Bacaan Doa Hari ke-29 Ramadan Beserta Keutamaannya yang Bisa Diraih Umat Muslim

  • Whatsapp
Bacaan Doa Hari ke-29 Ramadan Beserta Keutamaannya yang Bisa Diraih Umat Muslim


Perpisahan dengan bulan Ramadan sudah di depan mata. Bagaimana perasaan Parents ketika memasuki akhir bulan suci ini? Meski segera berakhir, kita masih bisa manfaatkan sisa hari di bulan penuh rahmat ini dengan semakin memperbanyak amalan ibadah kita, termasuk membaca doa Ramadan hari ke-29.

Bacaan Lainnya

Lebaran atau Idul Fitri sebentar lagi akan datang. Setelah sebulan penuh berjuang melawan hawa nafsu, haus, dan lapar, akan tiba hari kemenangan. Selama bulan Ramadan belum benar-benar berakhir, ada baiknya untuk terus mencari pahala sebanyak-banyaknya karena hanya di bulan ini pahala yang kita dapat akan dilipatgandakan.

Artikel Terkait: 3 Waktu Mustajab Terkabulnya Doa Saat Ramadan, Jangan Sampai Terlewat!

Doa Ramadan Hari ke-29, Meminta Perlindungan dari Allah SWT

Bulan Ramadan adalah waktunya kita memperbanyak ibadah dan memperkuat iman serta ketakwaan. Setiap hari di bulan Ramadan kita dianjurkan untuk membaca satu doa yang memiliki keutamaan istimewa.

Di hari ke-29 ini, bagimana bacaan doa yang harus diamalkan?

اَللَّهُمَّ غَشِّنِيْ فِيْهِ بِالرَّحْمَةِ وَ ارْزُقْنِيْ فِيْهِ التَّوْفِيْقَ وَ الْعِصْمَةَ وَ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنْ غَيَاهِبِ التُّهَمَةِ يَا رَحِيْمًا بِعِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

“Allaahumma ghasysyinii fiihi birrahmati warzuqnii fiihit tawfiiqa wal ‘ismata wa thahhir qalbii min ghayaahibit tuhmati yaa rahiiman bi’ibaadihil mukminiin.”

Artinya: ”Ya Allah, lingkupilah aku di bulan ini dengan rahmat-Mu, anugrahilah aku taufik dan penjagaan-Mu. Sucikanlah hatiku dari benih-benih fitnah/kebencian, Wahai yang Maha Pengasih terhadap hamba-hamba-Nya yang beriman.”

Dalam Asmaul Husna, Allah SWT memiliki nama Al-Hafidz, yakni Yang Maha Menjaga. Makna dari nama tersebut adalah Allah menjaga langit agar tidak runtuh, menjaga bumi agar tidak berguncang, agar manusia dan makhluk-makhluk lainnya dapat hidup dengan baik.

فَاللّٰهُ خَيْرٌ حٰفِظًا وَّهُوَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ

“…fallāhu khairun ḥāfiẓaw wa huwa ar-ḥamur-rāḥimīn”

Artinya: “Maka Allah adalah penjaga yang terbaik dan Dia Maha Penyayang di antara para penyayang.” (QS. Yusuf: 64)

Bacaan Doa Hari ke-29 Ramadan Beserta Keutamaannya yang Bisa Diraih Umat Muslim

Artikel Terkait: 11 Doa di Bulan Ramadan yang Dianjurkan Rasulullah, Yuk, Ajarkan pada Si Kecil

Allah SWT pula yang menjaga para hamba-Nya dari kebinasaan, hal-hal buruk yang dapat menimpa manusia dan membinasakannya.

Tak sebatas itu, mengutip dari Asmaul Husna Center, Allah yang menjaga amalan setiap manusia dengan mencatat seluruh amalan yang ia lakukan. Baik amalan dari anggota badan, lisan, maupun niat yang ada di dalam hati.

Kepada para Rasul-Nya, wali-Nya, dan hamba-Nya yang taat serta dekat kepada-Nya, Allah SWT akan menjaga mereka dari berbagai bibit dosa dan maksiat, serta menjaga mereka dari perangkap syaitan sehingga terhindar dari godaannya, seperti firman-Nya dalam Al-Quran.

وَحِفْظًا مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ مَارِدٍ

“Wa ḥifẓam ming kulli syaiṭānim mārid”

“Dan telah memeliharanya (sebenar-benarnya) dari Setiap syaitan yang sangat durhaka.” (QS. As-Shaffat: 7)

Oleh karena itu, jika kita merasa terancam atau tidak aman, mintalah penjagaan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Keutamaan Hari ke-29 Bulan Ramadan

doa ramadan hari ke 29

Hari ke-29 adalah hari ganjil yang terakhir di bulan Ramadan. Siapa sangka, meski berada di penghujung bulan suci, hari ke-29 memiliki banyak keutamaan tersendiri. Salah satunya, barangsiapa yang menunaikan shalat Tarawih pada malam ke-29 akan mendapatkan pahala berlipat ganda.

Menurut hadis, dari Ali bin Abi Thalib RA, ia berkata bahwa ketika Rasulullah ditanya mengenai keutamaan Tarawih di bulan Ramadan beliau menjawab bahwa malam ke-29 adalah malam yang istimewa.

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa pada malam ke-29 Allah SWT akan memberikan pahala bagi orang mukmin yang shalat Tarawih sebanyak pahala 1.000 haji makbul.

Bacaan Doa Hari ke-29 Ramadan Beserta Keutamaannya yang Bisa Diraih Umat Muslim

Artikel Terkait: 7 Doa Memohon Ampunan, Jangan Lupa Amalkan di Bulan Ramadan

Sedangkan diambil dari kitab Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah yang ditulis oleh Syeikh Muhammad bin Ali bin Husein bin Musa bin Babawayh Al-Qumi mengatakan, ada keutamaan lain di hari ke-29 puasa.

Allah SWT akan memberikan beribu-ribu kediaman, dan di setiap kediaman terdapat menara putih, di setiap menara terdapat tempat tidur dari kafur putih dilengkapi dengan seribu permadani dari sutera hijau. Di setiap permadani disiapkan bidadari yang dihiasi dengan tujuh puluh ribu hiasan, di kepalanya seribu hiasan dari permata.

Hanya satu hari saja dari satu bulan Ramadan memiliki keutamaan yang begitu luar biasa dan istimewa. Apalagi jika kita menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya selama satu bulan penuh, tentu ada banyak sekali keutamaan dan pahala yang didapatkan.

Itulah doa dan keutamaan hari ke-29 bulan Ramadan. Semoga bisa menjadi manfaat bagi Parents sekalian.

Baca Juga:

Perbanyak Amalan Ramadan, Ini Bacaan Doa Qunut Subuh dan Manfaatnya

Panjatkan 6 Doa Ini Setiap Hari, Insyaallah Hidup Diliputi Keberuntungan

Perlu tahu! Ini Doa dan Amalan di Malam Lailatul Qadar yang bisa dilakukan

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *