8 Cara Atasi Ejakulasi Dini, Kembalikan Hubungan Intim yang Berkualitas

  • Whatsapp
8 Cara Atasi Ejakulasi Dini, Kembalikan Hubungan Intim yang Berkualitas


Hubungan suami istri menjadi salah satu aspek penting dalam pernikahan. Faktanya ketidakpuasan seks kerap ditemui bahkan memicu konflik yang berujung perceraian. Salah satunya terkait dengan ejakulasi dini. Oleh sebab itu penting mengetahui cara mengatasi ejakulasi dini.

Bacaan Lainnya

Masalah ini bisa dialami oleh kaum pria maupun wanita dan yang paling sering untuk pria adalah ejakulasi dini. Dimana pria mengalami orgasme terlalu cepat dan bisa menyerang siapapun tanpa kenal usia.

WebMD menuliskan, ejakulasi dini adalah saat seseorang mengalami orgasme sebelum berhubungan atau kurang dari satu menit setelah dimulai. Sebenarnya tidak ada waktu yang pasti kapan pria harus ejakulasi saat berhubungan seks, namun ketika seseorang mengalami ejakulasi dan kehilangan ereksi secepat ini maka bisa membuat pasangan merasa tidak puas. 

Kondisi ini nyatanya bisa membuat frustasi dan bahkan memalukan. Sayangnya, ejakulasi dini memang masalah umum bagi pria. Bahkan antara 30% hingga 40% mengalaminya sepanjang hidup mereka. Jadi, perlu diingat – ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan jika terjadinya hanya sesekali saja.

Penyebab Ejakulasi Dini dan Faktor Risikonya

Sampai saat ini penyebabnya ejakulasi dini memang belum diketahui secara pasti. Meski demikian, para ahli, mengatakan kalau hal ini terkait dengan  kimiawi di dalam otak. Pria yang memiliki kadar serotonin kimiawi rendah di otak ternyata cenderung membutuhkan waktu lebih singkat untuk ejakulasi.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana mengatasinya?

8 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

1. Hindari Stress

Penting untuk diingat bahwa faktor emosional dapat berperan atau memicu seseorang mengalami ejakulasi dini. Ketika psikis terganggu, merasa ada tekanan, merasa gelisah, atau merasa terbeban dengan kinerja seksual, hal ini bisa memicu terkajadinya ejakulasi dini. Untuk itu, pastikan lebih dulu kondisi psikis yang sehat sehingga bisa membantu kualitas hubungan Anda dan pasangan. 

2. Lebih Banyak Melakukan Hubungan Badan

Banyak yang mengira jika berhubungan intim merupakan keahlian alamiah yang nantinya akan muncul. Padahal juga dibutuhkan belajar hingga akhirnya bisa mencapai kepuasaan yang diinginkan. Mengingat dalam berhubungan seks yang inginkan kepuasaan bukan hanya satu pihak saja. Untuk itu para pria yang memiliki gangguan ejakulasi prematur maka disarankan untuk lebih banyak berhubungan badan dengan pasangannya.

Karena penyebab ejakulasi dini ini bisa berupa ketakutan atau kecemasan pada performa seksualnya. Sehingga untuk meningkatkan keakraban atau kenyamanan dengan pasangan bisa dilakukan dengan sering berhubungan badan. Dengan begitu akan mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari pasangannya. Pasangan juga bisa mengeksplorasi berdua yang akhirnya juga bisa membantu untuk mengatasi masalah ejakulasi prematur.

Artikel Terkait: Kondom Wanita: Jenis dan Cara Menggunakannya

3. Masturbasi Sebelum Berhubungan Badan

masturbasi saat berpuasa

Menurut dokter ahli penyakit dalam Larry P Gassner, M. D salah satu cara mengatasi ejakulasi dini secara alami adalah dengan masturbasi sebelum melakukan berhubungan intim. Hal ini bisa untuk menunda agar klimaks lebih lama didapatkan oleh pria. Umumnya pria akan lebih kuat untuk rangsangan kedua setelah ia klimaks. Sehingga untuk yang selanjutnya bisa klimaks lebih lama atau tidak cepat klimaks.

Meskipun solusi satu ini terbilang masuk akal, tapi para pria harus memperhatikan usianya. Semakin bertambah usia, kemampuan untuk ereksi setelah klimaks yang pertama akan menurun. Sehingga alangkah baiknya jika melakukan masturbasi 1 atau 2 jam sebelum Anda melakukan aktivitas seksual. Tak ada salahnya juga untuk meminta bantuan pasangan untuk bisa mendukung guna mengatasi masalah seksual yang dihadapi pasangan.

4. Senam Kegel

Senam kegel tak hanya untuk perempuan saja, karena ternyata senam kegel juga bisa berlaku untuk para pria. Terutama untuk mengatasi ejakulasi prematur tanpa menggunakan obat. Sebab senam kegel bisa membuat otot pubococcygeus bisa lebih kuat yang nantinya juga akan mengembalikan kontrol pada berbagai saraf rangsangan terutama daerah vital Anda.

cara mengatasi ejakulasi dini senam kegel

Senam kegel bisa dilakukan dengan mudah untuk pria yakni dengan cara menghentikan kencing begitu di tengah tengah. Anda bisa menahannya selama 10 detik kemudian melepaskan kembali. Dengan melakukan secara rutin maka bisa juga sebagai obat untuk mengatasi ejakulasi dini. Karena otot yang digunakan untuk menahan pipis di tengah tengah merupakan otot yang sama untuk kegel. Cara ini juga terbilang cukup efektif.

5. Komunikasi dengan Pasangan

pembicaraan seks pasangan

Sumber: Shutterstock

Cara mengatasi ejakulasi dini yang tak kalah penting adalah melakukan komunikasi dengan pasangan. Komunikasi akan membuat masalah ranjang bisa diatasi dengan terbuka dan jujur pada pasangan.

Dengan begitu pria tak perlu merasa cemas lagi sehingga staminanya bisa kembali. Pasangan juga pastinya akan memberikan dukungan yang nantinya suami istri bisa mencari solusi bersama. Pasangan juga akan lebih menerima dan meredakan kecemasan pada peforma masing masing.

6. Memakai Kondom

Apabila Anda mengalami masalah ejakulasi prematur maka Anda bisa mengenakan kondom ketika melakukan hubungan badan. Sebab kondom terkenal sebagai cara untuk mengurangi rangsangan pada alat vital.

Bahkan ada beberapa merk yang memiliki kandungan yang mampu untuk mereduksi sensifitas rangsangan. Hanya saja sensifitas rangsangan ini juga bisa berpengaruh pada pasangan sehingga kepuasaan seksual tidak bisa maksimal pada kedua belah pihak.

cara mengatasi ejakulasi dini Memakai Kondom

Masalah ejakulasi dini ini tidak hanya dialami oleh pria, wanita juga bisa mengalaminya. Meskipun banyak yang mengeluhkan, bukan tidak mungkin masalah seksual satu ini tidak bisa dialami. Ada beberapa hal yang bisa dijajal pasangan sehingga masalah ranjang bisa teratasi. Yang terpenting dan harus diingat jika kepuasaan adalah milik keduanya bukan salah satu pihak. Sehingga ketika ada masalah salah satunya harus dihadapi bersama.

7. Konsumsi  Suplemen Seng (Zinc)

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi Zinc. Sebuh penelitian menemukan hubungan antara kekurangan seng dan disfungsi seksual pada pria. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mengonsumsi 11 miligram seng per hari, atau sesuai jumlah yang disarankan, dapat memperpanjang waktu ejakulasi.  

8.  Jangan Ragu Lakukan Konseling

Setelah mencoba berbagai langkah atau upaya di atas, namun masih belum juga bisa diatasi maka cara mengatasi ejakulasi dini tentu saja perlu bantuan ahli. Psikolog atau psikiater dapat membantu Anda mengatasi masalah seperti depresi, kecemasan, atau stres yang mungkin berkontribusi pada kondisi ejakulasi dini. Psikolog, psikiater atau dokter androlog bisa membantu mencari solusi, contohnya dengan memberikan pengobatan yang tepat.  

***

Setelah mengetahui 8 cara mengatasi ejakulasi dini yang dipaparkan di atas, semoga masalah ini bisa segera diatasi.

 

Baca Juga:

11 Manfaat Masturbasi dan Efek Sampingnya

11 Cara Cepat Hamil dengan Metode Efektif

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *