35 Nama Baptis Laki-Laki Terbaik untuk Jagoan Parents | theAsianparent Indonesia

  • Whatsapp
35 Nama Baptis Laki-Laki Terbaik untuk Jagoan Parents


Bacaan Lainnya

Setiap nama yang disematkan pada seorang anak memiliki makna, tertentu terlebih pada nama baptisnya. Nama baptis laki-laki tentu harus dipikirkan secara matang sebelum nantinya si bayi harus melaksanakan sakramen baptis.
Sakramen baptis akan menjadi pembuka dilakukannya sakramen lain dalam agama Katolik. Sakramen baptis juga merupakan ritual sakral pertama ketika seorang beragama Katolik hendak menjadi anggota di suatu gereja.
15 Nama Baptis Laki-Laki Katolik Terbaik
Inilah rekomendasi nama baptis terbaik untuk Anda.
1. Andrew

Andrew memiliki arti kuat, berani dan pejuang. Nama ini juga pernah disematkan pada salah satu nama rasul Yesus. Dalam agama Katolik, nama ini diperingati setiap tanggal 30 November dan merupakan salah satu nama orang suci dalam Alkitab.
2. Tobias
Nama Tobias berasal dari bahasa Ibrani yang artinya Tuhan itu baik. Dalam Alkitab, Tobias diceritakan sebagai orang saleh yang disembuhkan oleh malaikat Rafael. Kemudian Tobias menemani perjalanan malaikat agung ini mencari obat untuk ayah Tobias yang buta.
Pemilihan nama baptis laki-laki Tobias diharapkan sang pemilik nama. Ia akan meneladani sifat-sifat dari Tobias tersebut.
3. Anthony,Nama Baptis Laki-Laki
Nama Anthony berasal dari bahasa Latin yang berarti pendoa. Diharapkan pemilik nama baptis laki-laki ini menjadi orang yang taat senantiasa melibatkan Tuhan dalam hidupnya.
Tak hanya arti yang indah, nama Anthony dikenal sebagai nama seorang Santo yang taat kepada perintah Tuhan yang hidup pada abad ke-3 yang menemukan monastisisme Kristiani. Selain itu, nama Anthony juga dikenal sebagai nama salah satu ilmuwan, yakni Antoni Van Leeuwenhoek.
4. Julian

Nama Julian dalam bahasa Perancis berarti dagu yang berjenggot, sementara dalam bahasa Jerman Julian berarti rendah hati. Di Indonesia, nama Julian banyak dipilih sebagai nama anak yang lahir di bulan Juli.
Menurut sejarah, Julian merupakan nama Santo yang mengubah rumah pribadinya menjadi rumah sakit untuk merawat orang-orang miskin yang membutuhkan pertolongan. Julian juga nama lain dari Julius, dimana kita mengenalnya sebagai tokoh fenomenal dalam sejarah yakni Julius Caesar.
5. Vincent
Dalam bahasa Latin Vincent berarti penakluk. Nama Vincent dalam sejarah merupakan nama Santo, yakni St. Vincentius yang berasal dari Lerins dan hidup di abad ke-5. St. Vincentius senantiasa membantu kaum fakir miskin dan mengajari mereka tentang agama.
Pemilihan nama baptis laki-laki Vincent untuk buah hati diharapkan nantinya ia akan menjadi seorang penakluk yang tangguh serta meneladani kisah St. Vincentius.
6. Milo
Kata Milo berasal dari bahasa Jerman dan Latin yang memiliki arti penyayang atau prajurit. Milo paling sering dianggap sebagai nama orang Jerman yang berasal dari bahasa Latin. Nama Milo dapat menjadi salah satu pilihan nama baptis laki-laki yang memiliki arti yang baik untuk buah hati Parents.
7. Silas
Nama Silas berasal dari bahasa Latin yang berarti kayu, hutan. Di Alkitab nama Silas berdampingan dengan nama Silvanus dan penyebutannya secara bergantian. Sementara dalam Kitab Perjanjian Baru, terdapat St. Silas yang merupakan seorang anggota yang terkenal dan menemani Paulus dalam menjalankan misinya.
8. Felix,Nama Baptis Laki-Laki untuk si Kecil

Kata Felix berasal dari bahasa Latin yang berarti bahagia, beruntung. Nama Felix berawal dari nama keluarga bangsa Romawi, tetapi nama ini kemudian menjadi nama julukan Sulla Romawi Kuno.
Orang yang menggunakan nama Felix dipercaya akan dilingkupi keberuntungan dari dewa. Felix juga merupakan nama dari empat Paus dan enam puluh tujuh nama orang kudus di dalam Alkitab.
Artikel terkait:56 Inspirasi Nama Bayi dari Marga Keluarga di Negara Inggris
9. Oliver
Kata Oliver berasal dari bahasa Jerman yang berarti pohon zaitun. Oliver dalam bahasa Perancis yang merupakan ejaan dominan yang berasosiasi dengan kata Latin yakni oliva yang memiliki arti sama yakni pohon zaitun.
Selain bermakna pohon zaitun, nama Oliver juga terkenal di Inggris di abad pertengahan setelah muncul karya puisi Perancis yang berjudul La Chanson de Roland yang menampilkan karakter bernama Oliver.
10. Owen

Nama Owen berasal dari bahasa Welsh yang berarti pejuang muda, lahir dengan baik. Kata Owen kerap dikaitkan dengan kata Eugene yang berasal dari bahasa Yunani dengan adanya imbuhan eu yang berarti baik dan gene berarti lahir.
Dalam sejarah, Owen menjadi salah satu nama keluarga patriotik bangsa Welsh pada masa Renaissance. Salah satu tokoh yang terkenal adalah St.Owen yang merupakan seorang biarawan Benedict dan menjadi pengikut St. Chad yang taat. L
Nama Owen juga biasa digunakan sebagai nama baptis laki-laki karena arti namanya yang bagus.
11. Lucius
Berasal dari bahasa Latin, Lucius berarti terang. Kata lux dalam nama Lucius berarti cahaya. Diharapkan pemilik nama Lucius selalu berjalan ke jalan yang terang serta mampu memberikan cahaya dan pencerahan bagi orang lain di sekitarnya.
Dalam Kitab Perjanjian Baru disebutkan Lucius sebagai nama dua orang Kristiani yang taat. Dalam sejarah Lucius juga merupakan nama dari seorang Santo bernama St. Lucius pada masa pemerintahan Kaisar Valerius.
12. Sebastian,Nama Baptis Laki-Laki yang Bermakna Mulia
Nama Sebastian berasal dari bahasa Yunani yang berarti orang dari patut dimuliakan. Orang bernama Sebastian dipercaya akan memiliki karakteristik ramah, mandiri, pemalu, kritis terhadap diri sendiri dan orang lain, berani, penyuka seni, dan humanis sejati.
Nama ini juga tercatat dalam sejarah sebagai nama Santo di abad ke-3 yang dibunuh oleh temannya sendiri dengan menggunakan panah.
13. Raphael

Berasal dari bahasa Ibrani, nama Rafael artinya Tuhan telah menyembuhkan. Dalam agama Kristen dan Yahudi, Raphael merupakan salah satu dari tujuh malaikat yang dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit.
Sementara dalam agama Katolik, nama Raphael muncul dalam Kitab Tobit dan diperingati setiap tanggal 29 September. Nama salah satu malaikat romantis ini terdengar begitu artistik dan penuh makna. Tak heran jika banyak yang memilih nama ini sebagai nama baptis laki-laki.
14. Jonah,Nama Baptis Laki-Laki Terbaik
Nama Jonah berasal dari bahasa Ibrani yang berarti merpati. Dalam Kitab Perjanjian Lama dijelaskan bahwa Jonah merupakan seorang nama nabi yang tertelan ikan paus yang perintahkan oleh Tuhan.
Seseorang yang bernama Jonah dipercaya memiliki karakter ceria, romantis, pembimbing, berkeyakinan kuat, kritis dan kreatif.
15. Ignatius
Dalam bahasa Latin, Ignatius berarti penuh semangat. Ignatius dipercaya akan memiliki karakteristik mandiri, bersemangat, kritis, dinamis, penyayang, kreatif, dan penuh perhatian.
Nama Ignatius juga tercatat dalam sejarah dan merupakan nama seorang Santo dari keluarga Romawi Kuno yakni St. Ignatius loyola yang mendirikan Society of Jesus.
Artikel terkait:56 Inspirasi Nama Bayi dari Marga Keluarga di Negara Inggris
20 Nama Baptis Laki-Laki Pilihan untuk si Kecil

Selain nama-nama di atas, berikut ini beberapa nama baptis laki-laki yang juga direkomendasikan.

Amantius yang berarti mencintai. Amantius adalah salah seorang uskup ketiga Como.
Florian (asal bahasa: Romawi) yang berarti pirang, mekar berbunga.
Genesius (asal bahasa: Romawi) yang berarti menghasilkan. Nama salah satu Santo di Roma yakni St. Genesius.
Hyginus (asal bahasa: Latin) yang berarti sehat. Nama ini merupakan nama seorang uskup Roma yang terkenal yakni St. Hyginus.
Theodore (asal bahasa: Romawi) yang berarti karunia dari Tuhan.
Valentine (asal bahasa : Romawi) yang berarti kuat, sehat dan penuh cinta. Nama seorang Santo dari Romawi yang saat ini diabadikan namanya sebagai hari Valentine.
Vincenzo (asal bahasa: Romawi) yang berarti menang atau menaklukkan.
Abundius (asal bahasa: Latin) yang berarti berlimpah. Dipopulerkan oleh St. Abundius dari Italia Utara.
Benediktus (asal bahasa: Latin) yang berarti diberkati. Salah satu nama Santo dari Nursia yakni St. Benediktus.
Benno (asal bahasa: Italia) yang berarti diberkati.
Camilo (asal bahasa: Latin) yang berarti penolong imam.
Conrad (asal bahasa: Jerman) yang berarti penasihat yang berani.
Athanasios (asal bahasa: Jerman) yang berarti abadi. Dikenal digunakan sebagai nama Santo dari Yunani dan teolog.
Cosmas (asal bahasa: Yunani) yang berarti kesopanan. Dikenal juga sebagai nama salah satu Pastor Cosmas di gereja Ortodoks Yunani.
Zachary (asal bahasa: Ibrani) yang berarti pengingat Tuhan.
Joseph (asal bahasa: Ibrani) yang berarti dia akan menambahkan. Salah satu tokoh terkenal yakni St. Joseph, seorang sarjana liturgi yang hebat.
Macarius (asal bahasa: Yunani) yang berarti bahagia, beruntung, diberkati. Tokoh terkenal yang menggunakan nama ini adalah St. Macarius dari Korintus.
Nicholas (asal bahasa: Yunani) yang berarti kemenangan rakyat. Digunakan sebagai nama tokoh spiritual Yunani terkenal yakni St. Nicholas.
Damian (asal bahasa: Yunani) yang berarti menaklukkan, menundukkan.
Anselmus (asal bahasa: Jerman) yang berarti di bawah perlindungan para dewa. Salah satu tokoh terkenal adalah Santo Cantembury pada abad ke-12.

****
Nah, itulah beberapa nama baptis laki-laki yang bisa menjadi inspirasi dalam memilih nama untuk buah hati. Nama baptis di atas memiliki arti yang sangat baik sehingga dapat digunakan sebagai doa yang disematkan pada diri seorang anak agar ia menjadi pribadi yang taat dan senantiasa mengingat Tuhan.

Baca juga:

5 Potret Marsha Aruan Dibaptis, Sakral dan Penuh Kekhidmatan

6 Anak Artis yang Sudah Dibaptis, Ada yang Kemauan Sendiri

Selain Marsha Aruan, Ini 5 Potret Artis yang Bagikan Momen Saat Dibaptis

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Source link



Source link

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *