9 Manfaat Push Up, Memperbaiki Postur Hingga Meningkatkan Massa Otot

  • Whatsapp
9 Manfaat Push Up, Memperbaiki Postur Hingga Meningkatkan Massa Otot
banner 468x60


Push up adalah salah satu olahraga yang sering dilakukan. Ketika masih bersekolah, biasanya ada materi yang mengajarkan push up. Olahraga ini sering dilakukan untuk melatih ketahanan fisik tentara, polisi, dan lainnya. Manfaat push up banyak sekali bagi tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Orang yang sering melakukan push up biasanya akan menghasilkan otot yang kencang serta meningkatkan daya tahan tubuh. Push up juga bisa memahami kekuatan tubuh seseorang.

Sayangnya, banyak perempuan yang belum memahami manfaat push up dan takut melakukan push up. Alasannya yaitu takut jika nanti lengannya menjadi terlalu kekar seperti laki-laki Padahal, membentuk otot yang besar dan kekar seperti lelaki tidak hanya cukup dengan push up.

Lantas apa saja manfaat push up? Berikut ini penjelasannya.

Artikel terkait: 5 Manfaat olahraga malam, salah satunya bikin tidur lebih nyenyak

9 Manfaat Push Up bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Kekuatan Fungsional Lewat Aktivasi Seluruh Tubuh

Ketika melakukan push up otot dalam tubuh akan terpanggil untuk melakukan gerakan. Kelompok otot utama seperti  trisep, deltoid anterior, bisep, dan otot inti serta kelompok otot tubuh bagian bawah diaktifkan untuk menopang tubuh sambil menstabilkan gerakan.

Banyaknya jumlah otot yang digunakan akan membentuk serta meningkatkan kekuatan fungsional seluruh tubuh. Itu berguna untuk melatih otot pada tubuh.

2. Peregangan Otot untuk Vitalitas dan Kesehatan

Manfaat push up salah satunya adalah peregangan otot yang diberikan oleh otot bisep dan punggung. Ketika seseorang menurunkan diri ke lantai, maka otot punggungnya secara efektif diregangkan, dan ketika mendorongnya ke posisi awal maka bisep akan meregang secara penuh.

3. Meningkatkan Sistem Kardiovaskular

Lantaran push up adalah gabungan latihan banyak otot pada tubuh, maka jantung akan bekerja dengan lebih terasa untuk mengirimkan darah yang kaya oksigen ke jaringan otot. Ini akan menghasilkan latihan kardiovaskular yang efektif sehingga mendukung kesehatan jantung serta pengurangan lemak tubuh.

Artikel terkait: Ingin suami tahan lama di ranjang? Lakukan 5 olahraga ini

4. Meningkatkan Massa Otot

9 Manfaat Push Up, Memperbaiki Postur hingga Meningkatkan Massa Otot

Semakin banyak massa otot yang digunakan ketika push up, maka akan lebih cepat memproduksi pelepasan hormon khusus yang disebut dengan HGH atau hormon pertumbuhan manusia. Hormon khusus ini untuk mendukung pertumbuhan alami seluruh tubuh. Namun seiring dengan pertambahan usia, pelepasan alami HGH akan menurun.

5. Melindungi Bahu dari Terjadinya Cedera

Push up standar telah terbukti menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk melindungi sendi bahu anda dari cedera, khususnya pada orang dewasa yang lebih tua.

Ini karena push up membutuhkan otot yang menstabilkan dan mengelilingi sendi manset rotator, area badan ini bisa diperkuat dan dikondisikan untuk gerakan dinamis. Dengan mendukung kekuatan serta kesehatan otot bahu sekunder dan primer, maka kemungkinan cedera yang melemahkan secara signifikan bisa menurun.

6. Manfaat Push Up Mampu Meningkatkan Testosteron

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gerakan sederhana dalam push up standar bisa meningkatkan produksi testosteron yang penting untuk tubuh yang sehat, baik pada perempuan ataupun laki-laki.

Selain itu, manfaat push up yaitu mendukung tulang menjadi lebih kuat dan lebih padat. Peningkatan kepadatan tulang bisa mencegah gangguan sistem kerangka yang melemahkan seperti osteoporosis.

Artikel terkait: 5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Bersama Anak

7. Memperbaiki Postur

9 Manfaat Push Up, Memperbaiki Postur hingga Meningkatkan Massa Otot

Manfaat push up yang lain yaitu memperbaiki postur tubuh seseorang. Ketika push up dilakukan dengan benar maka otot akan bertanggung jawab menopang postur diperkuat dan disetel dengan baik. Ketika melakukan push up secara teratur maka tubuh secara alami akan condong ke postur yang tepat. Inilah manfaat pasif push up yang paling berpengaruh.

8. Mencegah Cedera Punggung Bawah, Termasuk Manfaat Push Up

Push up berguna membuat gerakan seluruh tubuh menjadi lebih stabil. Dengan melakukan push up, maka tubuh yang rentan bisa lebih diperkuat.

Mengembangkan kekuatan pada bagian tubuh tertentu akan mengembangkan otot yang bisa mengurangi tekanan punggung bawah. Ini sangat penting untuk mengobati sekaligus mencegah cedera punggung bawah.

9. Lebih Hemat Waktu dan Tanpa Biaya

Biasanya seseorang tidak bisa melakukan olahraga karena kekurangan waktu akibat kesibukan. Dengan memilih olahraga push up, maka seseorang bisa melakukan latihan. Ini karena push up menggunakan seluruh otot dalam tubuh seseorang.

Aktivitas push up bisa dilakukan dalam waktu 5 sampai dengan 10 menit, tetapi bisa memberikan manfaat seperti olahraga pada seluruh tubuh.

Push up adalah olahraga yang melatih seluruh tubuh tanpa membutuhkan biaya yang banyak. Ini karena push up sama sekali tidak membutuhkan peralatan. Ketika melakukan push up maka kelompok otot mayor dan minor akan lelah.

Push up memberikan manfaat yang sama seperti latihan beban seluruh tubuh yang dilakukan di gym dengan alat yang mahal dan tidak praktis.

Itulah beberapa manfaat push up yang bisa dirasakan oleh penggiat olahraga.

Baca juga:

Parents, Lakukan Langkah ini untuk Dukung Bakat Olahraga Anak

7 Jenis olahraga sebaiknya dihindari saat hamil, ini bahayanya bagi janin

Olahraga setelah melahirkan, Ayo bergerak, Bun!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *