Adaptasi Pekerjaan Berkelanjutan Layanan dan Peran Data


Terdapat berbagai peran yang terlibat dalam mengelola, mengendalikan, dan menggunakan data.

Beberapa peran berorientasi pada bisnis, melibatkan lebih banyak rekayasa, fokus pada penelitian, dan beberapa lagi adalah peran hibrida yang menggabungkan berbagai aspek manajemen data.

Organisasi Anda mungkin mendefinisikan peran secara berbeda atau memberi mereka nama yang berbeda. Tetapi, peran yang dijelaskan dalam unit ini merangkum pembagian tugas dan tanggung jawab yang paling umum.

 

Pekerjaan Utama yang Menangani Data Organisasi

Tiga pekerjaan utama yang menangani data di sebagian besar organisasi adalah:

  1. Administrator basis data

    Mengelola database, memberikan izin kepada pengguna, menyimpan salinan cadangan data, dan memulihkan data jika terjadi kegagalan.
  2. Teknisi data

    Mengelola infrastruktur dan proses untuk integrasi data di seluruh organisasi, menerapkan rutinitas pembersihan data, mengidentifikasi aturan tata kelola data, dan menerapkan alur untuk mentransfer dan mengubah data antar sistem.
  3. Analis data

    Mengeksplorasi dan menganalisis data untuk membuat visualisasi dan bagan yang memungkinkan organisasi membuat keputusan yang tepat.

Ikon Administrator Basis Data

database administrator bertanggung jawab atas desain, penerapan, pemeliharaan, dan aspek operasional sistem basis data lokal dan berbasis awan. database administrator bertanggung jawab atas ketersediaan keseluruhan dan performa yang konsisten serta optimalisasi basis data.

Mereka bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk menerapkan kebijakan, alat, dan proses dengan tujuan pencadangan dan rencana pemulihan menyusul bencana alam atau kesalahan manusia.

database administrator juga bertanggung jawab untuk mengelola keamanan data dalam basis datamemberikan hak istimewa atas data, serta memberikan atau menolak akses ke pengguna menurut kebutuhan.

 

Teknisi Data

Ikon insinyur data adalah seorang teknisi data berkolaborasi dengan pemangku kepentingan untuk merancang dan menerapkan beban kerja terkait data, termasuk alur penyerapan data, aktivitas pembersihan dan transformasi, dan penyimpanan data untuk beban kerja analitis.

Teknisi data menggunakan berbagai teknologi platform data, termasuk database relasional dan non-relasional, penyimpanan mengajukandan aliran data.

Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa privasi data tetap dipertahankan dalam awanyang terentang dari server lokal hingga penyimpanan awan data. Teknisi data memiliki pengelolaan dan pemantauan alur data untuk memastikan bahwa beban data berjalan seperti yang diharapkan.

 

Data Analis

Data Analyst icon adalah seorang analis data memungkinkan bisnis untuk memaksimalkan nilai aset datanya.

Teknisi data bertanggung jawab untuk mengeksplorasi data untuk mengidentifikasi tren dan hubungan, merancang dan membangun model analitik, serta mengaktifkan kemampuan analitik tingkat lanjut melalui laporan dan visualisasi.

Peran pekerjaan mendefinisikan tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Di beberapa organisasi, orang yang sama mungkin melakukan banyak peran.

Jadi, dalam peran mereka sebagai administrator basis datamereka mungkin menyediakan basis data transaksional. Kemudian dalam peran mereka sebagai teknisi data, mereka mungkin membuat alur untuk mentransfer data dari basis data ke gudang data untuk analisis





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.