cocok Buat Menu Diet Parents

Merupakan buah-buahan lain yang juga rendah kalori sekaligus padat nutrisi. Selain rendah kalori, pepaya juga mengandung banyak jenis vitamin. Salah satunya adalah sumber vitamin C.

10. Semangka

15 Makanan Sehat dan Lezat Rendah Kalori, Cocok Buat Menu Diet Parents

Tak hanya rendah kalori, buah segar ini juga memiliki cita rasa lezat. Setiap 100 gram semangka, diketahui hanya ada sekitar 28 kalori.

Kandungan nutrisi pada semangka juga cukup padat. Salah satunya, buah ini merupakan sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Meski begitu, hindari mengonsumsi semangka berlebihan, ya, terutama jika Parents memiliki riwayat penyakit diabetes. 

11. Alpukat

15 Makanan Sehat dan Lezat Rendah Kalori, Cocok Buat Menu Diet Parents

Merupakan buah-buahan rendah kalori tetapi cukup mengenyangkan ketika dikonsumsi, sehingga sangat baik untuk menu diet. Hal ini karena, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan bisa mengurangi rasa lapar. 

12. Oatmeal

15 Makanan Sehat dan Lezat Rendah Kalori, Cocok Buat Menu Diet Parents

Merupakan makanan tinggi serat, protein, tetapi rendah kalori. Sehingga, makanan ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai menu diet. Anda bisa menikmati oatmeal dengan campuran buah-buahan untuk mendapatkan cita rasa lebih lezat.

13. Ubi Jalar

15 Makanan Sehat dan Lezat Rendah Kalori, Cocok Buat Menu Diet Parents

Rasanya manis dan nikmat ketika dimakan. Parents yang sedang diet tak perlu khawatir karena ubi jalar ini juga memiliki kadar kalori rendah. 

Makanan ini sangat cocok untuk menjadi menu diet sehat. Pasalnya, ubi jalar juga mengandung kaya protein, vitamin A, serta sumber karbohidrat yang menyehatkan. 

14. Salmon

makanan rendah kalori

Makanan rendah kalori bukan sekadar sayuran dan buah-buahan saja, kok. Daging atau beberapa jenis ikan juga ada yang kadar kalorinya rendah. Seperti ikan salmon, misalnya.

Selain rendah kalori, salmon juga mengandung asam lemak omega 3 sekaligus tinggi protein yang sangat baik dikonsumsi ketika diet. 

15. Kentang

15 Makanan Sehat dan Lezat Rendah Kalori, Cocok Buat Menu Diet Parents

Ketika diet, tubuh tetap membutuhkan asupan karbohidrat. Jika nasi terasa berat untuk menu diet, Anda bisa menggantinya dengan kentang. Meski begitu, cara pengolahan kentang juga perlu diperhatikan agar manfaat kesehatannya bisa tetap terjaga. 

Misalnya, hindari mengonsumsi kentang dengan cara digoreng atau dijadikan keripik yang mengandung banyak lemak. Alih-alih digoreng, Anda bisa mengonsumsi kentang rebus selama diet. 

Selain mengenyangkan, kentang juga kaya akan nutrisi lain seperti protein dan berbagai vitamin. 

Artikel terkait: 9 Makanan dan Minuman Ibu Bantu Atasi Kecemasan pada Ibu Hamil

Itulah beberapa rekomendasi makanan rendah kalori yang cocok dikonsumsi sebagai menu diet. Agar program diet berhasil dan menyehatkan tubuh, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bernutrisi lain agar kebutuhan gizi seimbang, ya. 

Semoga bermanfaat!

***

 

Jika Parents ingin berdiskusi seputar pola asuh, keluarga, dan kesehatan serta mau mengikuti kelas parenting gratis tiap minggu bisa langsung bergabung di komunitas Telegram theAsianparent.

Baca juga: 

Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan 3 Jenis Jahe yang Perlu Parents Tahu

Diet DEBM, Dikenal Efektif Turunkan Berat Badan Sampai 2 Kg dalam Seminggu

13 Manfaat Daun Salam, Bantu Atasi Ketombe Hingga Redakan Stres

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *