Hukum  

Branding Fakultas Hukum UBB : Terobosan Progresif Kampus Peradaban


Bangka, Berdiri sebagai fakultas dengan tagline Gerbang Peradaban Keadilan. Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung tidak berhenti dalam membuat gebrakan. Pada kamis, 10 Maret 2022, FH UBB, meluncurkan branding baru Fakultas Hukum dengan ciri khas dan identitas yang padu.

Kegiatan Launching Branding Fakultas Hukum UBB, mengusung tema besar “Tiada Hari Tanpa FH” dengan pengenalan tiga visi besar yang diusung identitas visualnya, yakni orientasi pergerakan fakultas yang ber-dedikasi, progresif, dan reformis.

Acara yang dihadiri oleh pimpinan Universitas Bangka Belitung, Kepala UPT, Dekan di lingkungan UBB, Dosen dan Sivitas Akademika ini dibuka dengan penampilan seni teater “Perempuan Sundel Bolong”, menampilkan cerita singkat mengenai penegakan hukum dalam kasus Marsinah, salah satu kasus yang masih dan terus menjadi diskursus dalam dialektika peradilan di Indonesia.

Pidato peluncuran branding FH, secara khusus disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum, Dr. Derita Prapti Rahayu, S.H., M.H. Dalam pidatonya yang bersemangat, Dekan Fakultas Hukum menjelaskan konsep dasar mengenai branding FH UBB yang terinspirasi dari visi Gerbang Peradaban Peradilan, dengan tiga bentuk pemaknaan yakni menjadikan FH UBB sebagai Fakultas yang ber-dedikasi, progresif, dan reformis.

Ketiga nilai dasar tersebut, adalah wujud pengabdian dan implementasi Tridharma perguruan tinggi, pandangan hukum yang dekat dengan budaya masyarakat, serta watak dan kapabilitas sarjana di lingkungan FH UBB yang berwatak pembaruan.

Di penutup pidato pembukaannya, Dekan Fakultas Hukum berpesan bahwa momentum pergerakan fakultas yang dinamis, harus dibangun dengan usaha bersama, bergandengan tangan dan menuntut tanggung jawab bersama pula dari segenap pimpinan, dosen, serta sivitas akademika. Kerja kolektif, adalah kunci utama dalam pembentukan pembaruan hukum yang progresif di masa mendatang.

Apresiasi atas peluncuran Branding FH UBB, disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Nizwan Zukhri, S.E., MM. Ia menekankan perlunya dinamika dan roman pembaruan untuk terus menghimpun kapasitas dan mendorong kemajuan fakultas.

Branding fakultas hukum, yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, adalah bentuk pembaharuan dan pengenalan dengan konsep baru yang digencarkan oleh FH UBB. Wakil Rektor, menyambut hangat terobosan dari FH UBB.

Dukungan dan apresiasi juga digalang oleh alumni FH UBB, Candra Marpaung, S.H., M.H., dengan penyerahan simbolis dukungan serta kenang-kenangan kepada Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Yokotani, S.H., M.H. Alumni berprestasi FH UBB tersebut, juga menyampaikan kebanggaan dan dukungannya yang kuat terhadap upaya perkembangan fakultas hukum yang semakin maju dan progresif.

Peresmian logo branding, disomboliskan dengan membuka tirai branding FH UBB oleh dekan, Dr. Derita Prapti Rahayu, S.H., M.H., Wakil Rektor I, Dr. Nizwan Zukhri, S.E., M.M., dan didampingi oleh Ketua Jurusan FH, Darwance, S.H., M.H., serta sekretaris jurusan FH, Cery Kurnia, S.H., M.H.

Pelaksanaan launching branding FH, diiringi pula oleh penampilan seni dan bakat mahasiswa, Ion Band and Friends, pembacaan puisi, dan band akustik.

Kegiatan yang berlangsung meriah dan substantif, menggambarkan semangat juang yang tinggi dari Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung yang mengorientasikan gerakan pembaruan sebagai wujud nyata perjuangan menuju pembangunan hukum di Indonesia. Bersaman dengan ekstensi penambahan prodi S2 Hukum, determinasi dalam menghasilkan basis intelektual yang berdedikasi, berpandangan progresif, dan berwatak pembaruan penting dan harus ditanamkan demi perbaikan pembangunan hukum nasional yang berkemajuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.