5 Metode Self Healing untuk Sembuhkan Luka Batin

  • Whatsapp
banner 468x60


Self healing merupakan proses penyembuhan luka batin atau luka mental yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bentuk luka batin bisa beragam seperti merasa sangat sedih, merasa gagal, mencemaskan sesuatu sampai sesuatu yang membuat seseorang merasa terus depresi.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Mengutip dari Tirto.id, self healing menjadi usaha yang dilakukan oleh diri sendiri untuk menyembuhkan diri sendiri. Mengetahui penyebab luka batin sangat penting untuk mengetahui penyebab luka batin yang dialami supaya mempermudah proses penyembuhan luka tersebut.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa kemampuan orang menyembuhkan diri sendiri sekitar 18-75%. Beberapa penyebab kelelahan emosional  dalam bentuk seperti kesedihan akibat ditinggalkan orang tua, cemas dengan masa depan, gagal mendapatkan keinginan.

Bagaimana cara self healing untuk menyembuhkan luka batin? Berikut ini penjelasannya.

Artikel terkait: Self-Healing: Berdamai dengan diri sendiri untuk sembuhkan luka hati

Cara Melakukan Self Healing untuk Menyembuhkan Luka Batin

Berbagai cara melakukan penyembuhan diri, antara lain:

1. Self healing dengan Me Time

Sedang Mengalami Luka Batin yang Berat? Sembuhkan dengan 5 Metode Self Healing Ini

Image: xframe.io

Mengutip dari Merdeka.com, self healing merupakan proses penyembuhan diri dari luka batin. Luka ini umumnya tidak bisa selesai begitu saja karena adanya kehadiran orang lain. Me time sangat penting untuk membuat setiap orang memikirkan diri sendiri lebih dulu. Entah bagaimana orang lain memperlakukan kita, tetapi kita masih bisa memilih untuk bahagia.

Ketika seseorang lebih memikirkan orang lain, maka dirinya lalai memikirkan diri sendiri. Meluangkan waktu untuk diri sendiri  akan membuat kita merasa menjadi sosok yang lebih bermakna. Seseorang yang mengalami luka batin sebaiknya menganggap bahwa diri sendiri adalah pusat dari segala kehidupan. Kehadiran orang lain hanya pelengkap dalam kehidupan kita.

2. Bisa Berdamai dengan Keadaan

self healing

Image: xframe.io

Untuk melakukan penyembuhan diri, tentu dibutuhkan ketenangan serta kedamaian. Jika tidak, luka batin tidak akan segera hilang. Mengingat berbagai peristiwa buruk yang masih membekas di hati memang tidak bisa dihindari lagi. Setiap orang bisa saja marah dengan hal tersebut. Orang yang memiliki hati dengan luka sangat dalam tentu tidak bisa melupakannya dengan mudah. Parents harus berpikir apakah baik menyalahkan keadaan atas berbagai peristiwa buruk tersebut.

Apakah mengutuk keadaan akan membuat batin terasa tenang? Tidak. Akan jauh lebih baik kalau kita berdamai dengan keadaan. Menerima setiap keadaan yang menimpa kita adalah pelajaran hidup yang akan membuat diri kita sosok yang lebih baik di masa depan.

Artikel terkait: Me Time, salah satu teknik alami atasi depresi setelah melahirkan

3. Meningkatkan Self Compassion

self healing

Image: xframe.io

Self compassion yang ditingkatkan bisa membantu menghilangkan luka batin dalam diri kita. Mengutip dari laman Merdeka, yang dimaksud dengan self compassion yaitu kemampuan memahami keadaan emosi diri sendiri serta respon emosi atas hal yang tidak menyenangkan serta keinginan menolong diri sendiri. Dengan berbagai metode ini, sebagian besar orang bisa memahami diri sendiri.

Self compassion bisa membuat seseorang memaknai pengalaman yang kurang nyaman serta emosi yang berbeda. Ketidaknyamanan yang dirasakan oleh seseorang bisa dimaknai dengan positif jika kita bisa meningkatkan self compassion. Meningkatkan kepedulian untuk diri sendiri, berusaha tidak berlarut larut dalam kesedihan serta bisa merespon pengalaman buruk dengan perasaan lapang dada dan penuh kelegaan.

4. Jangan Terpaku pada Masa Lalu    

Sedang Mengalami Luka Batin yang Berat? Sembuhkan dengan 5 Metode Self Healing Ini

Image: xframe.io

Setiap orang tentu memiliki masa lalu masing-masing. Ada juga orang yang memiliki masa lalu kelam yang membuat saat ini dirinya merasa tidak bisa tenang. Tetapi, yang penting dan harus disadari adalah kita tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi, apapun itu. Yang harus dilakukan sebagai manusia adalah kita hanya bisa mengubah respon seseorang pada masa lalu. Jadikanlah masa lalu sebagai guru yang mendewasakan.

Masa lalu hadir pada saat ini bukan untuk disesali, tetapi juga untuk dimaknai. Memaknai kembali pengalaman pada masa lalu dengan respon yang sangat positif bisa sangat membantu menyembuhkan luka batin.

Artikel terkait: 3 Aspek untuk Meraih Kebahagiaan Menurut Psikolog, Berawal dari Self Love

5. Jadikan Penyesalan Sebagai Kekuatan

Sedang Mengalami Luka Batin yang Berat? Sembuhkan dengan 5 Metode Self Healing Ini

Image: xframe.io

Dalam kehidupan manusia, ada saja kebodohan yang dilakukan dimana itu akan berujung pada penyesalan di dalam hidupnya. Penyesalan tersebut bisa jadi tak berujung dan tak akan pernah selesai. Ini akan menimbulkan kecemasan, kegelisahan, serta terus memikirkan hal itu sehingga hatinya menjadi lelah.

Jalan terbaik adalah jadikan penyesalan terberat sebagai pelajaran hidup yang berharga. Boleh-boleh saja mengingat tetapi gunakan sudut pandang yang berbeda. Tanamkan pikiran bahwa kesalahan adalah sesuatu yang manusiawi. Yang paling penting adalah jangan lakukan hal yang sama kedua kalinya.

 

Jika Parents ingin berdiskusi seputar pola asuh, keluarga, dan kesehatan serta mau mengikuti kelas parenting gratis tiap minggu bisa langsung bergabung di komunitas Telegram theAsianparent.

Baca juga:

https://id.theasianparent.com/ibu-perlu-merawat-diri

https://id.theasianparent.com/cara-menghadapi-orang-depresi

https://id.theasianparent.com/bangkit-dari-kegelapan-kisahku-melawan-depresi-pasca-melahirkan

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *