15 Rekomendasi Buku yang Cocok Dibaca Anak Sebelum Beranjak Remaja

  • Whatsapp
15 Rekomendasi Buku yang Cocok Dibaca Anak Sebelum Beranjak Remaja


Buku adalah sumber pengetahuan. Membiasakan anak membaca buku sejak dini adalah hal yang sangat baik. Sebab, buku tak hanya memberikan pengetahuan bagi anak-anak, tetapi juga pelajaran, hiburan, dan melatih imajinasi. Oleh sebab itu, di bawah ini kami telah memilih 15 rekomendasi buku untuk anak yang perlu dibaca sebelum mereka beranjak remaja. 

Bacaan Lainnya

15 Rekomendasi Buku Anak yang Wajib Dibaca Sebelum Beranjak Remaja

Usia praremaja adalah masa-masa di mana anak bersiap memasuki dunia remaja yang penuh petualangan baru. Tak cuma menawarkan kesenangan, masa-masa ini juga sangat krusial dalam menentukan karakter anak ketika dewasa nanti.

Buku sebagai jendela dunia akan membantu mereka memahami seperti apa gambaran dunia secara lebih luas di luar sana. Bukan hanya itu, kebiasaan membaca buku sejak dini juga akan melatih kemampuan mereka dalam menganalisis suatu masalah.

Nah, 15 buku pilihan di bawah ini tak hanya menawarkan hiburan, tetapi juga mengasah imajinasi mereka. Mulai dari buku dalam negeri hingga luar negeri, berikut 15 buku terbaik yang wajib dibaca anak sebelum beranjak remaja. 

1. Little Prince

Sumber: Crisis Magazine

Buku “Little Prince” ditulis oleh Antoine de Saint-Exupery, seorang pilot asal Perancis. Buku tersebut menceritakan kisah imajinatif Antoine yang jatuh dan terdampar di sebuah gurun pasir ketika sedang menerbangkan sebuah pesawat sendirian. Tak disangka, di gurun tersebut ia bertemu dengan seorang bocah laki-laki yang mengaku tinggal di sebuah planet kecil. 

Lewat buku ini, Antoine menceritakan perasaan kesepian yang dirasakan oleh karakter utama yang disebut Pangeran Cilik dan usahanya dalam mencari teman. Cerita di dalam buku ini akan mengajarkan anak Anda untuk menjadi mandiri dan berani. Tersedia dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. 

2. Coraline

rekomendasi buku

Sumber: Instagram

Novel berjudul “Coraline” yang ditulis oleh Neil Gaiman ini bercerita tentang seorang remaja perempuan yang terjebak di dunia lain demi menyelamatkan ayah, ibu, dan dirinya sendiri. Ia harus melawan serangga-serangga menyeramkan dan hal-hal aneh lainnya untuk keluar dari tempat tersebut.

Novel ini mengajarkan keberanian dan kekuatan yang muncul dari tekad yang kuat. Sudah tersedia dalam edisi bahasa Indonesia. 

3. Diary of A Wimpy Kid

15 Rekomendasi Buku yang Cocok Dibaca Anak Sebelum Beranjak Remaja

Buku ini menceritakan pengalaman hidup seorang laki-laki bernama Greg Heffley yang tidak mudah bergaul. Ironisnya, Greg punya seorang kakak yang sangat terkenal dan ia sering menjadi bahan bully sang kakak. Greg juga punya orangtua yang baik, tetapi terkadang mereka tidak bisa memahami keinginan anak. 

“Diary of A Wimpy Kid” ditulis bak diary yang memuat pengalaman sehari-hari Greg. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi. Meski menggambarkan keluarga yang tidak sempurna, namun buku yang sarat dengan humor ini akan membuat anak Anda tertawa terpingkal-pingkal. 

Artikel terkait: Mengapa Membacakan Buku untuk Bayi Sangat Penting?

4. Matilda, Salah Satu Rekomendasi Buku Anak Praremaja

rekomendasi buku

Sumber: deefesefwords.blogspot.com

“Matilda” yang ditulis oleh Road Dahl adalah kisah klasik yang menceritakan keberanian seorang remaja perempuan. Berisi tentang perjuangan Matilda untuk bisa bersekolah, juga tentang telekinesis, sebuah kekuatan super yang digunakan Matilda dengan penuh kasih sayang untuk menyelamatkan mereka yang lemah.

5. Resep Membuat Jagat Raya 

rekomendasi buku

Sumber: Duniakecilnaya.com

Puisi selama ini identik dengan orang dewasa. Namun, apa jadinya jika ada puisi yang ditujukan untuk anak-anak dan penulisnya juga anak-anak?

“Resep Membuat Jagat Raya” adalah buku kumpulan puisi yang ditulis oleh Abinaya Ghina Jamela, seorang bocah perempuan kala usianya masih 8 tahun. Buku kumpulan puisi ini akan membantu anak Anda memahami perasaan mereka tentang dunia di sekitarnya. 

6. Aku Radio bagi Mamaku 

rekomendasi buku

Sumber: Anakkeduaperempuan.wordpress.com

Naya, sapaan akrab Abinaya Ghina Jamela, tak hanya menulis puisi, tetapi juga cerita pendek. “Aku Radio bagi Mamaku” adalah buku kumpulan cerpen pertamanya yang terbit tahun 2018.

Berkisah tentang kehidupan seorang tokoh bernama Alinka, gadis kecil yang masih duduk di bangku kelas 1 SD. Ada juga tokoh mama, papa, kakak, kepala sekolah dan teman-teman sekolahnya yang melakukan banyak hal di kota bernama Sanopa. 

Artikel terkait: Baik untuk Perkembangannya, Inilah 5 Manfaat Mengenalkan Buku kepada Bayi

7. Aku, Meps, dan Beps

rekomendasi buku

Sumber: Sintiaastarina.com

Agaknya, kita tak lagi kekurangan penulis buku anak-anak dari negeri sendiri. Reda Gaudiamo, seorang veteran penulis buku anak-anak kembali menerbitkan sebuah karya berjudul “Aku, Meps, dan Beps”.

Buku yang ditulis bersama anaknya, Soca Sobhita, ini menceritakan masa kecil Soca yang lugu dan penuh imajinasi. Buku yang dilengkapi dengan ilustrasi karya Soca ini sangat cocok dibaca bersama si kecil. Penuh humor lugu khas anak-anak.

8. Na Willa, Termasuk Rekomendasi Buku Anak Praremaja

rekomendasi buku

Masih dari Reda Gaudiamo, rekomendasi buku berikutnya adalah “Na Willa”, sebuah buku yang berkisah mengenai seorang gadis kecil bernama Na Willa yang tinggal di sebuah gang kecil di Surabaya. Ada cerita saat Na Willa berlari mengejar kereta, pergi ke pasar bersama Mak. Dan juga cerita ketika si kecil Na Willa memikirkan bagaimana orang-orang bisa bernyanyi dari dalam radio.

9. Pintu Harmonika

rekomendasi buku

Satu lagi buku anak-anak dari penulis dalam negeri. Pintu Harmonika ditulis oleh Clara Ng dan Icha Rahmanti. Berkisah tentang tiga remaja bernama Rizal Lee, Juni, dan David.

Rizal Lee adalah siswa populer yang juga seorang bloger dan selebtwit remaja. Juni adalah korban perundungan yang setelah menguasai ilmu bela diri justru menjadi anggota geng yang suka merisak adik kelas. David adalah penggemar komik Detektif Conan, anak tunggal dari seorang ibu tunggal pemilik toko kue.

Mereka bertiga hidup bertetangga di sebuah kompleks pertokoan. Ketiganya disatukan oleh sebuah tempat bernama surga yang merupakan taman bermain mereka. Suatu ketika, datanglah kabar bahwa tempat tersebut akan dijual oleh pemiliknya. Ketiga remaja tersebut lantas merancang berbagai taktik agar “surga” milik mereka tidak diambil oleh orang lain. 

Artikel terkait: Mendongeng atau membacakan buku cerita untuk anak, mana lebih bermanfaat?

10. Good Night Stories for Rebel Girl

rekomendasi buku

Rekomendasi buku berikut ini berisi kisah hidup dari tokoh perempuan hebat di seluruh dunia. Memuat profil para perempuan hebat seperti Malala Yousafzai, Serena Williams, hingga Ratu Elizabeth I.

Cocok dibaca sebagai dongeng pengantar tidur. Mengajarkan anak perempuan bahwa mereka bisa menjadi apa pun termasuk menjadi perempuan hebat seperti yang ada di buku ini. 

Diceritakan menggunakan bahasa anak-anak dan dilengkapi dengan ilustrasi. Buku yang ditulis oleh Elena Favili dan Francesca Cavallo ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan tersedia di toko buku kesayangan Anda. 

11. Little Woman

inspirasi

Sumber: Aisaidluv.com

Buku yang ditulis oleh Louisa May Alcott ini berkisah tentang empat orang bersaudara yang semuanya perempuan. Mereka berasal dari keluarga sederhana dan berjuang untuk meraih mimpi masing-masing.

Buku ini sarat dengan konflik dan kehangatan keluarga yang sering muncul dalam hubungan kakak beradik. Cocok dibaca untuk memahami jalinan persaudaraan di antara anggota keluarga. 

12. Dua Garis Biru, Rekomendasi Buku Anak Praremaja yang Diadaptasi dari Film

inspirasi

Sumber: biancatwinbee.blogspot.com

Novel “Dua Garis Biru” diadaptasi dari naskah film berjudul sama yang disutradarai oleh Gina S. Noer. Sama seperti filmnya, novel ini menceritakan kisah sepasang remaja yang dimabuk cinta, Bima dan Dara.

Namun, keduanya terlibat masalah yang amat pelik tatkala Dara tiba-tiba hamil di saat usianya masih belum cukup umur. Cerita ini mengajarkan anak bahwa selalu ada konsekuensi dalam setiap perbuatan yang kita lakukan.

13. Mata di Tanah Melus

inspirasi

Sumber: matah-ary.blogspot.com

Penulis Okky Madasari yang lebih dikenal dengan novel bernuansa sosial politik kali ini muncul dengan buku anak-anak. Di buku barunya yang berjudul “Mata di Tanah Melus”, ia menceritakan petualangan seorang remaja perempuan yang melakukan perjalanan ke wilayah terluar Indonesia. 

14. Mata dan Rahasia Pulau Gapi

inspirasi

Sumber: Goodreads.com

Selain “Mata di Tanah Melus”, terbit juga buku berjudul “Mata dan Rahasia Pulau Gapi”. Lewat buku kedua dalam seri Mata ini, Okky Madasari menceritakan kisah seorang tokoh bernama Matara. Gadis remaja itu gagal masuk ke sekolah impian lalu ia pindah ke Pulau Gapi, sebuah pulau di wilayah timur laut Indonesia. Di pulau ini, Matara nantinya tak hanya pergi ke tempat-tempat baru tetapi juga menjelajahi masa lalu. 

15. Rekomendasi Buku Anak Praremaja: Angin dari Tebing 1 

inspirasi

Clara Ng menulis buku berjudul “Angin dari Tebing” ke dalam dua seri. Seri pertama bercerita tentang kehidupan anak-anak di sebuah sekolah yang dibangun di atas tebing di sebuah desa kecil. Juga bercerita tentang binatang-binatang di sekitar sekolah. Gaya penulisannya yang menyerupai sajak akan membuat anak-anak merasa terhibur sekaligus terpukau. 

Nah, Parents, itu tadi 15 rekomendasi buku terbaik untuk anak-anak usia praremaja. Yuk, ajarkan anak kebiasaan membaca sejak dini. Semoga buku-buku di atas bisa menjadi pelipur lara dan jadi ladang pengetahuan, ya!

Baca juga:

10 Buku Anak dengan Ilustrasi Terbaik Versi New York Times

5 Jenis Buku Edukasi Anak yang Pasti disukai Balita

Rabbit Hole, Buku Cerita Interaktif Untuk Bayi dan Anak Indonesia

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *