8 Artis yang Pernah Sakit Meningitis, Ada yang Sembuh dan Meninggal

  • Whatsapp
8 Artis yang Pernah Sakit Meningitis, Ada yang Sembuh dan Meninggal


WHO menetapkan tanggal 24 April sebagai Hari Meningitis Sedunia. Setiap tahunnya, ada hingga 5 juta kasus baru Meningitis dan berpotensi menyebabkan kematian atau cacat seumur hidup. Perlu diketahui bahwa penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Berikut beberapa artis yang sakit meningitis. 

Penyakit meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf di tulang belakang. Radang selaput otak ini terjadi karena infeksi bakteri, virus, atau jamur. Gejala awal meningitis mirip dengan flu, terjadi demam atau sakit kepala dan tergolong sulit untuk dideteksi.

Artikel Terkait: 8 Gejala Meningitis pada Anak yang Harus Parents Waspadai

8 Artis yang Sakit Meningitis

1. Glenn Fredly

Masyarakat Indonesia dikejutkan dengan kepergian musisi Glenn Fredly yang sangat mendadak pada bulan April 2020. Penyebab meninggalnya Glenn Fredly adalah penyakit meningitis.

Kondisinya sempat memburuk selama beberapa hari karena komplikasi sebelum menghembuskan nafas terakhir di usia 44 tahun. Ia meninggalkan istrinya Mutia Ayu dan anak mereka Gewa Atlanta Syamayim Latuihamallo yang masih bayi.

2. Ashanty

Hari Meningitis Sedunia, 8 Artis Ini yang Pernah Menderita Sakit Meningitis

Istri dari musisi Anang Hermansyah, Ashanty, diketahui memang mengidap penyakit autoimun. Penyakit yang menyebabkan daya tahan tubuhnya menjadi lemah tersebut mengakibatkan dirinya sempat menderita meningitis pada tahun 2013 silam.

Ia sempat dirawat di rumah sakit selama 2 bulan akibat penyakit radang otak tersebut. Untungnya, Ashanty berhasil sembuh dan sehat walafiat hingga kini.

Artikel Terkait: Pernah Alami Meningitis Saat Baru Menikah, Ashanty: “Saya Pasrah Kapan Aja Mau Diambil”

3. Juwita Bahar

Hari Meningitis Sedunia, 8 Artis Ini yang Pernah Menderita Sakit Meningitis

Putri pedangdut Anisa Bahar, Juwita Bahar juga sempat mengidap penyakit meningitis. Ia menyebut penyebab sakit yang dideritanya tersebut adalah pola diet yang salah. Juwita Bahar melakukan program diet tanpa nasi selama dua tahun, akibatnya asupan nutrisi yang ia dapatkan menjadi tidak seimbang.

Akibat penyakit itu pula Juwita sempat terbaring koma selama 15 hari. Setelah sadar, ia mengalami kesulitan untuk menggerakkan anggota tubuhnya. Agar bisa beraktivitas kembali seperti biasa, Juwita harus belajar lagi duduk dan berjalan seperti bayi.

4. Olga Syaputra

artis meningitis

Komedian Olga Syahputra diketahui mengidap penyakit meningitis yang menyebabkan ia meninggal dunia pada tahun 2015 lalu.

Menurut sang adik, Billy Syahputra, kakaknya itu jatuh sakit di tahun 2014 dengan gejala panas dingin dan muntah-muntah. Setelah tak mengalami perubahan dirawat di rumah sakit, keluarga memutuskan untuk memindahkan Olga ke rumah sakit di Singapura.

Setelah sempat koma selama berbulan-bulan, Olga akhirnya meninggal dunia. Kala itu, acara pemakaman Olga dipenuhi oleh para penggemarnya hingga terjadi kericuhan selama berhari-hari.

5. Barli Asmara

Hari Meningitis Sedunia, 8 Artis Ini yang Pernah Menderita Sakit Meningitis

Desainer kondang Barli Asmara juga menjadi salah satu korban dari penyakit meningitis. Awalnya, ia memutuskan untuk pindah ke pulau Bali pada pertengahan tahun 2020. Tak lama setelah pindah, ia masuk rumah sakit karena penyakit lambung yang dideritanya.

Namun setelah cukup lama dirawat ternyata Barli didiagnosis mengidap radang otak atau meningitis yang disebabkan oleh virus Toksoplasma.

6. Endra Armada

Hari Meningitis Sedunia, 8 Artis Ini yang Pernah Menderita Sakit Meningitis

Pemain bass dari band Armada, Endra, juga mengidap penyakit meningitis selama 6 tahun lamanya. Ia sudah menjalankan berbagai perawatan medis dan dinyatakan sembuh. Sayangnya akibat penyakit tersebut ia tidak lagi diperbolehkan untuk melakukan berbagai aktivitas berat.

Akhirnya Endra memutuskan untuk berhenti menjadi bassist Armada dan keluar dari grup band yang telah membesarkan namanya tersebut.

7. Kiki, Adik Mitha The Virgin

Hari Meningitis Sedunia, 8 Artis Ini yang Pernah Menderita Sakit Meningitis

Salah satu personil grup The Virgin yang kerap berpenampilan tomboy, Mitha, memiliki adik bernama Kiki. Tahun 2014 lalu, sang adik meninggal dunia akibat radang selaput otak yang dideritanya. Untuk pengobatan adiknya tersebut Mitha sempat menjual aset-aset yang dimilikinya.

Artikel Terkait: Ibu Hamil Rentan Terkena Meningitis, Apa Dampaknya Bagi Janin?

8. Giska Putri Anak Ray Sahetapy dan Dewi Yull

Hari Meningitis Sedunia, 8 Artis Ini yang Pernah Menderita Sakit Meningitis

Putri pasangan selebriti Ray Sahetapy dan Dewi Yull meninggal akibat meningitis di tahun 2010 silam. Awalnya memang Giska sempat dirawat di rumah sakit dan kondisinya membaik.

Setelah keluar dari rumah sakit ia mengikuti sebuah acara outdoor namun pingsan akibat sengatan matahari. Saat itu nyawanya tak tertolong lagi dan Giska pun meninggal dunia.

Inilah beberapa artis yang sakit meningitis. Meskipun berbahaya, penyakit ini bisa dicegah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat guna mencegah infeksi. Mereka dengan daya tahan tubuh yang lemah cenderung lebih mudah terkena meningitis. Vakskin PCV yang biasa dianjurkan jika hendak menjalani ibadah haji juga bisa mencegah penyakit ini.

Baca Juga:

Bisa Akibatkan Kerusakan Otak, Ini Hal yang Perlu Diketahui Tentang Penyakit Meningitis

Disangka keracunan makanan, gejala meningitis membuat kaki anak ini harus diamputasi

Waspada Herpes pada Bayi, Bisa Berisiko Kebutaan Hingga Meningitis

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *