Anak Alami Gejala Covid-19, Perlukah Dirawat Inap? : Okezone Lifestyle

  • Whatsapp
Anak Alami Gejala Covid-19, Perlukah Dirawat Inap? : Okezone Lifestyle


BERDASARKAN laporan yang dikeluarkan Satgas Covid-19, anak Indonesia usia 0 hingga 18 tahun yang meninggal karena covid-19 sudah mencapai 572 orang. Oleh karena itu, para orangtua diminta selalu tanggap dan waspada terhadap gejala covid-19 yang muncul pada anak-anak.

Seperti diketahui, gejala covid-19 pada anak cenderung sama seperti orang dewasa. Tapi sebagian besar gejala covid-19 yang terjadi pada anak adalah ringan hingga sedang. Alhasil, kondisi ini kerap membuat orangtua ragu, apakah anak harus berobat jalan atau rawat inap di rumah sakit jika mengalami gejala covid-19.

Baca juga: Jangan Sepelekan Covid-19 pada Anak, IDAI Ungkap Risiko Terbesarnya

Konsultan respirologi anak dari Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Nastiti Kaswandani SpA(K) menjelaskan bahwa untuk menentukan apakah anak berobat jalan atau rawat inap, maka harus dibawa terlebih dulu ke rumah sakit.

“Nanti dokter akan menentukan apakah harus dirawat atau tidak. Biasanya akan rawat inap jika gejalanya sedang. Tapi kalau gejalanya ringan dan tanpa gejala, bisa menjalani perawatan di rumah dan isolasi mandiri di rumah,” terang dr Nastiti saat dihubungi Portal MNC, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Waspada, Anak Bisa Jadi Sumber Penularan Covid-19 ke Orang Terdekat

Meski demikian, ada pula kasus yang gejalanya ringan tapi tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Misalnya, ruangan rumahnya terbatas atau terdapat banyak orang berisiko tinggi di lingkungan tempat tinggalnya.

“Dalam kasus ini, jika rumah sakit memiliki fasilitas isolasi mandiri, maka anak akan diisolasi di rumah sakit sambil menunggu ia menjadi negatif,” tuntasnya.

(mereka punya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *