5 Bacaan Shalawat Nabi Beserta Arti dan Keutamaannya

  • Whatsapp
banner 468x60


Membaca shalawat menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan bagi umat muslim. Misalnya saja amalan membaca shalawat setiap Jumat yang bisa dinilai sebagai ibadah sunah. Lalu, apa saja bacaan shalawat Nabi atau sholawat Nabi yang dianjurkan?

Bacaan Lainnya
banner 300250

Keutamaan dalam membaca shalawat ada dalam surat Al-Ahzab ayat 56.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,” (Surat Al-Ahzab ayat 56).

Bacaan Shalawat Nabi atau Sholawat Nabi untuk Menenangkan Hati

Bacaan Shalawat Nabi

Ada beragam jenis bacaan shalawat Nabi yang bisa dilafalkan. Mulai dari shalawat Nabi atau sholawat Nabi yang sering dilafalkan saat shalat, shalawat Nariyah, Tibbil Qulub, dan Matsurah.

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa’ala ali Muhammad

Artinya: “Ya, Allah. Beri-lah selawat [sanjungan] kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarga Nabi Muhammad SAW.”

Selain itu, kita juga bisa lafal shalawat dan salam dengan fi’il madhi atau fi’il amr.

1. Bacaan Shalawat Nabi dengan Fi’il madhi

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā ālihī wa shahbihī wa sallama

2. Bacaan Shalawat Nabi dengan Fi’il amr

اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā ālihī wa shahbihī 

Artikel Terkait: Persiapan dan Tata Cara Melakukan Aqiqah Menurut Islam, Sudahkah Parents Tahu?

3. Shalawat Syifa

Bacaan Shalawat Nabi

Diambil dari bahasa Arab, syifa artinya adalah obat. Shalawat satu ini disebut juga sebagai shalawat Thibib al-Qulub dan Shalawat Nur al-Abshar. Melantunkan shalawat ini bisa memberikan ketenangan batin, ketentraman, dan menyembuhkan penyakit hati.

Berikut bacaan shalawatnya

“Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa’afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshari wa dhiya-iha wa ‘ala alihi washahbihi wa bariik wa sallim.”

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, sebagai dokter hati dan menjadi obatnya. Obat untuk badan dan penyembuhnya, cahaya segala penglihatan dan menjadi sinarnya. Semoga keberkahan dan keselamatan dicurahkan pada keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

4. Shalawat Nariyah

Bacaan shalawat satu ini dipanjatkan untuk mengharapkan kesejahteraan dan menghindarkan kesulitan.

Bacaan shalawat nariyah:

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

“Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka.”

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Artikel Terkait: Mengucapkan Selamat Ramadan kepada Kerabat, Bagaimana Hukumnya Menurut Islam?

5. Shalawat Ibrahimiyah

Bacaan Shalawat Nabi

Bacaan shalawat ini dipanjatkan kepada Allah untuk Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW. Shalawat ini dibacakan setiap kali tahiyyatul akhir dalam sholat. Shalawat dipanjatkan agar mendapatkan ketentraman dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Bacaan shalawat Ibrahimiyah yaitu

“Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid”

Artinya :

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

Artikel Terkait: 3 Adab Berbuka Puasa Lengkap dengan Doa yang Bisa Parents Ajarkan pada Si Kecil

Parents itulah beberapa bacaan shalawat Nabi atau sholawat Nabi yang bisa dipanjatkan. Semoga bermanfaat, ya.

****

Baca Juga: 

id.theasianparent.com/quraish-shihab

id.theasianparent.com/shalat-tarawih-di-rumah

id.theasianparent.com/menu-buka-puasa-rasulullah

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *