Asuransi sebagai Ketenangan Diri untuk Sekarang dan Mendatang


Asuransi memiliki manfaat yang besar untuk kehidupan finansial seseorang. Akan tetapi, masih banyak seseorang yang menganggap bahwa asuransi hanya buang-buang uang dan tak memberikan banyak manfaat.

Hal tersebut adalah salah. Kita ketahui bahwasanya di dalam kehidupan akan memiliki biaya hidup, baik untuk kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.

Dengan adanya asuransi, tentu dapat mengurangi beban tersebut karena menjadi perlindungan diri terhadap segala resiko yang bisa saja terjadi. Asuransi adalah bentuk perjanjian antara yang tertanggung dan penanggung.

Tertanggung adalah orang yang harus membayar iuran kepada penanggung dengan tujuan memperoleh ganti rugi atas risiko finansial yang mungkin saja terjadi. Penanggung merupakan perusahaan asuransi yang mengelolah keuangan dari iuran yang dibayarkan seseorang.

Di dalam setiap unsur utama asuransi ada polis, premi, dan klaim asuransi. Dapat diketahui bahwasanya polis adalah dokumen yang menyatakan perjanjian antara kedua pihak, isinya berisikan manfaat, jumlah premi, risiko, dan lain sebagainya.

Sedangkan premi merupakan iuran atau pembayaran yang wajib nasabah bayar dengan jangka waktu sesuai kesepakatan. Klaim asuransi merupakan pengajuan resmi kepada perusahaan saat terjadi risiko, yang mana telah tertulis di dalam polis.

Apabila seseorang tertanggung mengalami musibah meninggal dan ia telah mengasuransikan jiwanya, maka asuransi dapat meringankan beban.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurus Asuransi Kerabat yang Telah Meninggal Dunia? Yuk, Simak Penjelasannya di Sini

 

Jenis-Jenis Asuransi

Dalam asuransi terdapat jenis-jenis di dalamnya, yang mana sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing:

  1. Asuransi Kesehatan

    Asuransi ini menangani masalah yang berkaitan dengan kesehatan, seperti dalam pengobatan, perawatan, biaya operasi, biaya rawat inap, dan lain sebagainya tergantung fasilitas apa yang akan didapatkan.
  2. Asuransi Jiwa

    Merupakan asuransi dengan menangani resiko pada kematian sehingga dapat meimiliki asuransi pada dirinya sendiri atau orang lain.
  3. Asuransi Pendidikan

    Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap biaya pendidikan untuk masa depan untuk investasi atau tabungan pendidikan yang dapat diambil jika terkeumpul dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan nantinya.

Baca Juga: Perlukah Asuransi untuk Pembelian Smartphone?

Seperti itulah, pembahasan akan asuransi yang penting dimiliki oleh seseorang untuk mengurangi resiko dalam kehidupannya. Oleh karena itu, segera daftarkan diri anda ke program asuransi sekarang juga.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.