Benarkah Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya di Sini, Yuk!

  • Whatsapp
Benarkah Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya di Sini, Yuk!
banner 468x60


Bicara soal diet, air lemon menjadi salah satu yang dipercaya bisa bantu turunkan berat badan. Minuman ini digadang-gadang menjadi salah satu ‘pembersih perut’ yang dinilai ampuh membuat kurus. Namun, benarkah demikian?

Bacaan Lainnya
banner 300250

Untuk mengetahui faktanya, yuk cari tahu melalui penjelasan berikut ini.

Artikel terkait: Benarkah Ada Kondisi Sugar Rush atau Anak Aktif karena Kelebihan Gula? Cek Faktanya!

Air Lemon untuk Turunkan Berat Badan, Benarkah Efektif?

Air lemon biasanya diperas terlebih dulu kemudian dikonsumsi dalam keadaan hangat, dijadikan infused water, atau pun menjadi dress up dalam salad. Ini merupakan salah satu makanan sehat yang dapat membantu melancarkan metabolisme dan meningkatkan energi tubuh. 

Bukan hanya itu, air lemon dipercaya bisa bantu turunkan berat badan karena buah ini memang memiliki nilai kalori yang lebih rendah dari minuman lainnya.

Dibandingkan kopi, minuman bersoda, atau pun teh, air lemon memang dinilai lebih baik dalam membantu menurunkan berat badan.

Hal ini pun disampaikan oleh juru bicara Academy of Nutritions and Dietetics, Alissa Rumsey, R.D. Melansir laman Healthline, ia pun menjelaskan bahwa jika dibandingkan dengan minuman lain, lemon lebih sehat dan dapat membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

“Kalau kualitas metabolisme tubuh kita baik, maka itu memang turut membantu proses menurunkan berat badan. Anda bisa menikmati minuman yang memiliki rasa tanpa khawatir adanya tambahan kalori menggunakan air lemon,” ungkap Alissa. 

Minum Air Lemon Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi

air lemon turunkan berat badan

Kandungan air dalam buah lemon sangat banyak, sehingga ini dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik apabila dikonsumsi.

Sementara itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dipublikasi dalam National Institute of Health, tubuh yang terhidrasi dengan baik juga dapat membantu proses menurunkan berat badan. 

Hal ini karena, peningkatan hidrasi juga dapat meningkatkan pemecahan lemak dan proses metabolisme tubuh.

Mengutip laman Healthline, tubuh yang terhidrasi dengan baik pun dapat mengurangi retensi air yang menyebabkan gejala seperti kembung, pembengkakan, dan bertambahnya berat badan. 

Air Lemon Bisa Meredam Rasa Lapar

Benarkah Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya di Sini, Yuk!

Mengonsumsi air lemon dipercaya juga bisa meredam rasa lapar. Meski kandungan kalorinya rendah, tetapi lemon juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. 

Sebuah studi yang dipublikasi pada 2008 oleh Elizabeth A. Dennis dkk. dari Departement of Human Nutrition, Virginia Tech, Amerika Serikat mengamati efek konsumsi air, termasuk air lemon, pada asupan kalori orang dewasa yang mengalami obesitas. 

Studi tersebut mengungkap, bahwa minum 0,5 liter air sebelum sarapan bisa menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi dalam makanan sebesar 13%. Penelitian lain juga mengungkap, makan yang diselingi minum air juga bisa meningkatkan rasa kenyang selama makan. 

Karena air lemon rendah kalori dan dapat memberikan efek kenyang lebih lama, maka ini dapat menjadi cara untuk mengurangi asupan kalori yang nantinya bisa membantu kita dalam proses penurunan berat badan.

Artikel terkait: Benarkah Deodoran Pemicu Kanker? Ini Kata Para Ahli!

Air Lemon Tidak Berpengaruh Langsung dalam Turunkan Berat Badan

Benarkah Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya di Sini, Yuk!

Nah, umumnya karena kedua faktor itulah air lemon jadi dipercaya memiliki potensi untuk membantu menurunkan berat badan.

Meski begitu, ahli endokrinologi dari Joslin Diabetes Center, Anna Z. Feldmand, M.D, menegaskan, kandungan lemon memang baik untuk tubuh, tetapi makanan ini sebenarnya tidak berpengaruh langsung dalam hal menurunkan berat badan.

Artinya, mengonsumsi air lemon tidak serta-merta membuat badan seseorang jadi kurus atau berat badannya menjadi berkurang. Apabila Anda sedang diet dan ingin menurunkan berat badan, langkah yang paling efektif adalah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan tentunya berolahraga secara teratur. 

Sementara itu, air lemon juga sebenarnya tidak jauh lebih baik daripada air biasa. Pasalnya, manfaat yang diberikan oleh lemon sendiri sebenarnya bukan datang dari buahnya, melainkan dari bahan utamanya, yakni air. Maka, tanpa harus meminum air lemon pun, metabolisme seseorang akan tetap berjalan efektif asalkan asupan cairannya terpenuhi dengan baik. 

Artikel terkait: Benarkah Kafein Dapat Mengurangi Kesuburan? Cek Faktanya di Sini!

air lemon turunkan berat badan

Nah, Parents, pada dasarnya air lemon memang benar dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan seperti, bisa meningkatkan metabolisme dan mecukupi cairan tubuh. Sehingga kemudian, hal ini juga bagus untuk membantu proses diet Anda. 

Namun, perlu digarisbawahi bahwa mengonsumsi air lemon tentunya tidak akan membuat berat badan kita turun secara instan. Karena memang, belum ada penelitian konkret mengenai air lemon dapat menurunkan berat badan secara langsung.

Oleh karena itu, konsumsilah air lemon dengan tujuan untuk kesehatan, bukan semata-mata demi turunkan berat badan. Apabila ingin berhasil menjalankan program diet demi kesehatan Anda, jangan lupa terapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang, rutin olahraga, dan tentunya cukupi kebutuhan istirahat, ya.

***

Baca juga: 

3 Jenis Gangguan Mental yang Rentan Dialami Penyintas COVID-19, Cek Faktanya!

Benarkah Taoge Dapat Meningkatkan Kesuburan Seseorang? Simak Faktanya Berikut Ini

Takut Makan Malam karena Bikin Gemuk? Cek Fakta Ini, Parents!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *