5 posisi seks yang aman dilakukan setelah melahirkan, Parents sudah coba?

  • Whatsapp
5 posisi seks yang aman dilakukan setelah melahirkan, Parents sudah coba?


Setelah melahirkan dan mengurus bayi, biasanya urusan aktivitas seks menjadi nomor akhir. Bahkan sering dilupakan dan diabaikan. Tidak hanya kehilangan selera saat suami memberikan kode, Bunda juga bisa enggan bercinta karena khawatir merasa sakit atau nyeri. Padahal kondisi ini bisa diatasi jika mengetahui posisi seks setelah melahirkan.

Bacaan Lainnya

Masih bertanya-tanya seperti apa posisi seks yang aman dan nyaman?

Sebenarnya dari segi medis sendiri, dokter kandungan sudah memberikan lampu hijau agar aktivitas seks ini kembali dilakukan setelah melahirkan sekitar 4 sampai minggu. Waktu tersebut juga sesuai dengan masa nifas seorang perempuan setelah melahirkan. 

Setidaknya hal ini ditegaskan oleh dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp.OG-KFER, M.Sc kepada theAsianparent ID.

Meski pun begitu, tetap saja melakukan hubungan seks pascamelahirkan sering menjadi momok menakutkan. Padahal tahukah Bun, ada beberapa posisi seks setelah melahirkan yang bisa dicoba untuk mengurangi rasa khawatir timbulnya rasa sakit atau nyeri.

Artikel Terkait : Hubungan Seks Setelah Melahirkan Terasa Sakit, Inilah Cara Mengatasinya

Selain mengetahui posisi seks setelah melahirkan yang tepat, Bunda dan suami memang tidak terburu-buru saat melakukannya.

Ingat, tubuh Bunda sebelumnya telah melewati proses mengandung dan melahirkan yang tidak mudah untuk dijalani. Jadi, minta suami untuk bersabar ya, Bun.

Posisi Seks Setelah Melahirkan yang bisa Bunda Praktikan

Dikutip dari laman Cosmopolitan, ada beberapa posisi seks setelah melahirkan yang bisa dicoba.

1. The Rocker

Menjadi ibu baru, otomatis membuat Anda selalu fokus mengurus bayi. Namun, tetap saja setelah itu Bunda pun harus bisa menyiapkan diri untuk memanjakan suami. Jangan sampai suami merasa diabaikan.

Salah satu posisi seks setelah melahirkan yang bisa Bunda praktikkan adalah posisi spooning atau gaya sendok. Anda dan suami bisa berbaring berdampingan menghadap ke arah sama. Posisi suami berada di belakang Bunda ketika melakukan penetrasi.

Pada posisi ini, Bunda dapat mengangkat salah satu kaki ke atas dan sedikit ke depan untuk memudahkan suami melakukan penetrasi.

Tak hanya itu, posisi seks setelah melahirkan dengan gaya ini juga menghindari kontak perut pasca caesar. Pasangan pun bisa melakukan penetrasi dangkal dengan mudah dan nyaman. Suami pun bisa menikmati payudara pasca melahirkan, di mana biasanya ukuran payudara Bunda menjadi jauh lebih berisi.

Artikel Terkait: Waktu yang tepat untuk KB setelah melahirkan

2. The Pillow Pet

 

posisi seks setelah melahirkan

Ya, setelah melahirkan, rasanya area vagina akan terasa sebagai zona yang tidak mudah untuk disentuh. Ibaratnya, Anda akan memberikan rambu perboden.

Jika vagina Anda masih merasa seperti itu, namun ingin melakukan hubungan intim, mulailah dengan menggunakan tangan atau jari jemari pasangan. Awali dengan setuhan lebih lembut dan pelan. Selain itu, buatlah tumpukan besar bantal yang kuat, kemudian istirahatkan tubuh bagian atas Anda di atas bantal tersebut, dengan bagian bokong Anda keluar, seperti posisi doggy style.

Posisi seks yang satu ini bisa memudahkan pasangan bereksplorasi di area klitoris dengan jarinya. Jika Anda merasa ingin melangkah lebih jauh, mereka dapat menggeser jari dengan penisnya.

3. The Hover Craft

Salah satu posisi seks setelah melahirkan yang cukup aman adalah posisi seperti misionaris. Berbaringlah dengan kedua kaki Anda terbuka. Biarkan pasangan naik ke atas seperti misionaris, namun mintalah ia menahan tubuhnya sehingga dia hanya melakukan kontak pinggul ke pinggul. Cara ini akan mengurangi rasa sakit atau nyeri yang Bunda rasakan.

Artikel Terkait: Survey: 72% perempuan takut berhubungan setelah melahirkan, Bunda juga?

4. The Can Opener

posisi seks setelah melahirkan

Biarkan tubuh Bunda berbaring telentang dengan satu kaki lurus ke bawah, sedangkan kaki lain ditekuk dan terselip di bawah lengan pasangan, ala “pembuka kaleng”.  Sementara posisi pasangan berlutut, sambil memegang kaki Anda.

Posisi ini akan memberikan tekanan yang lebih ringan pada Anda, ditambah lagi posisi ini membuat suami lebih banyak bekerja, sedangkan Bunda hanya berbaring dan menikmati. .

5. Hot Cross Buns

Posisi suami berdiri. Sementara Bunda berbaring di sofa dengan kaki di atas mengalungi leher suami (berbaring di sofa selalu merupakan awal yang baik, pasca melahirkan). Letakkan bantal di bawah bokong Anda agar lebih nyaman. Biarkan suami melakukan penetrasi sambil berdiri.

*** 

Setelah mengetahui beberapa posisi seks setelah melahirkan yang bisa dicoba, hal penting yang perlu dilakukan tentu saja mengomunikasikannya pada pasangan. Tak perlu ragu mengutarakan jika memang Bunda merasa belum siap dan nyaman. 

 

 

Baca juga :

Suara-Pembaruan.com/seks-setelah-melahirkan/

Suara-Pembaruan.com/7-hal-yang-harus-bunda-lakukan-setelah-melahirkan

Suara-Pembaruan.com/10-hal-yang-tak-lagi-sama-setelah-melahirkan

 

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *