9 Film Bertema Virus, Tontonan Seru di Masa Pandemi

9 Film Bertema Virus, Tontonan Seru di Masa Pandemi


Bagi Anda pecinta film Star Wars pasti tahu banget kalau ada beberapa teknologi sains yang ditampilkan di film ini seperti bisa melihat masa depan. Dengan kata lain, menjadi kenyataan. Sama seperti Star Wars, ada juga beberapa film yang seperti bisa menerka apa yang akan terjadi di masa depan. Salah satunya film-film bertema virus.

Berikut ini ada 9 film bertema virus di mana beberapa jalan ceritanya mirip-mirip seperti pandemi Covid-19. Penasaran? Yuk, cek satu per satu. Semoga ini bisa menjadi rekomendasi tontonan seru di akhir minggu bersama keluarga.

9 Film Bertema Virus, Tontonan Seru di Masa Pandemi

1. Contagion

Image: Warner Bros

Banyak yang bilang, film yang dirilis tahun 2011 sangat dan paling mirip dengan kisah pandemi Covid-19 yang saat ini menyerang masyarakat dunia. Wajar saja, Contagion memang dibuat dengan terinspirasi kasus wabah SARS yang terjadi pada 2003-2004 dan virus flu burung pada 2009. Di mana virus pada SARS dan Covid-19 berasal dari ‘nenek’ yang sama.

Awal cerita, Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) singgah di Chicago untuk bertemu mantan kekasihnya sepulang dari perjalanan bisnis di Hong Kong. Dua hari kemudian, ia meninggal setelah sang suami, Mitch Emhoff (Matt Damon), membawanya ke rumah sakit lantaran kejang-kejang. Tak lama, giliran anak mereka, Clark, yang meninggal. Mitch dan anaknya yang lain lalu dikarantina di rumah mereka.

Virus yang membunuh Beth dengan cepat menjadi wabah di kota mereka dan memakan lebih banyak korban lagi.

Contagion disutradari oleh Steven Soderbergh. Adapun pemain yang lainnya adalah Marion Cotillard, Bryan Cranston, Jude Law, Kate Winslet,Laurence Fishburne, dan Jennifer Ehle.

Artikel terkait: 17 Rekomendasi Film Bertema Islam, Tontonan Seru Bulan Ramadhan!

2. Outbreak

film bertema virus

Image: Prime Video

Film Outbreak dirilis pada tahun 1995. Film ini diangkat dari buku nonfiksi karya Richard Preston, The Hot Zone. Kisahnya mengenai Outbreak virus baru yang muncul dan disebarkan dari sejumlah monyet yang tinggal di hutan hujan Afrika. Para ilmuwan di kota kecil di Amerika berpacu dengan waktu untuk menghentikan penyebaran virus tersebut agar tidak menyerang populasi manusia.

Tapi drama dimulai ketika seorang jenderal angkatan darat yang berambisi ‘menguasai’ virus tersebut untuk dijadikan senjata biologi.

Film arahan Wolfgang Petersen ini dibintangi oleh Dustin Hoffman, Rene Russo, Morgan Freeman, Cuba Gooding Jr., Kevin Spacey, Donald Sutherland dan Patrick Dempsey.

3. The Flu

film bertema virus

Image: Kompas

Film bertema virus lainnya adalah The Flu. Kali ini virus bernama H5N1 mewabah di distrik Bundang, Korea Selatan, dan sudah membunuh banyak sekali warga dalam kurun waktu 36 jam.  

Ada satu orang bernama Monssai yang terpapar dengan korban meninggal tapi tidak terinfeksi dan tetap hidup. Ia disebut-sebut bisa menjadi penyelamat karena memiliki antibodi yang mampu melawan virus. Tapi Monssai kabur, karena banyak yang menginginkan dirinya. Dan keberadaan dirinya juga memicu konflik hingga pertumpahan darah.

The Flu dibintangi oleh bintang-bintang besar Korea Selatan. Di antaranya Jang Hyuk, Soo Ae, Park Min Ah, dan Lee Hee Joon. Film ini disutradarai Kim Sung-su dan dirilis pada tahun 2013.

Artikel terkait: 10 Film Indonesia Terbaik yang Bisa Anda Tonton di Netflix

4. 28 Days Later

film bertema virus

Image: Tirto.com

Film 28 Days Later bercerita tentang usaha aktivis perlindungan hewan dalam menyelamatkan primata simpanse dari sebuah laboratorium di Inggris. Simpanse-simpanse itu berada di sana untuk digunakan sebagai praktik ilegal beberapa ilmuwan.

Yang tak disadari oleh para aktivis, dalam tubuh simpanse terdapat virus mematikan. Dan sudah bisa ditebak, setelah simpanse keluar dari sana, virus pun menyebar, menginfeksi dan membunuh banyak warga.

Adalah Jim yang tiba-tiba terbangun di tengah kotanya yang sudah porak-poranda. Saat itu ia sadar bahwa ia merupakan salah satu survivor virus tersebut. Akhirnya bersama survivor lainnya ia berusaha mencari cara untuk mengatasi wabah tersebut.

Film ini disebut-sebut sebagai salah satu dari 100 film terbaik Inggris sepanjang masa. 28 Days Later dirilis pada tahun 2002. Sutradaranya adalah Danny Boyle, dan pemain yang bekerja sama dengannya adalah Cillian Murphy, Naomi Harris, dan Noah Huntley.

5. Train to Busan

9 Film Bertema Virus, Tontonan Seru di Masa Pandemi

Image: IMDb

Train to Busan merupakan salah film terlaris di Korea Selatan. Film ini berhasil memecahkan rekor sebagai film dengan 10 juta lebih penonton. Entah mungkin karena saat dirilis tahun 2016 tema zombie sedang tren atau karena film ini diperankan oleh Gong Yoo, yang saat ini digadang-gadang sebagai aktor nomor satu di Korea Selatan. Selain pemeran utama drama Korea Goblin: The Lonely and Great God itu, film ini juga dibintangi oleh Jung Yu-mi dan Ma Dong-seok.

Film Train to Busan bercerita tentang penyebaran virus yang bisa mengubah binatang atau manusia yang terinfeksi menjadi zombie. Saat Seok Woo (Gong Yoo) dan putrinya dalam perjalanan kereta menuju kota Busan, mereka mengalami hal tak terduga. Entah dari mana datangnya, mereka diserang sekelompok zombie. Para penumpang yang turun membantu penumpang lain yang diserang, pun berubah jadi zombie. Seok Woo ternyata juga terpapar virus tersebut.

Saat masih berada dalam proses transformasi dari manusia ke zombie, ia berusaha keras melawan zombie agar bisa menyelamatkan putrinya.

6. I am Legend

9 Film Bertema Virus, Tontonan Seru di Masa Pandemi

Image: Kompas

Dalam film ini New York menjadi kota mati. Warganya diserang oleh makhluk ganas bernama Darkseeker yang hanya keluar di malam hari. Makhluk ini sebelumnya adalah manusia yang kemudian bermutasi setelah terinfeksi virus Kipprin.

Robert Neville merupakan salah satu dari 12 juta manusia yang memiliki kekebalan alami dari virus itu. Ia tetap berada di dalam kota yang terinfeksi itu untuk mencari cara dengan melakukan observasi guna menemukan obat yang dapat mengembalikan zombie menjadi manusia lagi.

Agak berbeda dari film lainnya, film bertema virus yang dimainkan Will Smith (sebagai Robert Neville) ini bergenre horor. Will bermain bersama Willow Smith, Alice Braga, dan Charlie Tahan. I am Legend disutradarai oleh Francis Lawrence dan dirilis pada tahun 2007.

Artikel terkait: 7 Fakta ‘Raya and the Last Dragon’, Film Putri Disney Pertama Asal Asia Tenggara

7. World War Z

9 Film Bertema Virus, Tontonan Seru di Masa Pandemi

Image: CNBC

Mantan suami Angelina Jolie, Brad Pitt, di film ini berperan sebagai Gerry Lane, mantan pegawai PBB. Dalam film besutan Marc Forster itu ia bermain bersama Mireille Enos, Daniellea Kertesz, Fana Mokoena dan Elyes Gabel.

Ceritanya, New Jersey, kota Gerry dan keluarganya tinggal, dikuasai oleh wabah zombie yang mematikan. Sambil berpacu dengan waktu untuk membawa keluarganya pergi dari sana, oleh salah seorang rekannya di PBB, Gerry dimintai bantuan untuk menguji coba vaksin.

Akhirnya bersama salah seorang ahli virus, ia terbang ke pangkalan militer AS yang ada di Korea Selatan, tempat yang diduga sebagai penyebaran pertama virus.

Film World War Z ini diangkat dari novel berjudul sama karya Max Brooks.

8. 76 Days

film bertema virus

Image: Martha’s Vineyard Film Society

Ini merupakan film dokumenter yang menceritakan tentang perjuangan tim medis di China melawan virus SARS-Cov-2, penyebab wabah pneumonia Wuhan, China. Ini sebelum WHO melabeli virus tersebut sebagai Covid-19.

Sejak virus pertama kali ditemukan pada Desember 2019, pada Januari 2020 pemerintah China langsung mengisolasi Wuhan, tempat tinggal bagi 11 juta penduduknya. Film ini menggambarkan bagaimana seluruh tenaga medis bekerja keras dengan pengetahuan yang sangat minim mengenai virus SARS-Cov-2.

76 Days rilis pada Desember 2020, kemudian tayang di Toronto International Film Festival 2020 14 September 2020. Film garapan Hao Wu, Weixi Chen, dan seorang anonimus ini dipersembahkan untuk para pekerja medis garis depan di seluruh dunia. Sekaligus mengingatkan seluruh umat manusia di dunia untuk tidak melupakan rasa sakit akan kehilangan orang-orang yang pergi karena Covid-19 dan masih berjuang melawan pandemi ini.

9. Virus

9 Film Bertema Virus, Tontonan Seru di Masa Pandemi

Image: CNBC Indonesia

Virus Nipah mewabah di Kerala, India. Satu per satu virus ini menginfeksi warga dan membunuh mereka. Tak hanya warga, tenaga medis pun kewalahan dan ikut menjadi korban.

Saat jumlah korban terus meningkat, Menteri Kesehatan India turut turun ke lapangan di daerah Kozhikode untuk membantu mengatasi krisis. Ada beberapa pihak yang berasumsi bahwa ini merupakan senjata biologis dari negara lawan.

Virus dibintangi oleh pemain ansambel Kunchacko Boban, Tovino Thomas, Asif Ali, Parvathy Thiruvotha, dan masih banyak lagi. Film ini diproduksi dengan menggunakan Bahasa Malayalam India dan disutradarai oleh Aashiq Abu. Pada Juni 2019 Virus dirilis ke seluruh dunia.

Itulah 9 film bertema virus yang bisa Anda tonton bersama keluarga di akhir pekan. Mungkin film-film jauh dari kesan menghibur, tapi setidaknya ada bisa belajar bagaimana saat menghadapi masalah yang sama. Selamat menonton!

Baca juga:

10 Film yang Menggambarkan Kehidupan Seorang Ibu, Seru Ditonton di Akhir Pekan

5 Rekomendasi Film Komedi yang Bisa Ditonton Bersama Keluarga, Seru!

11 Film kartun terbaik untuk anak pilihan theAsianparent

 

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *