5 Godaan Menjelang Pernikahan dalam Islam dan Hukumnya

  • Whatsapp
banner 468x60


Pernikahan merupakan sebuah momen membahagiakan yang sangat ditunggu oleh pasangan. Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa ada saja cobaan yang menghampiri. Dalam Islam, godaan menjelang pernikahan memang kerap menghampiri kedua calon pengantin. Ini merupakan salah satu ujian yang diberikan Allah SWT sebagai pengingat bagi kedua insan yang hendak membangun rumah tangga atas Ridha-Nya.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Godaan Menjelang Pernikahan dalam Islam

godaan menjelang pernikahan dalam islam

Menurut ajaran Islam, godaan yang datang menjelang pernikahan merupakan hal yang perlu dihadapi setiap calon pengantin. Hal tersebut juga dijelaskan oleh Ustaz Muhammad Nur Maulana.

Ia menjelaskan, dalam Islam memang kerap ditemukan godaan menjelang pernikahan. Cobaan tersebut diberikan bukan tanpa alasan, melainkan untuk melatih kesabaran calon pasangan agar mereka lebih kuat lagi untuk menata rumah tangga mereka kelak.

Artikel terkait: Tak Selalu Buruk, Begini 3 Seni Bertengkar untuk Pernikahan Lebih Harmonis

5 Godaan Menjelang Pernikahan serta Tips Menghadapinya Menurut Islam

Uztad Maulana memaparkan, “Godaan menjelang pernikahan itu diberikan supaya hati kita lebih mantap. Kiasannya, kita tidak akan jago naik sepeda kalau tidak pernah terjatuh. Ujian yang menimpa seseorang itu diberikan untuk melihat seberapa besar kesabarannya, serta seberapa besar ia memantapkan diri kepadanya (calon pasangan). 

Ini juga agar kita bisa lebih hebat dalam melewati cobaan ketika sudah berumah tangga. Godaan yang datang adalah pengingat bagi kita bahwa pernikahan itu bukanlah permainan, maka sebelum masuk ke dalamnya, kita diberikan banyak ujian,” ungkapnya dalam acara Islam Itu Indah. 

Lantas, apa saja cobaan menjelang pernikahan yang kerap datang? Bagaimana tips menghadapinya? Melansir berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya.

Berbagai Godaan Menjelang Pernikahan dalam Islam yang Kerap Datang

1. Hadirnya Orang dari Masa Lalu

5 Godaan Menjelang Pernikahan serta Tips Menghadapinya Menurut Islam

Merupakan salah satu godaan menjelang pernikahan yang kerap menghampiri. Hadirnya orang dari masa lalu alias mantan sering kali membuat hati seseorang menjadi goyah saat melangkah ke pelaminan.

Ini merupakan cobaan berat, karena biasanya di momen seperti ini mantan akan lebih terlihat menarik dari calon pasangan sehingga rasa ragu menikah pun bisa saja muncul.

2. Merasa Tidak Cocok dengan Kekurangan Pasangan 

godaan menjelang pernikahan dalam islam

Dalam mempersiapkan pernikahan, tentunya Anda dan pasangan akan lebih mengenal satu sama lain. Termasuk dalam hal ini, kekurangan dan sifat masing-masing pun akan mulai terungkap secara perlahan. 

Ketika kekurangan pasangan mulai terekspos, hati seseorang mungkin saja menjadi goyah. Pemikiran ragu-ragu pun bisa muncul, misalnya; ‘Kok dia seperti itu?’, ‘Ternyata sifatnya begini, ya’, ‘Sepertinya aku enggak bisa menghadapi dia’.

3. Godaan Menjelang Pernikahan dalam Islam Bisa Juga Berupa Masalah Keuangan

5 Godaan Menjelang Pernikahan serta Tips Menghadapinya Menurut Islam

Tak dapat dipungkiri, masalah finansial juga merupakan salah satu godaan menjelang pernikahan yang kerap membuat calon pengantin pusing kepala memikirkannya. Bahkan, tidak jarang ada yang memutuskan untuk batal menikah karena merasa tak sanggup dari segi finansial

4. Timbulnya Masalah Antar Keluarga

godaan menjelang pernikahan dalam islam

Ketika hendak menikah, itu artinya keluarga pasangan pun akan menjadi bagian dari keluarga Anda. Dalam hal ini, godaan yang datang bisa berupa Anda yang tiba-tiba merasa kurang cocok dengan budaya dari keluarga pasangan, ataupun keluarga pasangan yang tidak cocok dan menunjukkan rasa tidak suka pada Anda. 

Terkadang, memang ada beberapa pihak dari keluarga kalian masing-masing yang dapat berselisih paham sehingga memicu rasa ragu untuk melanjutkan menikah. 

5. Rasa Ragu yang Muncul Secara Tiba-Tiba

godaan menjelang pernikahan dalam islam

Benar, godaan menjelang pernikahan tidak selamanya memiliki alasan. Terkadang, rasa ragu untuk lanjut menikahi calon pasangan bisa timbul secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Ini merupakan salah satu bentuk cobaan yang perlu diwaspadai, karena ini bisa saja menjadi salah satu bentuk muslihat setan yang hendak menggoyahkan tekad Anda beribadah kepada Allah SWT melalui pernikahan.

Artikel terkait: Pernikahanku, Kado Bahagia untuk Mama Sebelum Wafat

Tips Menghadapi Pernikahan Menurut Islam

godaan menjelang pernikahan dalam islam

Seperti yang telah dijelaskan oleh Ustaz Maulana, godaan menjelang pernikahan kerap diberikan semata-mata untuk melatih kesabaran Anda dan calon pasangan. Ini juga merupakan sarana latihan agar kalian bisa menghadapi ujian pernikahan yang lebih berat lagi ketika sudah resmi menjadi suami istri. 

Nah, agar godaan tersebut tidak membuat komitmen Anda pada pasangan menjadi goyah, berikut beberapa tips menghadapi pernikahan menurut Islam yang bisa dilakukan:

  • Niatkan pernikahan atas nama Allah SWT untuk beribadah kepada-Nya. Dengan niat yang baik, maka Allah SWT juga akan membantu untuk mempermudah Anda dalam menghadapi cobaan yang ada. 
  • Tanamkan dalam pikiran bahwa menikah berarti bisa menerima kekurangan masing-masing. Selagi kekurangan pasangan tidak berkaitan dengan tindak kekerasan atau hal yang akan merugikan rumah tangga kalian kelak, terimalah kekurangannya dengan ikhlas. Bila perlu, tidak ada salahnya juga menjalin komunikasi yang baik terkait menghadapi kekurangan masing-masing kelak. 
  • Persiapkan pernikahan secara matang. Misalnya, menyiapkan dana pernikahan jauh-jauh hari bersama pasangan agar kalian tidak kelimpungan di tengah jalan.
  • Tidak ada salahnya untuk berdiskusi dengan pasangan mengenai tujuan kalian menikah. Misalnya, kalau sudah membangun rumah tangga nanti, kalian akan menjalani kehidupan seperti apa, berencana memiliki anak berapa, dan sebagainya. Samakan tujuan kalian menikah agar tidak muncul keraguan di tengah jalan. 
  • Jalin hubungan baik dengan keluarga calon pasangan. 
  • Teruslah berdoa untuk meminta petunjuk dan diberikan keyakinan oleh Allah SWT terkait keputusan Anda menikah. Misalnya, senantiasa berzikir dan meminta ridha-Nya, atau melakukan salat istikharah untuk diberikan kekuatan dan petunjuk. 

Artikel terkait: Pakai Adat Sunda, Ini 14 Potret Haru Pernikahan Lesty Kejora dan Rizky Billar

Itulah beberapa godaan menjelang pernikahan yang kerap datang serta tips mengatasinya dalam Islam. Semoga bermanfaat, ya!

***

Baca juga:

id.theasianparent.com/doa-malam-pertama

id.theasianparent.com/foto-nikah-saat-banjir

id.theasianparent.com/menikah-karena-takut-dilangkahi

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *