40 Nama Bayi Perempuan Kristiani Lengkap dengan Makna Biblika

  • Whatsapp
40 Nama Bayi Perempuan Kristiani Lengkap dengan Makna Biblika


Anda akan menemukan nama bayi perempuan Kristiani yang pernah ada dalam Perjanjian Lama dan Baru pada Alkitab di sini. Tentunya nama-nama dari sosok perempuan hebat yang memiliki makna membanggakan.

Bacaan Lainnya

Yuk, cek satu per satu apa saja nama-nama yang cocok untuk bayi Kristiani sesuai asal-usulnya di Alkitab dan maknanya sesuai dengan Biblika.

40 Nama Bayi Perempuan Kristiani

Nama Bayi Perempuan Awalan A-G

Bunda, berikut ini nama-nama bayi Kristiani untuk anak perempuan yang dimulai dari awalan A hingga G:

  1. Abigail: Berasal dari Ibrani yang berarti ‘sukacita ayah saya’. Versi lainnya Abbigail, Abigal, Abby, Abbie, Gail.
  2. Ada: Berasal dari Ibrani dan Jerman yang berarti ‘mulia’, ‘bahagia’, dan ‘menghiasi’ (Jerman). Ejaan lainnya Adah dan Aada.
  3. Anna: Berasal dari Ibrani yang berarti ‘nikmat’ dan ‘kasih karunia’. Nama lainnya Ana, Ann, Anne, Annika, Annette, Hannah, Ona.
  4. Bethany: Berasal dari Ibrani yang artinya ‘rumah buah ara’ atau ‘rumah penderitaan’. Kadang dieja dengan Betheny atau Bethenny.
  5. Batsyeba: Nama Ibrani yang berarti ‘putri dari sumpah’. Ia adalah istri dari Uria yang diambil Raja Daud dan dijadikan istrinya dan kemudian melahirkan Raja Salomo.
  6. Candace: Asal dari Latin dan Ethiopia, artinya ’ratu’ dan ‘suci’. Nama lainnya Candy atau Candice.
  7. Chloe: Nama yang berasal dari Yunani yang artinya ‘pertumbuhan baru’. Versi lainnya Cloe, Chloë, Cloie, Cloey, Chloie, Kloe, Khloe, Khloé, atau Khloey.

Artikel terkait: 100 Nama Bayi Perempuan Kristen Tercantik dan Maknanya

40 Nama Bayi Perempuan Kristiani Lengkap dengan Makna Biblika

  1. Deborah: Nama Ibrani yang artinya ‘lebah’. Ia merupakan seorang nabi perempuan yang sangat tangguh berperang. Variasi nama lainnya Debra, Debbora, Debora, Devora, Devorah, Debbi, Debby, Deb.
  2. Dinah: Nama Ibrani yang berarti ‘dinilai’. Kadang juga disebut Dina, Dyna, atau Dynah.
  3. Elisa: Nama Ibrani yang berarti ‘Tuhan adalah Keselamatan’. Nama lainnya Elisha, Eliseus, Elyasa. Elisaie, Elissaios, atau Alyasa. Ia merupakan salah satu nabi Allah. Sesungguhnya Nabi Elisa adalah seorang laki-laki, namun kemudian namanya sering diberikan untuk bayi perempuan.
  4. Elizabeth: Nama yang berasal dari Ibrani yang artinya ‘Tuhanku adalah sumpah’. Versi lainnya Alizabeth, Elisabeth, Elysabeth, Elyse, Elyssa, Elyza, Lilabet, Lilibet, Lizbeth, Liz, Betty, Betsy, Bessy, atau Libby.
  5. Esther: Nama berasal dari Persia yang berarti ‘bintang’. Versi lain nama ini adalah Ester, Estée, Ester, Ettie, Hester, Hettie.
  6. Eunice: Berasal dari Yunani, artinya ‘kemenangan yang bagus’. Ia adalah ibunya Timotius yang menginjili bersama Paulus. Versi lain nama ini Unice, Eunike, dan Eunika.
  7. Eve: Asalnya dari Ibrani, berarti ‘pemberi kehidupan’. Dalam Alkitab ia merupakan perempuan pertama yang diciptakan Allah. Versi lain nama ini Eva, Eave, Evie, dan Ava.
  8. Grace: Nama ini memiliki banyak makna tergantung dari mana ia berasal. Yaitu ‘rahmat’ (Inggris), ‘cantik’ dan ‘Dewi Kecantikan’ (Latin), ‘elegan’ (Skotlandia). Nama ini terinspirasi dari kata Latin ‘gratia’. Versi lain dari nama Grace adalah Gracia atau Greisye.  

Awalan H-O 

nama bayi perempuan kristiani

Berikuti ini nama bayi perempuan Kristiani dan maknanya yang diawali dengan inisial H-O:

  1. Hana: Berarti ‘ramah’ dan ‘kebaikan’. Hana mengacu pada karakter seorang wanita yang mempersonifikasikan sifat ‘keibuan yang ideal’. Ia adalah istri dari Elkana, ibu Nabi Samuel. Hana berasal dari bahasa Ibrani. Versi lain nama ini adalah Chana atau Ḥannah.
  2. Jemimah: Nama Ibrani yang berarti ‘merpati’. Nama lainnya Jemima, Yemimah, Gemima, Jamima, Jemma, Gemma
  3. Joanna: Asal Namanya dari Ibrani yang artinya ‘Tuhan itu pemurah’. Ia adalah orang pertama yang menemukan kubur Yesus kosong. Terkadang disebut juga Joan, Joann, Joanne, Johanna, Jane, Jean, atau Jeanne.
  4. Judith: Asal nama dari Ibrani yang artinya ‘wanita dari Yudea’. Nama lainnya Judithe, Judyth, Judy, Judi, Jodi, Jodie, atau Giulia.
  5. Kezia: Nama yang berasal dari Ibrani yang artinya ‘kayu manis’. Ia adalah anak kedua dari putri Ayub yang lahir setelah penderitaannya berakhir. Alternatif lain dari nama ini adalahKeziah, Kasia, Ketziah, Keshia, Keisha, atau Keshea.

Artikel terkait: 137 Nama Bayi Laki-Laki Kristen Terbaik, Lengkap dengan Maknanya

40 Nama Bayi Perempuan Kristiani Lengkap dengan Makna Biblika

  1. Leah: Asal nama dari Ibrani yang artinya ‘lelah’. Ia adalah istri pertama Yakub, pemimpin Israel. Biasa juga digunakan dalam nama Lee, Leigh, Lia, Lea, Leea, Leeah, Liah.
  2. Lois: Asal nama dari Yunani yang bermakna ‘yang terbaik’ atau ‘superior’. Alternatif lainnya Louise, Loisa, Loise, Loisse, Loyce, dan Loys.
  3. Lydia: Asalnya dari Yunani yang memiliki makna ‘wanita dari Lydia’, sebuah daerah di Asia Kecil. Lydia merupakan perempuan yang diubah menjadi Kristen oleh Paulus. Nama lainnya Lidia, Lydea, Lyda, Lidiya.
  4. Maria: Nama Ibrani yang bermakna ‘kepahitan’ dan ‘pemberontakan’. Biasa disebut juga dengan Mary, Marea, Mariah, Marian, Marianne, Malia.
  5. Martha: Atau Marta merupakan nama dari Aram yang artinya ‘wanita itu’.
  6. Miriam: Nama Ibrani yang artinya memiliki makna Seperti Maria atau Mary. Miriam adalah saudara perempuan Musa dan Harun yang juga seorang guru dan nabiah. Variasi nama Miriam adalah Miryam, Maryam, dan Myriam.
  7. Naomi: Perempuan asal Ibrani yang bermakna ‘menyenangkan’. Ia merupakan mertua Rut, nenek buyut dari Daud. Biasa disebut juga dengan Noemie, Noemi, Naomie.
  8. Oprah: Merupakan nama Ibrani yang bermakna ‘bagian belakang leher’ atau ‘coklat kekuningan’. Kadang dieja dengan Orpa, Orpha, atau Ophrah.

Nama Bayi Berawalan P-Z dan Artinya Sesuai dengan Alkitab

nama bayi perempuan kristiani

Dimulai dari awalan P hingga Z, ini dia 12 nama bayi Kristiani untuk anak perempuan. Sila disimak, ya, Bunda!

  1. Phoebe: Berasal dari Yunani, artinya ‘bersinar’. Alternatif lain nama ini adalah Febe, Phebe, Pheebe, Phoebee, Phoeby, Phoebie, dan Pheobe.
  2. Priscilla: Merupakan nama Latin yang artinya ‘kuno’. Dalam Perjanjian Baru, Priskila adalah salah satu pemimpin wanita dari gereja Kristen mula-mula. Kadang disebut juga dengan Prisca, Priska, Priscille, Cece, Cissy, atau Scilla.
  3. Rachel: Nama Ibrani yang artinya ‘biri-biri betina’. Ia adalah adik Leah dan juga istri kedua Yakub dan ibu dari Yusuf dan Benyamin. Nama lain dari Rachel adalah Rachael, Racheal, Rachelle, Rachele, Rahel, dan Rae.
  4. Rebecca: Nama Ibrani yang bermakna ‘untuk bergabung’ atau ‘mengikat’. Nama lainnya Rebeccah, Rebeckah, Rebekah, Rebekka, Becca, Becky, dan Reba. Rebecca adalah istri Ishak dan ibu dari si kembar Esau dan Yakub.
  5. Ruth: Wanita Ibrani yang memiliki nama bermakna ‘teman’. Diartikan demikian karena ia memang tetap setia menemani ibu mertuanya pascakematian suaminya. Dieja juga sebagai Rut, Ruta, atau Ruthe.
  6. Sarah: Berasal dari Ibrani yang artinya ‘putri’, adalah istri Abraham dan ibu dari Ishak. Ia melahirkan Ishak di usia 90 tahun. Ejaan lainnya Sara, Sarai, Sadie, Sally, Sallie, Sarita, Kala, dan Zaria.
  7. Sharon: Merupakan nama Ibrani yang berarti ‘dataran’, ‘daerah datar’ atau ‘bunga’. Dalam Alkitab Perjanjian Lama, Sharon merupakan daratan subur yang terletak di pinggiran pantai di Israel.

Artikel terkait: 100 Pasang Nama Bayi Kembar Perempuan Pilihan Beserta Artinya

40 Nama Bayi Perempuan Kristiani Lengkap dengan Makna Biblika

  1. Shiloh: Nama yang berasal dari Ibrani, artinya ‘damai’. Alternatif lainnya Shilo, Shilow, dan Shyloh.
  2. Seraphina: Nama Ibrani yang artinya ‘api yang menyala-nyala’ atau ‘pembakaran api’. Dalam Bahasa Latin, nama ini bermakna ‘yang membakar’.
  3. Tabita: Merupakan nama Aram yang artinya ‘gazel’ atau sejenis ‘antelop kecil’. Dalam bahasa Yunani adalah Dorkas. Di Kisah Para Rasul, ia merupakan perempuan yang dihidupkan kembali oleh Peter (Petrus). Dieja juga dengan Tabatha, Tabby, atau Tibby.
  4. Talitha: Berasal dari Aram, artinya ‘gadis kecil’. Dikenal sebagai anak yang dibangkitkan dari kematian oleh Yesus dalam Perjanjian Baru. Kadang dieja dengan Talita atau Thalita.
  5. Zipporah: Nama asal Ibrani yang artinya ‘burung’ dan dieja juga sebagai Zippora, Ziporah, Zipora, Tzipora, Sepphora, Seffora, atau Sephora.

Itulah 40 nama bayi perempuan Kristiani seperti yang pernah disebutkan dalam Alkitab. Semoga nama-nama ini bisa menginspirasi Anda!

Baca juga:

30 Rangkaian Nama untuk Bayi Laki-Laki dan Perempuan yang Lahir di Bulan Syawal

104 Nama bayi perempuan Katolik terlengkap dengan makna indah dan cantik

45 Nama Bayi Bermakna Coklat, Indah dan Anti Mainstream!

 

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *