‘Batu Sentuhan Budaya.’ Penulis Jason Reynolds Mengingat Ilustrator Ikon Jerry Pinkney – Majalah Time.com

  • Whatsapp


Ilustrator buku anak-anak Jerry Pinkney, yang meninggal pada 20 Oktober pada usia 81 tahun, merupakan batu ujian budaya. Apakah dia sedang mengilustrasikan kisah-kisah tentang Pendeta Martin Luther King atau koboi Hitam, saya tidak tahu apakah ada orang yang berhasil membawa sejarah dan budaya Hitam—dan keindahan Hitam—kehidupan melalui ilustrasi dengan konsistensi dan semangat seperti yang dilakukan Pinkney, dan untuk selama-lamanya. dia melakukan.

Bacaan Lainnya

Dia menghasilkan lebih dari 100 buku selama hampir enam dekade karir. Di antara karyanya yang paling menakjubkan adalah Singa & Tikus, sebuah adaptasi dari dongeng Aesop yang pada tahun 2010 memenangkan Medali Randolph Caldecott untuk ilustrasi yang luar biasa. Jika Anda pernah menjadi anak kulit hitam, Anda tahu siapa Pinkney. Dia adalah nama rumah tangga.
[time-brightcove not-tgx=”true”]

Ilustrasi Pinkney selalu memiliki imajinasi tertentu bagi saya, yang sangat langka jika menyangkut representasi orang kulit hitam. Saya pikir hidup kita sering dianggap sebagai beban berat, seperti ya Allah beban dunia ada di pundak kita.’ Karya Pinkney menunjukkan kepada kita bahkan, di saat-saat terberat kita, dengan elemen cahaya tertentu yang sangat sulit untuk dilakukan.

Baca lebih lajut: 100 Buku Anak Terbaik Sepanjang Masa

Pada tahun 1996, Pinkney dan penulis Julius Lester membuat ulang cerita Sambo, misalnya—untuk memperbaikinya, hampir. (Menempatkan dua raksasa sastra itu di sebuah ruangan membuat rambut di lenganku berdiri.) Mereka menceritakan kembali kisah itu dengan cara yang inovatif, dengan seorang pahlawan bernama Sam di dunia di mana semua orang bernama Sam. Ketika saya melihat ilustrasinya, saya tidak merasakan bobot sejarah Sambo. Saya tahu itu ada di sana, tetapi tidak terasa seperti itu. Rasanya lebih ringan.

Pinkney pernah bertanya padaku apakah aku bisa masuk ke studionya. Itu seperti Jay Z memintamu untuk datang ke Roc Nation! Semangat dan kepribadiannya sama seperti pekerjaannya. Dia manis dan pria keluarga. Dia selalu merasa tahu bahwa dia memiliki kehidupan impian—tidak ada tambahan apapun di sana.

Dia pasti telah menginspirasi dan menelurkan ratusan artis kulit hitam. Kita berbicara tentang ‘warisan’ dengan begitu angkuh akhir-akhir ini, tetapi saya pikir kita harus mengakui bahwa Jerry Pinkney akan turun sebagai legenda. Hal tentang ilustrasi Hitam di buku anak-anak adalah mereka membuat palet untuk anak-anak; seni pertama yang mereka lihat ada di buku-buku itu. Mereka menciptakan rasa.

Reynolds adalah penulis pemenang penghargaan dan Duta Nasional Perpustakaan Kongres untuk Sastra Anak Muda saat ini.

—Seperti yang diceritakan kepada Sanya Mansoor

Versi peringatan ini muncul di TIME edisi 08 November 2021.

Sumber Berita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *