Banyak Untung, Ini Syarat Monetisasi Youtube


Banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet seiring dengan berkembangnya teknologi. Salah satunya lewat Youtube dengan proses monetisasi. Apa syarat monetisasi youtube?

Saat ini orang-orang sudah semakin kreatif dalam mencari aktivitas yang dapat menghasilkan uang. Dengan berkembangnya teknologi yang melahirkan berbagai media sosial dan aplikasi lain, mendapatkan uang bisa melalui cara-cara yang kreatif.

Salah satu kanal yang sering digunakan untuk mencari penghasilan tambahan adalah youtube karena cukup mudah digunakan. Youtube adalah media sosial yang fokus utamanya sebagai tempat berbagi dalam bentuk video.

Pertama kali youtube diluncurkan pada tahun 2005 oleh Steve Chen, Chad Hurley, and Jawed Karim. Youtube berada di bawah kepemilikan Google.

Kini orang-orang banyak yang menggunakan youtube sebagai lahan mencari penghasilan dengan monetisasi kanal youtube mereka.

 

Monetisasi Youtube


Baca Juga: Pengangguran? Buat YouTube Jadi Sumber Penghasilan!

Suksesnya orang-orang yang fokus membagikan konten di youtube membuat banyak orang tergiur menjajal youtube untuk menambah penghasilan. Bahkan muncul sebutan baru yaitu youtuber.

Saking berpengaruhnya, anak usia TK hingga SD sampai ingin bercita-cita menjadi youtuber karena citra yang dikenal publik mengenai youtuber adalah bergelimang harta dengan cara yang mudah.

Itu semua karena monetisasi kanal youtube yang telah mereka buat. Monetisasi youtube adalah serangkaian cara yang digunakan untuk mengkonversi performa video dalam suatu kanal menjadi sumber penghasilan dalam bentuk mata uang tertentu.

Dalam youtube, proses monetisasi ada dalam Program Partner Youtube (YPP). Kreator atau orang yang membuka kanal harus mendaftar dulu dalam YPP dan menunggu persetujuan dari youtuber.

Setelah mendapat persetujuan, baru kreator bisa melanjutkan monetisasi youtube sesuai dengan ketentuan atau kebijakan dan syarat dari youtube.

 

Syarat Monetisasi Youtube

Lolos atau mendapat persetujuan dalam program partner youtube bukan berarti kreator bisa langsung mendapatkan penghasilan dari kanal youtubenya.

Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi dahulu. Berikut adalah syarat monetisasi youtube.

 

1. Tinggal di Wilayah yang Tersedia

Saat ini youtube memiliki kebijakan tersendiri mengenai wilayah yang dijangkau oleh Program Partner Youtube (YPP). Tidak semua wilayah dapat mengikuti YPP.

Contohnya adalah Rusia, dengan berlangsungnya perang antara Rusia dan Ukraina youtube mengambil kebijakan untuk menjeda YPP di Rusia.

Sehingga semua kreator yang berada di wilayah Rusia untuk sementara tidak bisa melakukan monetisasi pada kanal youtubenya.

 

2. 4.000 Jam Waktu Tonton Publik

Syarat untuk melakukan monetisasi youtube selanjutnya adalah sudah memenuhi 4.000 jam waktu tonton publik yang valid dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

4.000 jam waktu tonton publik berarti video yang diunggah sudah ditonton selama 4.000 jam atau penayangannya sudah mencapai angka tersebut.

Ini berlaku untuk video panjang yang diunggah, bukan video pendek atau video pendek youtube.

Baca Juga: Prioritaskan Content Creator, YouTube Resmi Sembunyikan Jumlah Dislike


3. Lebih Dari 1.000 Subscriber

Jika di media sosial lain pengikut disebut followers, maka di youtube pengikut diberi sebutan subscriber. Orang-orang ini adalah yang menekan tombol untuk mengikuti kanal yang telah dibuat seseorang.

Mendapatkan 1.000 subscriber sebagai syarat monetisasi bukanlah hal yang terlalu sulit karena ada banyak sekali akun di youtube.

Kuncinya adalah membuat konten yang menarik sehingga memancing orang-orang untuk melihat dan mengikuti kanal youtube tersebut.

 

4. Memiliki Akun AdSense

Syarat yang terakhir adalah memiliki akun AdSense karena tujuan monetisasi untuk menambah penghasilan maka harus ada saluran untuk menampungnya.

Akun AdSense akan digunakan untuk menerima pembayaran dari youtube hasil konversi dari konten video yang mendapat banyak viewers dan iklan yang disematkan pada video tersebut.

Mau tulisanmu dimuat juga di Suara-Pembaruan.com? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *