6 Manfaat MPASI Belut untuk Si Kecil, Lengkap dengan Resepnya

  • Whatsapp


Selain ayam, daging dan ikan, kandungan protein yang dibutuhan MPASI anak bisa didapatlan lewat MPASI belut. Pernah memberikannya untuk si Kecil?

Bacaan Lainnya

Supaya anak tidak bosan dan nutrisi yang diperoleh seimbang, Parents perlu membuat menu MPASI yang bervariasi, salah satunya MPASI belut. Faktanya, belut ternyata mengandung gizi tinggi lho, Parents. Cara pembuatannya juga cukup mudah.

Nah, berikut akan dijelaskan apa saja manfaat dan cara membuat MPASI dari belut. Yuk simak informasinya berikut ini!

6 Manfaat MPASI Belut, Bantu Pertumbuhan Hingga Cerdaskan Otak

MPASI belut

Ada banyak varian MPASI yang bisa Parents buat, salah satunya adalah MPASI dari ikan belut. Tahukah Parents bahwa ikan belut mengandung kalori yang cukup, tinggi protein, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi? Itulah mengapa sebabnya hewan yang banyak dijumpai di sawah ini sangat dianjurkan untuk diolah jadi menu MPASI.

Apa saja manfaat dari MPASI belut ini?

1. Sumber Energi 

Ikan belut adalah sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh si kecil. Dalam 100 gram ikan belut, terdapat 300 kkal yang dapat dijadikan sumber energi yang optimal bagi si kecil. Seperti yang kita tahu, anak-anak sangat suka bergerak dan membutuhkan energi yang cukup banyak untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

2. Meningkatkan Berat Badan 

Kandungan lemak dan protein yang tinggi dalam ikan belut membantu meningkatkan berat badan anak. Dalam 100 gram belut terdapat 18,4 gram protein dan 27 gram lemak yang dapat membantu meningkatkan berat badan anak. Tak heran jika dokter sering merekomendasikan MPASI ini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Peralatan MPASI Berkualitas untuk Menemani Waktu Makan Si Kecil

3. Mendukung Pertumbuhan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi dalam ikan belut dapat mendukung pertumbuhan tulang anak. Dalam setiap 100 gram ikan belut mengandung 20 miligram kalsium dan 200 miligram fosfor yang baik untuk tulang. Kandungan ini dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang dan jaringan bayi. 

4. Menjaga Kesehatan Mata 

Mata yang sehat membantu bayi melihat segala hal di sekelilingnya dengan lebih jelas. Itulah sebabnya mereka memerlukan makanan yang dapat menunjang kesehatan mata. Kabar baiknya, belut mengandung vitamin A yang cukup tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan gizi pada belut juga membantu lapisan macula pada lensa mata bayi berkembang dengan sempurna.

Baca juga: Ragam manfaat MPASI jagung, lengkap dengan resepnya

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bayi sangat rentan terpapar penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, kuman, dan lain sebagainya karena sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna. Kandungan belut yang bergizi tinggi mampu meningkatkan daya tahan tubuh bayi agar tidak mudah sakit. 

6. Mencerdaskan Otak

Selain tulang dan jaringan yang bertumbuh, sel-sel otak juga mengalami perkembangan yang pesat selama 1.000 hari pertama kelahiran. Itulah mengapa bayi membutuhkan asupan nutrisi yang mengandung asam lemak omega-3. Lemak sehat ini dikenal mampu mendorong pertumbuhan sel-sel otak agar berkembang secara maksimal. Dengan demikian, fungsi otak dapat bekerja dengan optimal dan bayi dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas. 

Baca juga: 5 Resep MPASI sesuai anjuran WHO untuk bayi 8 bulan ke atas

Cara Membuat MPASI Belut yang Lezat 

MPASI belut

Sebelum mengolah belut menjadi MPASI, Parents perlu memastikan bahwa anak tidak memiliki alergi terhadap jenis ikan ini ya. Setelah dipastikan, barulah diolah belut yang sudah Anda peroleh dari pasar untuk dibuat jadi menu MPASI yang lezat dan bergizi tinggi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Cuci bersih belut kemudian rendam menggunakan air perasan jeruk nipis hingga bau amis dari ikan belut memudar.
  2. Setelah itu, kukus belut dengan bawang putih yang sudah dihaluskan serta daun salam.
  3. Biarkan hingga matang, kemudian setelah matang ambil bagian daging belutnya dan haluskan. Pastikan Anda sudah memisahkan daging dengan durinya secara teliti ya.
  4. Setelah itu, masak bubur tim dengan takaran 2 sendok beras yang sudah dicuci bersih.
  5. Masak beras dengan takaran air yang lebih banyak dari biasanya agar menjadi bubur ya.
  6. Setelah beras sudah menjadi bubur, campur dengan belut yang sudah dihaluskan, boleh ditambahkan sayuran seperti wortel yang telah dikukus atau irisan daun bawang. 

Nah, Parents, itulah manfaat dan cara membuat MPASI belut. Mudah bukan? Selain itu, yang terpenting adalah gizinya yang tidak kalah dengan ikan laut. Yuk, bikin MPASI dari belut!

Baca juga:

id.theasianparent.com/5-tanda-bayi-siap-diperkenalkan-mpasi

id.theasianparent.com/opor-ayam-untuk-mpasi

id.theasianparent.com/panduan-mpasi

 

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *