7 Tempat Wisata Alam di Dekat Ibukota untuk Rekreasi Keluarga

  • Whatsapp
7 Tempat Wisata Alam di Dekat Ibukota untuk Rekreasi Keluarga


Seminggu penuh bekerja, paling asyik menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di alam terbuka ya Parents! Wisata alam terbuka juga kerap menjadi pilihan di masa pandemi seperti ini. Tempat wisata alam Jakarta nampaknya menjadi hal yang jarang ditemukan di tengah hiruk pikuk ibukota, tetapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Bagi Anda yang ingin menghirup kesegaran alam di tengah gedung tinggi dan polusi udara, berikut deretan tempat yang bisa dijadikan pilihan!

Bacaan Lainnya

Daftar Tempat Wisata Alam Jakarta Seru Bersama Keluarga

Adalah hal yang langka jika berbicara mengenai wisata alam Jakarta. Mayoritas masyarakat urban biasanya menunjuk mal sebagai hiburan praktis di waktu senggang. Ingin nuansa berbeda dan menyegarkan mata serta pikiran? Yuk kunjungi deretan tempat bernuansa alam berikut, dilansir dari laman Trip Canvas Indonesia. 

1. Hutan Kota Srengseng

Destinasi utama yaitu Hutan kota Srengseng yang merupakan ‘paru-paru kota’-nya Jakarta Barat. Tidak tanggung-tanggung, hutan ini memiliki lebih dari 4.000 pepohonan rindang dari sekitar 60 varietas!

Selain berjalan santai sambil menghirup udara segar, di dalamnya terdapat kawasan bermain anak, trek jogging, danau, dan pujasera sederhana untuk melepas dahaga. Di sini juga ada danau yang bisa digunakan untuk memancing sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan singkat bersama keluarga. Jangan khawatir, karena hutan kota ini menyediakan fasilitas yang mumpuni seperti lahan parkir, musola, dan toilet yang cukup bersih.

2. Hutan Mangrove Muara Angke

tempat wisata alam jakarta

Siapa bilang Jakarta cuma gudangnya tempat bermain di dalam ruangan? Yuk melipir sejenak ke Taman Wisata Alam Mangrove Muara Angke! Berlokasi di utara Jakarta, Parents dapat menyusuri jembatan kayu sembari mengelilingi hutan mangrove yang masih asri. Kalau lelah, bisa juga menyewa kapal yang bisa menampung dua hingga 8 orang.

Berhubung area cukup luas, jangan heran jika matahari terasa cukup terik. Pastikan Parents dan si kecil mengenakan pakaian yang nyaman, topi, mengoleskan sunblock, juga losion anti nyamuk sebelum memasuki area. Perlu diingat bahwa para pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar, serta dikenakan biaya jika menggunakan kamera profesional.

Tiket Masuk: Rp 15.000-20.000 (anak) | Dewasa, Rp30.000 (Weekdays); Rp35.000 (Weekend) | Sewa perahu mulai Rp100.000

Alamat: Jalan Garden House No.4, RT.4/RW.3, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470

Telepon:  (021) 2903 3066 | 0877 7888 6778 | 0819 3225 4370

Jam Operasional: 07.00 – 18.00

3. Taman Dadap Merah

7 Tempat Wisata Alam di Dekat Ibukota untuk Rekreasi Keluarga

Baru saja berdiri, Taman Dadap Merah bisa Parents pertimbangkan untuk menyingkir sejenak dari penatnya ibukota. Senangnya lagi; lokasi taman ini pun tidak jauh dari taman lain di Jakarta Selatan seperti Taman Sepat, serta Kebun Binatang Ragunan. Dengan luas sekitar 2 hektar, tempat ini pas menjadi tempat piknik di akhir pekan bersama keluarga kecil Anda.

Senada dengan taman umumnya; taman ini menyediakan fasilitas yang layak dan bisa dinikmati seperti area jogging, area bermain anak, toilet, dan tempat parkir yang luas.

Artikel terkait: 10 Tempat Wisata Anak Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

4. Allianz Ecopark

7 Tempat Wisata Alam di Dekat Ibukota untuk Rekreasi Keluarga

Minggu pagi nikmatnya jika bisa berolahraga bersama keluarga. Nah, bagaimana jika mencari suasana berbeda di Allianz Ecopark Ancol? Situasi cukup adem karena tempat ini dikelilingi pepohonan yang rimbun. Pengunjung bisa berlari atau bersepeda santai mengelilingi area ini. Berbagai spot tersedia dan menyediakan fasilitas olahraga yang bisa dinikmati secara cuma-cuma alias gratis!

Lelah berolahraga, kelilingi danau dengan sepeda bebek air yang tersedia. Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak mengenal aneka macam tumbuhan dan hewan langka yang ada di sana!

Tiket Masuk: Gratis (untuk masuk wahana tertentu di dalamnya dikenakan tarif khusus)

Alamat: Ecopark, Jalan Lodan Timur No 7 Ancol Taman Impian, Jakarta Utara. Koordinat di sini

Telepon: (021) 2922 2222

Jam Operasional: 06.00 – 18.00

5. Tribeca Park

7 Tempat Wisata Alam di Dekat Ibukota untuk Rekreasi Keluarga

Tak hanya mal semata, Central Park Jakarta turut menyediakan taman yang terlihat indah dengan tanaman hijau dan hiasan lampu menyala di malam hari. Bahkan pada saat tertentu seperti Hari Natal, Hari Kemerdekaan Indonesia, dan Hari Raya Idul Fitri taman ini biasanya turut dipercantik dengan dekorasi menyesuaikan tema. Umumnya, masyarakat meramaikan taman ini dengan membawa serta anak maupun hewan peliharaan.

6. Faunaland Ancol

7 Tempat Wisata Alam di Dekat Ibukota untuk Rekreasi Keluarga

Bukan kebun binatang umumnya, karena spot satu ini menyajikan konsep yang berbeda. Di Faunaland, Parents bisa duduk berdampingan dengan singa! Ya, tempat wisata alam Jakarta ini menyediakan sekat kaca bening tebal untuk memisahkan hewan dengan pengunjung.

Uniknya, pengunjung berkesempatan memberi makan hewan buas yang ada. Sebuah corong disediakan bagi pengunjung memberi makan dengan dikenakan biaya tambahan. Pengunjung akan mendapatkan sepotong daging untuk raja hutan. Selain singa, Anda juga bisa memberi makan aneka burung yang ada di sini. Area burung cukup menarik karena burung yang ada dibiarkan terbang bebas ke sana kemari.

Jika berani, Parents bisa berfoto bersama burung. Faunaland juga memamerkan beberapa hewan langka seperti kura-kura raksasa yang usianya sudah lebih dari 50 tahun!

Tiket Masuk: Weekdays, Rp65.000 | Weekend, Rp75.000 | HTM + River Cruise, Rp90.000 (weekdays); Rp100.000 (weekend)

Alamat: Ecovention Building – Ecopark, Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Telepon: (021) 2922 2222

Jam Operasional: Weekdays, 09.00 – 17.00 | Weekend, 08.00 – 17.00

7. Outboundholic Ancol

7 Tempat Wisata Alam di Dekat Ibukota untuk Rekreasi Keluarga

Ingin menguji nyali dan kekompakan dengan keluarga? Lewati rintangan yang ada di Outboundholic Ancol yuk, Parents!

Terdapat empat zona dengan rintangan berbeda yang harus dilewati. Mulai dari zona hijau dengan rintangan mudah hingga zona hitam dengan tantangan tersulit. Salah satunya, meluncur di flying fox dengan ketinggian setara gedung 7 lantai dan panjangnya mencapai 480 meter!

Selain flying fox juga ada wahana lain yang bisa dijajal seperti hiking bridgemonkey track, hingga climbing wall yang siap menanti. Parents bisa mencobanya sendiri atau beramai-ramai agar seru juga bisa. Penting diingat, tinggi badan minimal peserta outbound minimal 150 centimeter. Usai menikmati wahana, puaskan perut lapar dengan beberapa booth makanan yang tersedia.

Tiket Masuk: Weekdays, Rp100.000 | Weekend, Rp120.000

Alamat: Jl. Lodan Timur, Pademangan, Ancol, Kota Jakarta Utara, Jakarta 14430

Telepon: 0812 886 5908

Jam Operasional: 09.00 – 16.00

Artikel terkait: 10 Tempat Wisata di Jabodetabek dengan Harga Terjangkau dan Cocok untuk Keluarga

Bagaimana Parents, siapkah mengumpulkan memori menyenangkan bersama keluarga di tempat wisata alam Jakarta di atas? Jangan lupa tetap jalankan protokol kesehatan selama berada di luar rumah ya, Parents. 

 

Baca juga :

Sebelum berlibur ke Bali, cek rekomendasi hotel ramah anak ini yuk, Bun!

10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Malang untuk Keluarga

Manfaat wisata alam, dari melepas stress hingga tingkatkan kreativitas

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *