Bulog Siap Amankan Harga Pangan Jelang Lebaran

  • Whatsapp
Bulog Siap Amankan Harga Pangan Jelang Lebaran
banner 468x60


SuaraPemerintah.id – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) siap mengamankan harga pangan menjelang Lebaran 2021.

Bacaan Lainnya
banner 300250

“Bulog sudah siap untuk menghadapi puasa dan Lebaran, buktinya tidak ada gejolak kenaikan harga dari komoditas, kita sudah lakukan operasi pasar jauh hari sebelum puasa, saat puasa sampai Lebaran,” kata Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Pria yang akrab disapa Buwas ini mengatakan, yang utama Bulog telah menyiapkan persediaan beras. “Hari ini lima merk beras kita masuk peringkat lima besar,” kata Buwas.

Sementara untuk persediaan daging kerbau mencapai 13.000 ton atau lebih sedikit. “Kita kita gunakan sekarang sudah berjalan untuk operasi pasar,” kata dia.

Untuk daging sapi kata Buwas, Bulog sudah menyiakan 6 bulan sebelum puasa. Bulog sudah membeli sapi lokal yang digemukkan dengan kerja sama melalui peternak mandiri di beberapa wilayah Indonesia. Demikian juga dengan daging ayam, Bulog sudah membeli 6 bulan sebelumnya. “Jadi saat sekarang kita sudah siap salurkan dalam kegiatan puasa dan Lebaran,” kata dia.

Buwas mengatakan, untuk gula Bulog sudah bermitra. Sementara minyak goreng Bulog sudah kontrak 6 bulan lalu. “Artinya dengan harga lama, kita tidak akan naikkan harga, tujuannya untuk kestabilan harga,” kata dia.

Buwas mengatakan, saat ini masyarakat bisa membeli komoditas pokok secara online lewat panganandotcom. Tujuannya supaya harga terkontrol karena pembelian orang per orang dibatasi. “Supaya masyarakat kebagian tidak lagi dipermainkan kartel yang menimbun dan menaikkan harga,” kata dia.

Masyarakat bisa beli beragam komoditas seperti gula dan langsung diantar maksimal sampai di tempat 1 hari. Layanan ini tersedia di kota-kota besar provinsi di Indonesia yang sudah didukung koneksi internet.

Salah satu upaya BULOG untuk mengontrol harga pangan ditunjukkan oleh Bulog Sub Divisi Regional (Sub Divre) Subang.

Bulog Subang menyiapkan daging sapi dan kerbau beku untuk kebutuhan warga jelang Idul Fitri 1422 H. Bahkan daging sapi beku dipatok Rp90.000/kg sebagai upaya pengendalian harga kebutuhan pokok penting dalam menghadapi hari raya, termasuk di bulan Ramadan.

“Untuk Purwakarta kita sudah siapkan daging sapi dan kerbau beku sebanyak 2 ton. Harga daging beku yang kamk sediakan lebih terjangkau,” kata Wakil Kepala Bulog Sub Divre Subang, Umar Said, dalam kegiatan launching operasi pasar murah di Tegalmunjul, Purwakarta, Selasa (4/5/2021).

Harga setiap satu kilogram daging sapi beku dibandrol Rp90.000, sedangkan daging kebau Rp75.000. Pihaknya siap menambah pasokan lebih dari 2 ton jika peminat daging beku cukup tinggi.

“Kami pastikan daging beku ini sehat dan pastinya halal dikonsumsi,” ujar dia. Selain daging, Bulog juga menyediakan bahan pokok lainnya seperti beras, baik beras premium mapun medium. “Kami juga menyediakan stok minyak sayur, terigu hingga gula pasir. Semua stok kebutuhan pokok untuk menghadapi hari raya semua aman,” tutur Umar.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *