Inspirasi

6 Platform Omnichannel Indonesia untuk Marketing!

324
×

6 Platform Omnichannel Indonesia untuk Marketing!

Sebarkan artikel ini

[ad_1]


Dalam era digital saat ini, beradaptasi dengan teknologi adalah kunci utama kesuksesan bisnis. Salah satu strategi pemasaran dan penjualan yang sedang tren adalah Omnichannel.

Platform omnichannel merupakan kunci untuk membangun pengalaman belanja yang menyeluruh dan berkelanjutan bagi pelanggan di berbagai saluran penjualan dan pemasaran.

Menggunakan platform omnichannel memungkinkan penjualan dan pemasaran produk menjadi lebih efisien dan efektif.

Dengan mengintegrasikan semua saluran pemasaran, baik offline maupun online, platform omnichannel membantu meningkatkan interaksi dengan pelanggan, memperkuat loyalitas, serta meningkatkan penjualan dan profit.

Sebelum membahas lebih jauh, penting untuk mengetahui bahwa adanya platform omnichannel di Indonesia menjadi penting seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dan penetrasi e-commerce di Indonesia.

Peran platform omnichannel semakin krusial seiring dengan peningkatan kebutuhan akan strategi pemasaran dan penjualan yang lebih integratif dan personal.

Baca Juga: Bangun Brand Experience dengan Omnichannel Marketing

Apa itu Platform Omnichannel?

Platform omnichannel adalah suatu sistem yang memungkinkan bisnis untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran penjualan dan pemasaran mereka dalam satu platform.

Tujuannya adalah untuk menciptakan pengalaman yang konsisten dan mulus bagi pelanggan, baik mereka berbelanja di toko fisik, online melalui desktop atau perangkat mobile, atau melalui saluran telepon.

Omnichannel mencakup semua titik kontak yang mungkin dilakukan pelanggan dalam melakukan transaksi dan interaksi dengan bisnis.

Dengan strategi omnichannel, pelanggan dapat berbelanja online dari perangkat mobile, desktop, menghubungi layanan pelanggan melalui telepon, atau mengunjungi toko fisik dan pengalaman mereka akan konsisten dan terintegrasi di semua saluran tersebut.

Hal ini berbeda dengan multichannel, di mana setiap saluran penjualan dan pemasaran beroperasi secara terpisah dan independen.

Dalam strategi omnichannel, semua saluran beroperasi secara bersamaan dan saling terhubung, memungkinkan pelanggan untuk berpindah dari satu saluran ke saluran lain dengan lancar.

Keuntungan menggunakan platform omnichannel termasuk kemampuan untuk menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik, peningkatan loyalitas pelanggan, dan peningkatan efisiensi operasional.

Dengan memiliki pandangan yang lengkap tentang perilaku belanja pelanggan melalui berbagai saluran, bisnis dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang bagaimana, kapan, dan di mana mereka berinteraksi dengan pelanggan.

Platform Omnichannel di Indonesia

Berikut ini deretan perusahaan yang menyediakan omnichannel untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

1.iSeller

Platform pertama yang akan dibahas adalah iSeller. iSeller merupakan solusi lengkap untuk berbagai kebutuhan bisnis, mulai dari manajemen produk, inventori, pembayaran, hingga analisis bisnis.

iSeller menyediakan integrasi yang mudah dengan berbagai saluran penjualan dan pemasaran, sehingga memudahkan proses penjualan dan memaksimalkan pendapatan bisnis.

Baca Juga: 7 Langkah Sukses Social Media Marketing untuk Pemula!

Tak hanya itu, platform omnichannel ini juga menyediakan berbagai fitur penjualan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Dengan adanya fitur personalisasi ini, bisnis dapat lebih mudah menciptakan pengalaman belanja yang unik dan personal bagi setiap pelanggan. Selain itu, iSeller juga dilengkapi dengan analisis data yang mendalam yang membantu bisnis dalam membuat keputusan berdasarkan data.

2.aCommerce

Berikutnya adalah aCommerce, sebuah platform omnichannel yang mengintegrasikan semua saluran penjualan dan pemasaran. Dengan aCommerce, bisnis dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan mencapai pertumbuhan penjualan yang optimal.

aCommerce memungkinkan bisnis untuk mengelola berbagai saluran penjualan dengan mudah dan efisien. aCommerce juga menyediakan solusi logistik yang dapat membantu bisnis dalam mengelola pengiriman produk dengan lebih efisien.

Selain itu, platform ini juga menyediakan berbagai fitur analisis data yang dapat membantu bisnis dalam memahami perilaku pelanggan dan merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif.

3. Midtrans

Midtrans adalah solusi pembayaran omnichannel yang memungkinkan bisnis untuk menerima pembayaran dari berbagai saluran. Dengan Midtrans, bisnis dapat menerima pembayaran baik secara online maupun offline.

Selain itu, Midtrans juga memberikan keamanan transaksi yang tinggi, memastikan bahwa setiap transaksi yang dilakukan adalah aman dan terpercaya.

Fitur lain yang ditawarkan oleh Midtrans adalah integrasi yang mudah dengan berbagai platform lainnya. Dengan demikian, bisnis dapat lebih mudah dalam mengelola dan melacak transaksi dari berbagai saluran penjualan.

Midtrans juga memberikan analisis data yang mendalam untuk membantu bisnis dalam membuat keputusan berdasarkan data.

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Dihindari Biar Gaji Enggak Gampang Habis

4. Lebih ramping

Sleekr, sekarang dikenal sebagai Talenta, adalah platform omnichannel yang menawarkan solusi manajemen bisnis yang lengkap.

Sleekr memungkinkan bisnis untuk mengelola operasional, keuangan, dan SDM dalam satu platform. Selain itu, Sleekr juga memberikan analisis data yang mendalam untuk membantu bisnis dalam membuat keputusan berdasarkan data.

Dengan Sleekr, bisnis dapat lebih mudah dalam mengintegrasikan berbagai saluran penjualan dan pemasaran.

Dengan fitur yang mudah digunakan dan didukung oleh tim layanan pelanggan yang responsif, Sleekr dapat membantu bisnis mencapai pertumbuhan yang optimal.

5. Qikus

Terakhir adalah Qiscus, sebuah platform yang memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui berbagai saluran. Dengan Qiscus, bisnis dapat menjangkau pelanggan melalui berbagai saluran, seperti email, chat, dan media sosial.

Selain itu, Qiscus juga menawarkan fitur analisis data yang dapat membantu bisnis dalam memahami perilaku pelanggan dan merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Qiscus mengutamakan komunikasi yang efektif dan efisien. Dengan adanya platform ini, bisnis dapat memastikan bahwa setiap pesan yang disampaikan sampai ke pelanggan dengan baik dan tepat waktu.

Dengan Qiscus, bisnis dapat mencapai pertumbuhan penjualan yang optimal dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Penggunaan dan Manfaat Payroll Software untuk Perusahaan

6. Taptalk.io

Platform omnichannel berbasis chat besutan PT Tap Talk Teknologi iniĀ memungkinkan bisnis untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan melalui berbagai media.

Dari saluran tradisional seperti SMS, email, hingga media sosial populer seperti Facebook Messenger, WhatsApp, dan Line, semuanya dapat terintegrasi dengan baik melalui Taptalk.io.

Fitur unggulan dari Taptalk.io adalah kemampuannya untuk memberikan layanan pelanggan secara real-time. Hal ini menjadi sangat penting dalam era digital saat ini di mana respons cepat dan tepat waktu dapat menjadi kunci kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Dengan menggunakan Taptalk.io, bisnis dapat lebih responsif dalam menangani pertanyaan, keluhan, atau feedback dari pelanggan.

Selain itu, Taptalk.io juga menyediakan fitur analisis data yang canggih. Melalui fitur ini, bisnis dapat memahami lebih dalam tentang perilaku dan preferensi pelanggan.

Dengan pemahaman yang lebih baik, bisnis dapat merancang dan menerapkan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran dan efektif.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, Taptalk.io dapat menjadi pilihan yang tepat bagi bisnis yang menginginkan solusi omnichannel yang efektif dan efisien. Dengan mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi dalam satu platform.

Taptalk.io dapat membantu bisnis meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan ultimately, mencapai peningkatan penjualan dan pertumbuhan bisnis.

Omnichannel memang menjadi tren yang tidak dapat diabaikan dalam dunia bisnis, khususnya di bidang penjualan dan pemasaran.

Dengan menerapkan strategi omnichannel melalui platform-platform yang telah disebutkan di atas, bisnis dapat memaksimalkan potensinya dan mencapai sukses di era digital ini.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klikĀ “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik Di Sini untuk bergabung.



[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *