8 Manfaat Olahraga Sepeda, Kurangi Stress sampai Tingkatkan Kinerja Pernapasan

  • Whatsapp
8 Manfaat Olahraga Sepeda, Kurangi Stress sampai Tingkatkan Kinerja Pernapasan


Fisik yang aktif menjadi kunci bagi kesehatan tubuh. Tubuh yang bugar akan membuat aktivitas menjadi lebih lancar. Aktivitas fisik yang teratur akan melindungi diri kita dari berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, penyakit mental hingga obesitas. Manfaat ini bisa didapatkan dengan melakukan olahraga yang mudah dan murah seperti sepeda

Bacaan Lainnya

Olahraga sepeda ternyata cukup banyak dan menjadi solusi terbaik untuk mengurangi gaya hidup yang pasif. Jenis olahraga yang satu ini bisa dilakukan oleh orang-orang pada berbagai usia sekaligus bisa menjadi sarana rekreasi untuk menyegarkan pikiran.

Manfaat Olahraga Sepeda Bagi Kesehatan

1. Mengontrol Berat Badan

Apakah Bunda sedang mengalami obesitas dan ingin mengontrol berat badan dengan lebih mudah? Bersepeda pada pagi hari bisa menjadi pilihan.

Kegiatan satu ini bisa membantu Bunda membakar lemak dalam tubuh. Jika ingin mengontrol badan dengan cara ini, Bunda tentu juga harus memperhatikan bagaimana pola makan.

Untuk Bunda yang ingin diet, pastikan menerapkan pola makan yang sehat sehingga manfaat bersepeda benar-benar bisa dirasakan. Ingatlah bahwa kalori yang dibakar ketika bersepeda tergantung seberapa cepat, seberapa lama dan jarak bersepeda.

2. Mengurangi Stres

8 Manfaat Olahraga Sepeda, Kurangi Stress sampai Tingkatkan Kinerja Pernapasan

Suntuk dengan pekerjaan sehari-hari? Kemungkinan Bunda membutuhkan refreshing. Tidak usah mengeluarkan budget besar untuk liburan keluar kota atau luar negeri. Refreshing bisa dimulai dari rumah sendiri misalnya dengan bersepeda pada pagi hari sambil menikmati pemandangan.

Karena ketika bersepeda tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang bisa memunculkan rasa nyaman dan meningkatkan mood positif. Inilah salah satu manfaat olahraga sepeda. Dengan bersepeda, tubuh menjadi semakin sehat dan pikiran juga semakin tenang karena stress berkurang.

Artikel terkait: 10 Aplikasi Smartphone Ini Bisa Bantu Bunda Olahraga di Rumah, Yuk Coba!

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat Olahraga Sepeda

Manfaat olahraga sepeda yang lainnya yaitu mengurangi risiko penyakit kanker. Kuncinya yaitu memiliki gaya hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan yang sehat serta berolahraga sepeda.

Bersepeda akan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Tubuh yang bugar pada usia yang tua sekalipun memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena kanker paru-paru serta kanker kolekteral.

4. Meningkatkan Mood

Manfaat Olahraga Sepeda

Bukan hanya bagi kesehatan fisik, bersepeda juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Dengan bersepeda santai selama minimal 30 menit/hari bisa menjadi solusi untuk memperbaiki suasana hati yang buruk.

Kegiatan ini tentu bisa meningkatkan suasana hati serta suasana pikiran. Selain itu, cara ini juga menjadi cara yang menguntungkan bagi tubuh. Inilah manfaat olahraga sepeda bagi kesehatan mental.

Artikel terkait: 11 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Aman dan Mudah

5. Meningkatkan Stamina

Manfaat Olahraga Sepeda

Kalau tubuh sering merasa lemas dan lelah ketika sedang beraktivitas, bisa jadi itu adalah tanda kurang berolahraga. Bunda bisa mulai berolahraga ringan dan menyenangkan untuk dilakukan seperti bersepeda pada pagi atau sore hari.

Bersepeda menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan stamina tubuh karena kegiatan ini bisa memperkuat paru-paru dan jantung. Pekerjaan sehari-hari bisa menjadi lebih maksimal dan memiliki stamina yang cukup.

6. Meningkatkan Kemampuan Otak

8 Manfaat Olahraga Sepeda, Kurangi Stress sampai Tingkatkan Kinerja Pernapasan

Tahukah Bunda bahwa olahraga sepeda secara rutin bisa berpengaruh baik bagi kesehatan otak. Bersepeda bisa meminimalisir penurunan fungsi daya pikir dan resiko demensia.

Karena bersepeda bisa berdampak pada peningkatan aliran darah menuju ke otak. Bunda bisa bersepeda 45 sampai dengan 60 menit per hari untuk mendapatkan manfaat itu.

Artikel terkait: 5 Tanda Nyeri Otot yang Harus Diwaspadai Setelah Berolahraga

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

8 Manfaat Olahraga Sepeda, Kurangi Stress sampai Tingkatkan Kinerja Pernapasan

Manfaat olahraga sepeda yang termasuk olahraga kardio bisa merangsang serta memperbaiki kesehatan jantung, paru-paru, sirkulasi darah serta membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Olahraga ini membantu memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak yang ada dalam darah. Bersepeda setiap hari bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Sebuah penelitian dari British Journal of Sport Science Medicine pada tahun 2018 menemukan bahwa olahraga dengan intensitas tertentu bisa mengurangi hipertensi. Efek yang ditimbulkan sama seperti ketika orang mengkonsumsi obat resep. Meskipun demikian, tetap konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

8. Meningkatkan Kinerja Pernafasan

Manfaat Olahraga Sepeda

Jika seseorang merasa mudah lelah saat beraktivitas misalnya berjalan dan pernafasan menjadi kurang stabil. Artinya Bunda perlu memiliki sistem pernapasan yang lebih sehat. Salah satu caranya yaitu dengan bersepeda karena bersepeda secara rutin bisa berpengaruh secara positif terhadap kesehatan pernapasan juga. 

***  

Itulah beberapa manfaat olahraga sepeda bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Bunda bisa mencoba olahraga ini dan rasakan manfaatnya.

Baca juga:

5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Bersama Anak

Bahaya Langsung Mandi Setelah Berolahraga, Lakukan Hal Ini Terlebih Dahulu!

6 Pose yoga ini bantu kehidupan seksual makin bergairah, jangan lewatkan!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *