Amalkan, 4 Doa untuk Orang Sakit agar Segera Diberi Kesembuhan

  • Whatsapp
Amalkan, 4 Doa untuk Orang Sakit agar Segera Diberi Kesembuhan


Saat mendengar kabar sanak saudara dan rekan silih berganti jatuh sakit, tentunya kita menjadi sedih. Kita pun sangat ingin menjenguk, menghibur, dan memberi motivasi untuk kesembuhan mereka. Nah, kali ini theAsianparent akan mengulas serta ada-adab saat menjenguk serta doa untuk orang sakit.

Bacaan Lainnya

Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang menjenguk orang yang sedang sakit, dia senantiasa berada pada khurfah (kebun) di surga, hingga dia kembali ke rumahnya.” (HR. Muslim, Ahmad, dan At-Tirmidzi)

Saat ingin menjenguk orang sakit di masa pandemi, tetap menerapkan protokol kesehatan yah Parents. Yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan menjenguk secara bergantian untuk menghindari kerumunan.

Adab menjenguk Orang Sakit 

1. Memberikan Semangat 

Berikan semangat agar dia tetap berpikir positif dan berusaha agar bisa sembuh dari penyakitnya. Ketika Rasulullah menjenguk seorang badui yang menderita demam, Rasulullah SAW berkata:

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ
La’ba’sa thahurun insy’allahu

Artinya: “Tidak apa-apa, semoga suci dengan kehendak Allah.” (HR. Bukhari dan Ibnu Abbas)

2. Membawa Buah Tangan 

Sebaiknya Parents membawakan buah tangan agar hatinya senang. Dengan memberikan hadiah juga dapat mempererat persaudaraan, sebagaimana Rasulullah bersabda:

Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari)

3. Memberikan yang Diinginkan

doa untuk orang sakit

Hal ini pernah ditunjukkan oleh Rasulullah ketika menjenguk seorang lelaki kemudian beliau berkata “Apakah engkau menginginkan sesuatu? Mau kue?” lelaki itu menjawab “Ya.” Rasulullah SAW pun mencarikan kue untuknya.

Artikel terkait: Doa untuk Orang Tua yang Sedang Sakit, Wajib Dicatat!

4. Menunjukkan Kepedulian kepada Orang Sakit

Menunjukkan kepedulian pada kondisi orang sakit dengan menanyakan tentang perkembangan kesehatannya. 

Dari Ibn Sinni, Rasulullah bersabda, “Di antara kesempurnaan menjenguk adalah engkau meletakkan tangannya pada bagian tubuh orang yang sakit sambil bertanya, “Bagaimana keadaanmu pagi ini atau sore ini ?”

5. Melarangnya Berharap Kematian

Orang yang sakit biasanya akan merasa putus asa sehingga lebih mengharapkan kematian datang menjemput. Namun sebaiknya Parents berikan nasihat untuk tidak menyerah dan berharap pada kematian. 

Amalkan, 4 Doa untuk Orang Sakit agar Segera Diberi Kesembuhan

Sebagaimana yang ditunjukkan Rasulullah SAW ketika mengunjungi pamannya.

Wahai paman! Janganlah engkau mengharap kematian. Sebab bila selama ini engkau berbuat baik, kemudian (umurmu) ditangguhkan, maka itu adalah kebaikan yang ditambahkan kepada kebaikanmu dulu, dan itu baik bagimu. Bila selama ini engkau berbuat tidak baik, kemudian (umurmu) ditangguhkan, lalu engkau diberi kesempa- tan untuk bertaubat dari kesalahanmu, maka itu pun baik pula bagimu. Maka janganlah engkau mengharap kematian.” (HR. Ahmad dan Hakim)

6. Mendoakannya

Ketika kita menjenguk orang sakit, maka doakanlah kesembuhan baginya agar ia dapat segera kembali beraktivitas. Pada masa Pandemi Covid-19 ini, penjenguk di Klinik, Puskesmas dan Rumah Sakit pun dibatasi. Meskipun tidak bisa menjenguk orang sakit, Parents bisa mendoakannya dari rumah. 

Artikel terkait: Bacaan Doa Saat Sakit yang Diajarkan  Rasulullah agar Diberi Kesembuhan

4 Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh

1. Doa Pertama untuk Orang Sakit

doa untuk orang sakit

Sebagaimana dilansir dalam situs NU online, dari Aisyah RA doa memohon kesembuhan untuk orang sakit yang dibaca Rasulullah SAW untuk keluarganya yaitu:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Artinya : Tuhanku, Tuhan Manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Engkau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Doa untuk Orang Sakit, Dibaca 7 Kali

doa untuk orang sakit

Rasulullah SAW menganjurkan membaca doa berikut sebanyak 7 kali untuk orang yang sakit yaitu:

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Artikel terkait: 7 Penyebab yang Kerap Membuat Anak Sakit Kepala, Parents Wajib Tahu!

3. Doa Ketiga untuk Orang Sakit

Amalkan, 4 Doa untuk Orang Sakit agar Segera Diberi Kesembuhan

Adapun diriwayatkan saat menjenguk Sa’ad bin Waqqash, Rasulullah SAW mendoakan kesembuhannya dengan menyebut namanya. Kita bisa mengganti nama Sa’ad dengan nama orang sakit yang ingin kita doakan.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Artinya : “ Tuhanku, sembuhkanlah Sa’ad. Tuhanku sembuhkanlah Sa’ad. Tuhanku sembuhkanlah Sa’ad.” (HR. Muslim)

4. Doa Keempat untuk Orang Sakit

doa untuk orang sakit

Sebagaimana riwayat Ibnu Sunni, Ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA, Rasulullah membaca doa berikut ini. 

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Artinya : “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

Nah Parents, itu tadi adab menjenguk orang sakit dan doa yang bisa kita panjatkan untuk orang yang sakit. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga:

Saat anak rewel, bacakan doa ini untuk menenangkannya

4 Doa untuk Suami yang Bekerja di Tempat Jauh agar Lapang Rezeki

Doa untuk Orang Meninggal Dunia Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *