6 Manfaat MPASI Belut untuk Si Kecil, Lengkap dengan Resepnya

  • Whatsapp
MPASI belut


Menjelang persalinan, di usia kehamilan 9 bulan, keseluruhan kondisi tubuh ibu hamil dicek untuk mengetahui kesiapannya melahirkan kelak. Hal yang tak kalah penting adalah mengetahui kadar hemoglobin (Hb) dalam darah pada ibu hamil. Pasalnya, jika ingin melahirkan normal, seorang ibu hamil wajib memiliki Hb 12,1 gram/dL – 15,1 gram/dL. Jika di bawah angka itu, ada banyak risiko yang harus dihadapi Bunda saat melahirkan normal, seperti pendarahan, gangguan tumbuh kembang, hingga kematian. Untuk itu, penting bagi Bunda untuk menaikkan kadar Hb dalam darah. 

Bacaan Lainnya

Jika kadar Hb Bunda ada di bawah 11 gram/dL, Bunda dapat dikatakan mengalami anemia. Anemia, selain diketahui dengan mengikuti tes darah di laboratorium, juga dapat dikenali dengan kondisi tubuh yang mudah lelah. Jika sudah begitu, hal yang perlu dilakukan adalah menaikkan kadar Hb. Salah satu cara yang bisa diupayakan oleh Bunda adalah mengonsumsi makanan sehat dan dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah protein yang berperan membawa oksigen di dalam sel darah merah.

Asupan yang dapat menjalankan peran ini adalah makanan yang mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Mineral dan vitamin tersebut ternyata terkandung di dalam sejumlah makanan yang mudah kita peroleh di sekitar kita. Tak hanya itu, kondisi tekanan darah rendah juga tidak baik untuk ibu hamil yang hendak menjalani persalinan normal. Jika tekanan darah bumil di bawah 90/60 mmHg, melahirkan normal adalah hal yang berisiko.

Bunda tak perlu bingung, berikut ini deretan makanan alami yang bisa membantu menaikkan kadar Hb dalam darah sekaligus mengatasi darah rendah menjelang persalinan di usia 9 bulan kehamilan.

1. Buah bit

Meski rasanya sangat tidak enak, namun buah yang masuk ke dalam umbi umbian ini tergolong paling cepat menaikkan tekanan darah ibu hamil karena banyak mengandung asam folat. Meskipun sulit untuk mencerna buah yang satu ini, tetapi selama satu minggu mengonsumsi tekanan darah menjadi stabil. Kadar Hb dalam darah pun meningkat.

Saya sendiri, pada waktu hamil, memakan buat bit untuk menaikkan tekanan darah. Rasanya seperti tanah, sangat tidak enak. Tetapi buah ini mampu bekerja lebih cepat ketimbang yang lainnya.

Artikel terkait: Penting Bumil Ketahui, Inilah Kadar Hb Normal di Tiap Trimesternya

2. Buah naga

Buah naga juga bisa menaikkan tekanan darah  dan menaikkan kadar Hb pada ibu hamil. Rasanya yang sedikit masam tapi segat jauh lebih enak ketimbang buah bit. Namun butuh proses agak lama agar tekanan darah stabil jika hanya mengonsumsi buah naga ini. Jika HPL sudah dekat, dianjurkan menambah buah-buahan lainnya.

3. Daging merah

Daging merah

Selain menambah protein ternyata daging merah juga mampu meningkatkan tensi darah pada ibu hamil. Ibu hamil yang kekurangan darah merah (hemoglobin) disarankan banyak mengonsumsi daging merah. Rutin mengonsumsi ini juga bisa menambah berat badan si kecil di dalam kandungan. Jadi sudab pasti banyak manfaatnya.

Artikel terkait: 21 Jenis makanan penambah HB yang paling ampuh dan populer

4. Menaikkan Kadar Hb dengan Kurma

Selain buah bit dan naga, kurma ternyata juga bisa membantu mengatasi permasalahan darah pada tubuh manusia. Tak hanya ibu hamil saja, mengonsumsi kurma juga baik untuk ibu hamil. Dalam 100 gram kurma mengandung sekitar 4,79 mg zat besi. Selain itu, kurma tinggi akan antioksidan, kalsium, fosfor, sodium, potasium, magnesium, dan seng. Selain menaikkan kadar Hb, kurma juga dapat mengatasi masalah darah rendah.

5. Delima

menaikkan kadar hb Delima

Terakhir adalah buah delima. Buah dengan warna merah merona ini dipercaya mampu meningkatkan hemoglobin ibu hamil sekaligus menutrisi tubuh karena mengandung beragam vitamin yang baik untuk masa kehamilan. Kandungan vitamin di dalamnya antara lain vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, buah delima juga kaya akan asam folat untuk mencegah cacat pada janin.

Ditulis oleh Gemini Sagita, UGC Contributor theAsianparent.com

Artikel UGC Contributor lainnya:

id.theasianparent.com/pindah-rumah-saat-pandemi

id.theasianparent.com/komunikasi-yang-efektif-dengan-anak

id.theasianparent.com/kekhawatiran-saat-hamil

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *