Headline

7 Ide Kegiatan Lebaran di Rumah Saja, Menarik untuk Dicoba Bersama Keluarga

168
×

7 Ide Kegiatan Lebaran di Rumah Saja, Menarik untuk Dicoba Bersama Keluarga

Sebarkan artikel ini
7 Ide Kegiatan Lebaran di Rumah Saja, Menarik untuk Dicoba Bersama Keluarga


Tak terasa hari kemenangan sebentar lagi akan tiba. Bagi umat Muslim, Idulfitri adalah hari di mana kita merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa melawan rasa haus dan lapar serta hawa nafsu. Namun di situasi pandemi seperti sekarang ini, kita sebaiknya merayakan Lebaran dengan berbagai kegiatan di rumah saja.

Sudah menjadi tradisi selama bertahun-tahun merayakan Lebaran biasanya berkumpul dengan sanak saudara atau mudik ke kampung halaman. Sayangnya dalam situasi pandemi, penerapan physical distancing dianjurkan untuk menekan laju penyebaran virus.

Biarpun dirayakan di rumah saja, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat merayakan Lebaran bersama keluarga. Kira-kira apa saja, ya?

Artikel Terkait: 11 Tradisi Lebaran yang Masih Tetap Terjaga Kelestariannya

7 Kegiatan Lebaran yang Bisa Dilakukan di Rumah Saja

1. Silaturahmi Virtual

Salah satu kegiatan khas Lebaran adalah bersilaturahmi. Mengunjungi kerabat, keluarga, maupun teman dan bercengkrama bersama. Namun di tengah pandemi, silaturahmi sebaiknya tidak dilakukan dengan kontak langsung sebagai bagian dari protokol kesehatan.

Demi kesehatan dan keamanan bersama, carilah alternatif seperti silaturahmi virtual. Parents dapat memanfaatkan layanan telekonferensi seperti Zoom, Google Meeting, hingga video call Whatsapp untuk bersilaturahmi bersama keluarga yang tinggal berjauhan.

Dengan silaturahmi virtual, rasa kangen pun dapat berkurang meskipun tidak bertemu secara langsung. Selain itu, kita juga telah berpartisipasi dalam mencegah penyebaran virus lebih luas dengan tetap di rumah saja.

2. Mendekorasi Rumah, Salah Satu Ide Kegiatan Lebaran di Rumah Saja

Tetap Semarak Meski di Rumah Saja, Ini 7 Ide Kegiatan Lebaran untuk Keluarga

Apabila Parents ingin sesuatu yang berbeda pada saat Lebaran, bagaimana jika mendekorasi rumah dengan hiasan ala Lebaran? Menghias rumah juga dapat dilakukan bersama-sama dengan seluruh keluarga.

Jadwalkan waktu untuk ‘bersih-bersih besar’ beberapa hari sebelum Lebaran. Pastikan rumah bersih dan nyaman sebelum hari raya tiba. Hiaslah rumah dengan wallpaper, hiasan dinding, kerajinan dari kertas, tanaman hias, dan lain-lainnya.

Hal ini juga bisa dijadikan momen untuk mengubah suasana rumah agar tidak membosankan. Tak perlu membeli banyak barang-barang baru yang mahal, manfaatkan barang yang sudah ada atau barang bekas untuk disulap menjadi hiasan yang cantik dan menarik.

Artikel Terkait: Cara Membuat Parcel Lebaran Sendiri Tanpa Repot

3. Memasak Makanan Khas Lebaran Bersama

kegiatan lebaran di rumah saja

Biarpun dirayakan hanya di rumah saja, Lebaran rasanya tak akan lengkap jika tanpa hidangan khas Lebaran. Sebut saja opor ayam, rendang daging, sambal goreng kentang, dan lain sebagainya. Apakah Parents dan keluarga punya tradisi menyantap hidangan tertentu saat Lebaran?

Agar lebih terasa kebersamaannya, Parents bisa turut serta mengajak anak-anak ke dapur mempersiapkan makanan Lebaran. Tak cuma lauk pauk saja, buatlah kue-kue kering khas Lebaran seperti nastar atau kaastengel. Coba juga resep-resep kue yang viral di internet dan buat versi Parents yang lebih enak lagi.

4. Menonton Film

Tetap Semarak Meski di Rumah Saja, Ini 7 Ide Kegiatan Lebaran untuk Keluarga

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan bersama di rumah adalah menonton film. Di hari Lebaran, semua orang memiliki waktu untuk keluarga. Tak ada distraksi pekerjaan maupun kegiatan lain. Manfaatkan waktu ini dengan menjalin hubungan yang lebih erat lagi dengan keluarga.

Pilih film keluarga yang paling membuat Parents penasaran. Atau Parents juga bisa mencoba memilih film secara acak!

5. Piknik di Luar Ruangan

Tetap Semarak Meski di Rumah Saja, Ini 7 Ide Kegiatan Lebaran untuk Keluarga

Menghirup udara segar sangat penting bagi kesehatan fisik maupun mental kita. Meski tak bisa ke mana-mana, cobalah sejenak melangkahkan kaki ke luar ruangan. Parents bisa mengajak keluarga untuk piknik di kebun atau halaman rumah.

Siapkan makanan dan minuman yang sekiranya tidak sulit untuk dinikmati di luar ruangan. Jus segar dari buah-buahan, roti sandwich, maupun semangkuk bakso bisa disiapkan. Sesekali cobalah suasana baru selain makan makanan di meja makan.

Artikel Terkait: Bijak Menyiasati Anggaran Belanja Jelang Lebaran

6. Bermain Bersama

Tetap Semarak Meski di Rumah Saja, Ini 7 Ide Kegiatan Lebaran untuk Keluarga

Mainkan games atau permainan keluarga untuk mempererat bonding antar anggota keluarga. Saat ini banyak permainan yang mudah dilakukan di rumah saja, misalnya quiz online, board games seperti monopoli, ular tangga, atau scrabble, hingga permainan kartu.

Libatkan seluruh anggota keluarga dan tertawa bersama. Siapkan pula hadiah dan hukuman bagi mereka yang menang atau kalah untuk menambah semarak.

7. Virtual Traveling

Tetap Semarak Meski di Rumah Saja, Ini 7 Ide Kegiatan Lebaran untuk Keluarga

Untuk mengobati kerinduan traveling, Parents dan keluarga bisa saja melakukan virtual traveling dengan memanfaatkan internet! Parents bisa melihat-lihat foto pemandangan dari seluruh penjuru dunia atau menggunakan fitur Google Earth atau Google Street View yang memberikan kita pengalaman jalan-jalan secara virtual.

Kunjungi jalan-jalan desa tempat Anda tumbuh dahulu dan bernostalgia, atau lihat pemandangan sambil menyusuri jalanan di luar negeri yang tentu berbeda dengan negeri sendiri. Semua bisa dilakukan dengan mudah di era teknologi seperti sekarang ini.

Di rumah saja bukan berarti kita tak bisa merayakan Lebaran dengan berbagai kegiatan yang meriah. Saat ini yang jadi prioritas adalah kesehatan diri sendiri beserta keluarga. Selamat menyambut Lebaran dan selamat berkumpul bersama orang-orang tercinta.

Baca Juga:

7 Tips menjaga asupan sehat bagi ibu hamil saat lebaran

Tak Ingin Berat Badan Naik Saat Lebaran? Ini Tips Mengatasinya

Lebaran di rumah aja? Ini 7 model baju hari raya terbaik untuk Bunda

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mentan Dorong Petani Untuk Optimalkan Pemanfaatan KUR
Headline

Suara-Pembaruan.com – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, menyatakan dengan KUR maka kebutuhan biaya usaha tani akan terpenuhi untuk menjalankan usahanya. Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian terus digenjot…