Belajar Atur Keuangan Lewat Arisan, Memang Bisa?



Kata siapa arisan itu cuma buat sosialita? Kamu juga bisa belajar untuk mengatur keuangan lewat arisan, lho!

Kalau kita lihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI, arisan itu adalah suatu kegiatan mengumpulkan uang atau barang yang bernilai sama dari beberapa orang, yang diundi buat menentukan siapa yang berhak memperolehnya.

Identik banget sama sosialita, arisan diadakan dalam sebuah pertemuan yang sifatnya rutin. Biasanya, setiap pertemuan itu ada makan-makan, ngobrol dari A sampai Z, sekaligus jadi ajang silaturahmi.

Enggak jarang, kalangan menengah atas arisannya enggak 50-100 ribu rupiah lagi, tapi berlian! Makanya, arisan kadang terkesan sebagai hal yang bersifat hura-hura.

 

Belajar Keuangan Lewat Arisan

Ternyata, di balik arisan yang lekat dengan gaya hidup sosialita, arisan juga bisa bikin kita belajar gimana cara atur keuangan nih, Be-emers.

Apa saja hal-hal yang bisa kita pelajari dari arisan?

1. Disiplin Keuangan

Sifatnya yang rutin dan berkelompok, mau enggak mau maksa kita buat jadi orang yang disiplin soal duit. “Arisan dilakukan bareng-bareng. Jadi, ada tekanan sosial atau social mendukung,” Kata CEO RUMA Hendra Tjanaka, dikutip dari Harian Bisnis Indonesia.

Belajar Atur Keuangan Lewat Arisan Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

Selain itu, karena dianggapnya sudah saling kenal sama karakter masing-masing, bikin kita terbiasa buat disiplin bayar iuran. Hendra juga bilang kalau risiko gagal bayar itu tipis banget. Enggak cuma itu, arisan juga bisa bikin kamu belajar buat mengerem pengeluaran enggak penting karena kamu akan mengalokasikannya untuk arisan.

Baca Juga: Harus Disiplin! Ini Manfaat Menabung yang Perlu Kamu Tahu

 

2. Tidak untuk Jangka Panjang

Kalau kamu ikut arisan buat nabung keperluan pendidikan, kredit rumah, dan sebagainya, mending jangan deh! Soalnya, yang namanya kebutuhan jangka panjang, mending dilakukan melalui investasi atau tabungan berjangka.

Belajar Atur Keuangan Lewat Arisan Ilustrasi Suara-Pembaruan.com - Image: Canva

Belajar Atur Keuangan Lewat Arisan Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

Sebaliknya nih, kamu bisa pakai uang arisan buat tabungan keperluan jangka pendek. Misalnya untuk dana liburan, tabungan dana darurat, beli mebeldll.

3. Bisa Jadi Sumber Modal

Kalau pas giliran kamu yang dapat arisan, mending jangan langsung buru-buru dihabiskan. Soalnya, uang arisan kamu itu malah bisa berkali-kali lipat lebih banyak nilainya dari yang kamu dapat sekarang.

Memang bisa?

Belajar Atur Keuangan Lewat Arisan Ilustrasi Suara-Pembaruan.com - Image: Canva

Belajar Atur Keuangan Lewat Arisan Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

Bisa dong! Caranya, kamu bisa kelola lagi uang arisan yang kamu dapat tadi buat diinvestasikan, misalnya buat beli emas.

Terus, kamu juga bisa manfaatkan uang arisan buat modal usaha sampingan. Jadi, enggak cuma bisa bersosialisasi sama bikin kamu disiplin aja, kamu pun juga bisa dapat cuan yang berlipat-lipat lewat arisan.

Baca Juga: Kemana Aja Sih Larinya Uang Para Miliarder Dunia?

Gimana, kamu ikut arisan juga enggak nih, Be-emers?

Yuk, share di kolom kometar! Atau, mau cerita atau artikel kamu dipublikasi di Suara-Pembaruan.com?

Tulis aja pengalaman kamu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.