8 Kandungan Skincare Korea yang Punya Kemampuan Luar Biasa

  • Whatsapp


Parents ada yang suka skincare Korea? Kandungan skincare Korea apa saja nih yang jadi favorit Parents? Skincare Korea memang sedang digandrungi saat ini, tidak hanya kaum perempuan, lho, laki-laki juga banyak yang menyukai perawatan kulit asal negeri Ginseng ini. Katanya, skincare Korea punya efek bagus untuk kulit.

Bacaan Lainnya

Kandungan skincare Korea didominasi oleh bahan aktif dan alami, mungkin ini juga yang membuat skincare Korea sangat laris di pasaran. Ternyata, ada banyak sekali bahan yang digunakan dalam skincare Korea. Berikut ini beberapa kandungan skincare Korea yang sangat populer dan punya kemampuan luar biasa! 

Artikel terkait: Begini cara merawat wajah sesuai jenis kulit, Bunda sudah tahu?

Kandungan Skincare Korea yang Ampuh Merawat Kulit

8 Kandungan Skincare Korea yang Punya Kemampuan Luar Biasa

1. Vitamin C

Vitamin C dikenal karena sifatnya yang mencerahkan kulit. Ini adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti sinar UV atau polusi.

Faktanya, vitamin C sering digunakan dalam perawatan kulit untuk mengatasi tanda-tanda penuaan, karena meningkatkan produksi kolagen – yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan kencang – dan memperbaiki tampilan garis-garis halus dan kerutan.

2. Centella Asiatica

Centella asiatica atau yang dikenal dengan nama ‘rumput harimau’, ‘Asiatic pennywort’ atau ‘pegagan’, adalah tanaman yang telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok selama berabad-abad karena khasiat penyembuhannya.

Saat ini, centella asiatica banyak digunakan dalam kandungan skincare Korea sebagai bahan alami untuk menenangkan, melembapkan dan menyembuhkan kulit.

Salah satu senyawa aktif utama dalam centella asiatica adalah madecassoside; antioksidan kaya yang membantu perbaikan sel kulit dan membantu membalikkan tanda-tanda penuaan.

Artikel terkait: Perawatan wajah untuk ibu menyusui, 3 panduan ini perlu diperhatikan!

3. Lendir Siput (Snail Mucin)

8 Kandungan Skincare Korea yang Punya Kemampuan Luar Biasa

Lendir siput, atau filtrat sekresi siput (SSF) merupakan salah satu bahan perawatan kulit Korea yang paling terkenal. Kandungan snail mucin ini sangat banyak digunakan dalam berbagai produk, mulai dari serum dan esens, hingga pelembap dan sheet mask.

Lendir siput adalah bahan yang dianggap baik oleh para ahli untuk melembapkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen, yang berdampak pada penyembuhan kulit dan regenerasi sel. Lendir siput juga penuh dengan nutrisi, termasuk seng (anti-inflamasi) dan vitamin A dan E, yang merupakan antioksidan.

4. Niacinamide

8 Kandungan Skincare Korea yang Punya Kemampuan Luar Biasa

Niacinamide, yang merupakan bentuk lain dari vitamin B, adalah salah satu kandungan skincare Korea yang digunakan untuk mencerahkan kulit kusam dan mengurangi hiperpigmentasi Niacinamide ditemukan dalam berbagai produk, mulai dari sheet mask hingga krim mata. Serum dan esens juga banyak yang mengandung bahan ini.

Tidak hanya mencerahkan kulit, niacinamide berfungsi mengecilkan pori-pori, meratakan warna kulit, memperbaiki tampilan garis-garis halus dan kerutan, memperkuat penghalang kulit dan mengatur produksi sebum.

Artikel terkait: Ini Dia 10 Kandungan yang Populer Digunakan dalam Skincare dan Manfaatnya

5. Hyaluronic Acid

Meksipun namanya terdengar menyeramkan, tetapi hyaluronic acid sebenarnya adalah salah satu kandungan skincare Korea yang bagus. Ia sudah ada secara alami di tubuh kita, dengan beberapa jumlah terbesar ditemukan di kulit.

Hyaluronic acid adalah humektan yang dapat menahan air di dalam sel-sel kulit dan mengikat kelembapan pada epidermis (lapisan luar kulit). Ketika dioleskan bersamaan dengan pelembap, serum atau masker, hyaluronic acid membantu menghidrasi dan menjaga tingkat kelembaban di kulit.

6. Salicylic Acid

Salicylic acid (asam salisilat) adalah bahan utama untuk mengatasi noda dan mengendalikan jerawat, sehingga banyak digunakan dalam produk perawatan kulit Korea yang dirancang untuk kulit berminyak atau berjerawat.

Asam salisilat adalah asam beta hidroksi (BHA); salah satu dari dua jenis asam yang biasa ditemukan dalam perawatan kulit selain asam alfa hidroksi, atau AHA). BHA lebih efektif menembus jauh ke dalam pori-pori, karena mereka larut dalam minyak (tidak seperti AHA, yang larut dalam air).

7. Green Tea

Kandungan Skincare Korea

Banyak brand skincare Korea yan menggunakan teh hijau dalam produk mereka. Jika dikonsumsi, teh hijau memiliki segudang manfaat kesehatan seperti mengurangi stres, meningkatkan kekebalan dan meningkatkan sirkulasi darah. Ternyata, teh hijau ini bagus juga jika dioleskan ke kulit.

Teh hijau mengandung antioksidan alami yang disebut polifenol, yang melindungi kulit dari radikal bebas. Teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba, sehingga menenangkan kulit yang teriritasi, mengurangi kemerahan dan dapat digunakan untuk mengurangi noda di wajah.

8. Propolis

Propolis adalah bahan alami yang diproduksi oleh lebah. Kandungan ini digunakan lebah untuk mensterilkan dan melindungi sarangnya. Ini juga merupakan bahan alami yang diadopsi dalam produk-produk Korea.

Propolis memiliki banyak manfaat, berkat sifat anti-bakteri, anti-jamur, antioksidan dan anti-inflamasi. Ini digunakan untuk menyembuhkan dan mengobati jerawat, dan menenangkan kulit yang teriritasi dan berjerawat.

Begitu banyak kandungan skincare Korea yang populer, mana favorit Parents?

 

Baca juga: 

id.theasianparent.com/artis-indonesa-mirip-artis-korea

id.theasianparent.com/artis-korea-punya-wajah-lokal

id.theasianparent.com/wajah-glowing-ala-korea

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *