5 Tips Belanja Hemat untuk Kebutuhan Lebaran : e-Kompas.ID Lifestyle


Siapa sih yang nggak mau belanja hemat untuk kebutuhan lebaran nanti? Sebab, lebaran cukup menguras keuangan diri sendiri, terutama bagi Anda yang dari tahun ke tahun sudah memberikan angpao ke keponakan kecil, atau sedikit THR untuk orang tua.

Belum lagi memenuhi keinginan, setelah kebutuhan sudah terpenuhi. Setidaknya ada rasa ingin membeli celana atau sandal baru untuk hari raya di e-commerce seperti Tokopedia. Meski sekarang sudah ada metode pembayaran Tokopedia paylater, tetapi tanpa strategi yang keuangan yang baik, dan mengetahui kemampuan bayar, bisa-bisa keuangan goyang juga.

Oleh karena itu, atur dulu strategi belanjanya, kemudian praktikan setelah THR lebaran cair. Nah, sambil menunggu Anda bisa mempelajari tips hemat belanja kebutuhan lebaran berikut ini. Baca sampai selesai ya.

1. Bikin Daftar Belanjaan

Supaya tidak kalap serta belanjaan terkontrol, wajib banget bikin daftar belanjaan yang akan dibeli. Sama seperti ketika belanja sayuran di pasar, supaya tidak ada yang terlewat, catat semua barang yang akan dibeli dalam satu kertas tersendiri yang mudah diambil dan dibaca setiap saat meskipun saat sedang berbelanja.

Jika sudah memiliki daftar belanjaan, pastikan untuk belanja hanya barang-barang yang memang hanya ada di dalam daftar saja. Apalagi jika sudah dianggarkan sesuai dengan bujetnya masing-masing.

2. Pisahkan Uang Belanja

Jika Anda sudah menentukan bujet belanjaan untuk lebaran, disarankan untuk tidak mencampur uang belanja kebutuhan lebaran ke dalam uang harian Anda. Lebih baik pisahkan terlebih dahulu ke rekening lain, atau cairkan dalam bentuk uang tunai apabila Anda berbelanja di supermarket.

3. Memanfaatkan Uang THR dengan Maksimal

Berapa besar idealnya uang THR lebaran digunakan? Sebaiknya jangan gunakan THR lebaran dalam satu waktu. Sisakan uang lebaran paling tidak sepertiganya untuk keperluan lainnya. Anda bisa menggunakan uang THR lebaran untuk berbagai keperluan saat hari raya. Mulai dari belanja makanan, sampai dengan pakaian.

Namun gunakanlah THR dengan bijak, agar lebaran bisa benar-benar bermanfaat. Jangan lupa juga dengan kewajiban seperti zakat, sedekah, serta kewajiban lainnya yang harus segera diselesaikan pembayarannya.

4. Pilih Paylater dengan Bunga 0%

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, memanfaatkan pembayaran Tokopedia paylater memang bisa diandalkan untuk membeli kebutuhan lebaran. Namun, agar pembayaran lebih ringan, pilihlah paylater yang menyediakan bunga 0%.

Kredivo adalah salah satu fintech yang bisa menjadi pembayaran Tokopedia paylater, yang memiliki layanan bunga 0% untuk paylater dalam 30 hari, serta cicilan 3 bulan. Tidak hanya di Tokopedia saja, Kredivo bisa Anda gunakan di Bukalapak, JD.ID, Zalora, IKEA, dan ribuan merchant online dan offline lainnya.

5. Manfaatkan Diskon

Pada bulan Ramadan, pasti e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, JD.ID, BliBli dan lain sebagainya memberikan promo menarik bagi penggunanya. Nah, Kredivo yang bisa Anda manfaatkan untuk metode pembayaran Tokopedia paylater, atau merchant lainnya juga memiliki promo ramadan.

Anda bisa mengkombinasikan promo yang ada pada e-commerce dengan promo yang disediakan oleh Kredivo. Dengan begini, sudah pasti Anda double untungnya, double hematnya.

Tidak bisa dipungkiri kalau belanja kebutuhan lebaran memang bisa bikin kalap, tapi kalau tidak dihadapi dengan cerdik, bisa jadi keuangan Anda bisa berantakan.

(CM)

(Wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.