Connect with us

Published

on


Suara-Pembaruan.com – Di tengah kondisi perekonomian global yang masih menantang karena pandemi Covid-19, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyiapkan sejumlah strategi yang dapat membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Tanah Air untuk bertahan dan segera bangkit.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, selain telah melakukan restrukturisasi kredit, Perseroan juga membantu pelaku UMKM Indonesia untuk mengubah model bisnisnya agar berbasis digital (go digital).

“Nomor satu yang kita bantu pasti yang terdampak pandemi Covid-19. Kemudian kita bantu restrukturisasi kredit dan memberikan modal tambahan untuk mengembangkan bisnis mereka. Setelah itu, kita ubah basis model bisnisnya untuk jadi platform digital sehingga bisnisnya bisa lebih efisien,” tutur Royke di Jakarta, minggu lalu.

Dia menambahkan, di masa pandemi ini, Perseroan fokus membantu UMKM binaan BNI bertransformasi menjadi pelaku usaha yang berbasiskan digital.

BNI juga mendorong para pelaku UMKM binaan agar dapat memanfaatkan secara optimal jaringan global yang dimiliki perusahaan, terutama untuk memperluas pasar dengan berorientasi kepada bisnis ekspor.

“Pertama, kita mau UMKM ini agar go digital, jadi nanti kita mau ambil ini dari nasabah korporasi, kemudian kita kembangkan ke luar negeri dengan chanel-chanel milik kita,” jelas Royke.

Pihaknya mengungkapkan, BNI sebagai bank milik negara siap mendukung kesuksesan program pemerintah diantaranya Program  Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat adanya pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Perseroan akan membantu penuh pengusaha Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya ke mancanegara dan mendukung pembiayaan segmen UMKM diaspora di luar negeri.

“Dengan tren cost suku bunga rendah, kita dorong eksportir UMKM ini untuk makin tumbuh dan bersaing supaya ekonomi juga lebih cepat pulih. Bagaimana kita punya jaringan global sehingga UMKM bisa memakai jaringan yang kita miliki untuk ekspor dan go digital,” tutup Royke.

.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mitra Binaan & CSR

Bank Mandiri Salurkan Bantuan 115 Juta Korban Gempa Malang

Published

on

By


Suara-Pembaruan.com – Bank Mandiri menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana gempa di Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur, baik melalui Yayasan Mandiri Amal Insani maupun secara langsung kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada Senin. Secara total, nilai bantuan kemanusiaan yang disalurkan Bank Mandiri untuk korban gempa di Malang dan Lumajang sekitar Rp115 juta.

Adapun bantuan yang diberikan berupa santunan untuk perbaikan rumah dalam masa tanggap darurat dan sembako, pakaian orang dewasa, baju hangat, pakaian anak dan balita, perlengkapan bayi seperti pampers, minyak angin, dan bedak. Selain itu, ada juga obat obatan dan tenaga kesehatan.

Hal ini diungkapkan oleh Regional CEO Bank Mandiri wilayah Jawa Timur I Gede Raka Arimbhawa saat penyerahan bantuan yang dilakukan Pimpinan Cabang Bank Mandiri Lumajang dan Ketua Satgas BUMN Jatim yang diterima Bupati Lumajang Thoriqul Haq dengan disaksikan Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Lumajang, Senin, 12 April 2021.

“Ini baru tahap awal. Ke depan, kami sedang menyiapkan bantuan tahap berikutnya yang akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat, khususnya yang berada posko pengungsian,” katanya.

Menurutnya, aksi kemanusiaan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial perusahaan menyusul terjadinya bencana gempa bumi 6,1 magnitudo pada Sabtu, 10 April 2021, yang telah merusak ratusan bangunan, termasuk rumah penduduk dan fasilitas umum, yang diikuti penetapan status tanggap darurat bencana.

Ia menambahkan, “mengingat kondisi yang terjadi saat ini, maka bantuan yang kami salurkan ini lebih difokuskan pada kebutuhan pokok dulu agar bisa langsung digunakan.”

Selain di Malang, Bank Mandiri juga terus menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana banjir bandang dan badai siklon tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur yang terjadi pada 5 April 2021, serta menyebabkan korban jiwa dan kerugian material.

Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha, pihaknya menyewa satu unit helikopter untuk mengirimkan bantuan ke daerah terdampak di kepulauan yang sulit dijangkau dengan transportasi darat maupun laut.

“Kami juga bekerja sama dengan Kementerian BUMN melalui satgas BUMN provinsi dalam penyaluran bantuan di lokasi bencana. Sinergi ini diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan penyerahan bantuan agar dapat tersebar merata ke seluruh wilayah terdampak,” katanya.

Hingga akhir pekan lalu, Bank Mandiri telah menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa sembako, tenda, selimut, tikar, dan bantuan lainnya senilai hampir Rp1 miliar ke pos-pos pengungsian di Kupang, Kefamenamu, Malaka, Waingapu, Bima, Sobe Pulau Alor, Pulau Sabu, dan Pulau Rote. (red/pen)



Continue Reading

Alfamart

NU Care Gelar Operasi Katarak dan Khitan Gratis Hasil Donasi

Published

on

By




Suara-Pembaruan.com – Mustafa, seorang pemuda berusia 24 tahun menunggu bapaknya yang sedang menjalani operasi katarak di klinik Asshomadiyah Medicare Centre, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Adalah Warsidi (65), bapak dari Mustafa, seorang buruh harian lepas yang mengikuti kegiatan operasi katarak gratis, yang digelar oleh NU Care-LAZISNU dari hasil donasi konsumen Alfamart, pada Sabtu (10/04/2021).

“Saya dan bapak asli sini, Cipayung. Sebelumnya bapak juga kontrol di sini (klinik Asshomadiyah). Bapak kurang lebih sudah tiga tahun (menderita) katarak. Dan alhamdulillah hari ini bapak bisa mengikuti operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh pihak NU dan Alfamart. Saya berterima kasih banyak,” ucap Mustafa.

Sementara itu, Cicih Sukaesih (52), yang juga tengah menemani ibunya menjalani operasi mengungkapkan bahwa dirinya membutuhkan biaya Rp 7 juta jika harus melakukan operasi katarak untuk ibunya di rumah sakit.

“Ibu saya Bu Ami dari Karawang. Usianya 68 tahun. Sudah dua kali kontrol di rumah sakit di Karawang, dan saat itu dinyatakan positif katarak. Dan kalau operasi di rumah sakit biayanya 7 juta rupiah. Alhamdulillah, di sini mendapatkan izin untuk operasi gratis. Alhamdulillah kebantu banget. Terima kasih kepada NU, Alfamart, mudah-mudahan barokah, bermanfaat untuk kami semua,” ungkap Cicih.

Penanggungjawab program kerjasama NU Care-LAZISNU dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), Nur Hasan, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan implementasi program dari hasil penggalangan donasi di kasir Alfamart pada bulan Januari sampai Februari 2021.

“Hari ini NU Care bekerjasama dengan Alfamart dan klinik Asshomadiyah mengadakan operasi katarak gratis yang diikuti oleh puluhan orang dan berjalan dengan lancar,” kata Hasan di kantor NU Care-LAZISNU, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, lanjut Hasan, NU Care-LAZISNU dan Alfamart pun mengadakan khitan gratis di klinik Asshomadiyah Medicare Centre untuk 100 anak, yang dilakukan secara bertahap.

“Setiap harinya ada 10 anak yang dikhitan, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. Selain operasi katarak dan khitan gratis, NU Care-LAZISNU dan Alfamart pun telah mengimplementasikan program dalam bentuk bantuan dana pendidikan, penyaluran sembako untuk duafa, dan juga layanan ambulans,” terangnya.

Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman, berharap bahwa kerjasama yang terjalin antara NU Care-LAZISNU dengan Alfamart dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat.

Alhamdulillah, hasil kerjasama kami dari Alfamart dengan LAZISNU dalam program penghimpunan donasi konsumen Alfamart pada bulan Januari sampai Februari 2021, telah tersalurkan kembali kepada masyarakat, melalui LAZISNU,” ucap Rachman, via pesan WhatsApp.

Selanjutnya dari pihak Asshomadiyah Medicare Centre, dr Wan Nedra, mengatakan bahwa pihaknya sebagai pelaksana dan jejaring dari NU Care-LAZISNU aktif dalam kegiatan sosial.

“Kami banyak bekerjasama dengan LAZISNU sebelum ini. Jadi terima kasih sudah menghimpun kegiatan dan bekerjasama dengan Asshomadiyah. Terima kasih kepada LAZISNU, Pak Said Aqil Siroj, di bawah periode beliau, LAZISNU sangat berkembang dan yang jelas profesional dengan beragam aktivitas untuk masyarakat, kemudian dapat membantu kebutuhan masyarakat saat ini. Terima kasih juga kepada Alfamart, dana yang dikumpulkan sampai ke masyarakat melalui program-program yang sudah disusun oleh LAZISNU,” tuturnya. (Wahyu)


Photo Credit : Operasi katarak di klinik Asshomadiyah Medicare Centre, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.FILE/doc.Ist. NU Care Lazisnu


 

Latest posts by Fajri Setiawan (see all)



Continue Reading

Mitra Binaan & CSR

Ketua TP PKK Kota Medan Serahkan Perlengkapan Belajar dan KIA Pada 31 Murid PAUD di Kelurahan Kemenangan Tani

Published

on

By


Suara-Pembaruan.com – Sebanyak 31 murid PAUD di Kelurahan Kemenangan Tani, Kecamatan Medan Tuntungan mendapatkan bantuan perlengkapan belajar dan makanan tambahan dari Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution. Bantuan ini diserahkan kepada anak – anak PAUD di kantor Kelurahan Kemenangan Tani, Senin (29/3).

Bantuan perlengkapan belajar yang merupakan program kerjasama Pemko Medan dan YSKI ini diharapkan dapat bermanfaat bagi anak-anak PAUD dalam proses belajar dan bermain. Sedangkan makanan tambahan berupa susu, telur dan vitamin dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Medan yang hadir didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan, Ny. Shaula Arindianti Aulia Rachman dan Wakil Ketua II, Ny. Ismiralda Wiriya Alrahman juga memberikan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akte Lahir. Diharapkan KIA ini dapat bermanfaat sebagai identitas pengenal anak.

“Saya sangat senang hari ini dapat bertemu langsung dengan anak – anak PAUD dan memberikan perlengkapan belajar serta KIA untuk mereka. Saya berharap mereka menjadi generasi cerdas bangsa Indonesia khususnya Kota Medan”, kata Ketua TP PKK Kota Medan.

Kehadiran Ketua TP PKK Kota Medan bersama rombongan ini disambut dengan tarian etnis Karo yang dibawakan oleh anak – anak PAUD Kelurahan Kemenangan Tani. Kemampuan mereka dalam menari membuat Kahiyang Ayu tersenyum dan memberikan apresiasinya.

Selanjutnya dalam kesempatan itu juga Ketua TP PKK Kota Medan memberikan bantuan sembako untuk guru PAUD, yang merupakan bantuan dari Kecamatan Medan Tuntungan. Diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat bagi memenuhi kebutuhan ditengah Pandemi Covid-19.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Ketahanan Pangan, Emilia Lubis, Kadis P3APM, Khairunisa Mozasa, Sekretaris Disdukcapil, Sri Maharani dan Camat Medan Tuntungan, Topan Ginting serta Ketua TP PKK Kecamatan Medan Tuntungan, Isabella Pencawan.



Continue Reading

Headline

Headline4 jam ago

Skill Langka yang Paling Dicari oleh Perusahaan Ternama di 2021 | Suara-Pembaruan.com

unsplash.com Sudah serba daring, banyak orang yang kini mulai terjun ke dunia bisnis. Banyaknya kegiatan yang beralih dari sistem offline...

Headline8 jam ago

Rahasia Membuat Kue Lamington yang Gurih dan Manisnya Pas | Suara-Pembaruan.com

www.instagram.com Pernah dengar istilah Lamington, dong? Kue ini beberapa tahun lalu sempat diadopsi salah satu selebriti yang membuka usaha oleh-oleh...

Headline1 hari ago

Tips Tampil Stylish dengan Belted Cullotes yang Kekinian | Suara-Pembaruan.com

www.marieclaire.com Tampil dengan jeans setiap hari mungkin akan membuat pemakai setianya bosan. Bagaimana kalau sesekali kamu mencoba belted cullotes yang tak...

Headline1 hari ago

Cara Membuat Chicken Schnitzel dengan Salad Sebagai Menu Makan Siang Baru | Suara-Pembaruan.com

unsplash.com Bingung mau bekal makan siang apa buat besok? Coba sisihkan nasi dan tempemu sejenak. Coba panganan ala Barat bernama...

Headline2 hari ago

Cara Menarik Tampilan Fashion yang Kontroversial

Dobel demin adalah tampilan fashion yang cukup kontroversial. Pasalnya penampilan ini terkenal memecah belah secara agresif masuk dan keluar dari...

Headline3 hari ago

Tempat Berburu Kerajinan Tangan di Yogyakarta

Tak hanya dianugerahi pesona alam, Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang akrab disebut Jogja juga menyimpan banyak potensi karya kerajinan tangan...

Headline3 hari ago

Menciptakan Cinta Abadi, Menurut Orang Yunani Kuno

Semua orang ingin menemukan jenis cinta yang bertahan lama. Faktanya, orang Yunani Kuno mengidentifikasi delapan jenis cinta yang berbeda. Dan,...

Headline3 hari ago

NU Care Gelar Khitanan dan Operasi Katarak Gratis Hasil Donasi Konsumen Alfamart

Suara-Pembaruan.com, Mustafa, seorang pemuda berusia 24 tahun menunggu bapaknya yang sedang menjalani operasi katarak di klinik Asshomadiyah Medicare Centre, Kelurahan...

Headline3 hari ago

Bagaimana Jenggot Pria Bisa Mengubah Gaya

Fakta tak terbantahkan bahwa jenggot membuat pria lebih menarik. Apalagi, banyak pria yang disurvei menjawab bahwa mereka merasa lebih tampan...

Headline4 hari ago

Terobosan Digital, Solusi Jitu UMKM Go Global

Pandemi Covid 19 ternyata juga membawa dampak positif bagi UMKM Indonesia. Bagaimana tidak, melalui sentuhan teknologi digital dan komunikasi mampu...

Trending

Copyright © 2021 Suara-Pembaruan.com | Kerjasama dan kolaborasi silahkan email: pimpinanmedia@gmail.com. Hotline 0817-21-7070