Bikin Konten ala Wasa Wirman dengan Budget Minim

  • Whatsapp
Bikin Konten ala Wasa Wirman dengan Budget Minim


Content creator dan tech reviewer Wasa Wirman untuk berbagi tips untuk Anda yang ingin membuat konten dengan budget yang minim dengan memanfaatkan alat-alat yang terjangkau juga.

Bacaan Lainnya

Photo: doc. Samsung Galaxy A12|A02s/ist

Wasa Wirman mengatakan, walaupun budget untuk bikin konten terbatas, semangat tetap harus tanpa batas. Pertama-tama, yang harus dipertimbangkan adalah pemilihan gadget untuk bikin konten yang proper, tapi harganya terjangkau.

Beres untuk urusan gadget, sekarang bahas peralatan tambahan supaya konten yang dihasilkan lebih maksimal, mulai dari tripod, lampu softbox, sampai ke background. “Content creator pemula bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah sebagai alat pengganti tanpa harus membeli gear yang mahal,” ujar Wirman dalam keterangannya bersama Samsung Galaxy A12|A02s.

1. Kain Polos Sebagai Latar Foto
Jika Anda menginginkan latar yang minimalis, Anda dapat memanfaatkan kain atau kertas berwarna polos sebagai latar foto atau background. Agar tetap stay in place, kain atau kertas ini dapat Anda tempelkan di tembok. 

Ingat, kata Wirman, Anda harus menggunakan lakban kertas agar tidak merusak tembok. Jika Anda menginginkan background yang lebih bokeh, Anda dapat memanfaatkan latar dedaunan dengan memanfaatkan fitur kamera yang memang memang memiliki fitur bokeh.

2. Susun Buku Sebagai Pengganti Tripod
Untuk pengganti tripod, Anda bisa menyusun buku-buku yang Anda miliki di rumah. Susunlah buku-buku setinggi level yang diinginkan. Jika dirasa susunan buku ini masih kurang tinggi, Anda dapat menaruh susunan bukunya pada kursi atau meja.

Photo: doc. Samsung Galaxy A12|A02s/ist

3. Sinar Matahari Sebagai Pencahayaan
Cahaya memainkan peranan yang sangat penting dalam membuat konten. Jika Anda tidak memiliki softbox untuk menambah pencahayaan, jangan khawatir, manfaatkan sinar matahari sebagai pencahayaan untuk konten Anda. 

Ada jam-jam tertentu saat cahaya matahari bisa digunakan sebagai sumber cahaya yang pas untuk bikin konten, yaitu antara jam 08.00 sampai 10.00 pagi, atau jam 3.00 sore hingga matahari terbenam. Di jam-jam tersebut sinar matahari tidak terlalu kuat, sudut pencahayaannya pun merata.

4. Gunakan External Microphone Agar Suara Lebih Jernih
Kalau ada sedikit budget lebih, Anda bisa membeli external microphone untuk membantu Anda bikin konten supaya noise-nya tidak terekam. Microphone tambahan ini tentunya akan membuat suara pada konten Anda lebih jernih sehingga kualitasnya lebih baik. Carilah harga external microphone yang sesuai dengan kantong Anda.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *