Cara Memakai Toner Sesuai Jenis Kulit Agar Dapat Bekerja Dengan Lebih Maksimal

  • Whatsapp
Cara Memakai Toner Sesuai Jenis Kulit Agar Dapat Bekerja Dengan Lebih Maksimal


Toner merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib untuk dimiliki jika ingin kulit bersih, sehat, dan segar. Namun perlu diperhatikan, cara memakai toner pun sebaiknya disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit agar dapat bekerja dengan lebih optimal.

Bacaan Lainnya

Seiring dengan perkembangan zaman, toner mengalami perubahan. Di tahun 90-an, toner yang tersedia di pasaran belum sebanyak sekarang dan kebanyakan berfungsi sebagai astringent, yaitu cairan penyegar yang dapat membantu mengecilkan pori-pori.

Sayangnya, astringent mengandung alkohol dalam jumlah yang tinggi sehingga tak jarang menyebabkan rasa menyengat atau perih jika diaplikasikan ke kulit, terutama untuk kulit sensitif.

Toner yang diproduksi di zaman sekarang lebih memerhatikan hal tersebut. Alih-alih mengeringkan kulit dengan kandungan alkohol yang tinggi, diciptakan toner yang dapat melembapkan sekaligus menyegarkan kulit, ditambah dengan bahan-bahan lain yang dapat menutrisi kulit.

Artikel Terkait: Agar Manfaat Vitamin C Maksimal Untuk Kulit, Perhatikan 8 Hal Ini!

Manfaat dan Jenis-Jenis Toner

Toner biasanya bertekstur cair seperti air dan tidak berwarna. Secara ilmiah, toner adalah cairan yang dapat menyerap dengan cepat ke dalam kulit untuk melembapkannya dan membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan kulit.

Menurut Charlotte Cho, pendiri Soko Glam dan seorang ahli kecantikan berlisensi, toner berfungsi untuk mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk perawatan kulit lainnya seperti serum dan pelembap.

“Toner akan menyeimbangkan pH kulit Anda, menyapu kotoran, dan membantu kulit Anda menyerap produk perawatan kulit.” Charlotte menjelaskan.

“Kulit seperti spons yang kering, jika Anda mengoleskan krim yang kental ke spons yang kering, tentu spons itu tak akan bisa menyerapnya dengan baik. Namun jika Anda membasahi spons tersebut, dalam arti lain menggunakan toner, krim kental tersebut dapat terserap dengan baik,” ia mengibaratkan.

Ada 3 jenis toner yang bisa disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit. Masing-masing juga memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Artikel Terkait: 7 Cara Memakai Maskara Agar Bulu Mata Lebih Lentik dan Panjang

cara memakai toner

1. Hydrating Toner

Toner yang berfungsi untuk memberikan kelembapan ini mengandung humektan seperti hyaluronic acid dan gliserin. Toner ini cocok untuk pemilik kulit kering karena bisa menghilangkan sensasi kesat di kulit yang diakibatkan oleh penggunaan sabun pembersih.

Hydrating toner atau toner pelembap tidak dapat membersihkan kulit secara menyeluruh karena fungsi utamanya adalah membuat lapisan kelembapan di permukaan kulit. Cara penggunaannya yang paling baik adalah menggunakan tangan.

Perawatan tradisional seperti air mawar juga bisa digunakan sebagai hydrating toner karena bekerja alami untuk mempertahankan kelembapan kulit.

2. Exfoliating Toner

Jenis toner ini bekerja mengangkat sel kulit mati dengan kandungan acid atau enzim buah. Selain itu, exfoliating toner juga bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dan menyamarkannya.

Toner ini cocok untuk semua jenis kulit, namun perlu diperhatikan juga bahan aktif yang terkandung di dalamnya.

Untuk kulit kering sebaiknya memilih exfoliating toner dengan bahan aktif berupa AHA seperti Glycolic Acid, sementara pemilik kulit berminyak lebih baik menggunakan exfoliating toner dengan BHA seperti Salicylic Acid. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya karena acid membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

3. Treatment Toner

Treatment toner dibagi lagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Contohnya, balancing toner yang bisa membantu menyeimbangkan pH kulit dengan lebih maksimal, oil control toner yang dapat mengontrol produksi minyak alami kulit, dan clarifying toner yang cocok digunakan untuk kulit berjerawat.

Perhatikan bahan yang terkandung di dalamnya dan sesuaikan dengan masalah kulit yang dialami Parents. Toner untuk mengatasi masalah pori-pori dan toner untuk perawatan anti-aging tentunya mengandung bahan aktif yang berbeda.

Cara Memakai Toner Agar Bekerja Secara Maksimal

cara memakai toner

Kapan seharusnya kita menggunakan toner? Cara memakai toner ini memang perlu diperhatikan, jika tidak bukan tidak mungkin manfaat toner justri jadi tidak maksimal. Berikut langkahnya: 

1. Pastikan Kulit Wajah Sudah Bersih

Langkah awal tentu saja memerhatikan bagaimana kondisi kulit Anda. Sudah bersih? Jika sedang menggunakan riasan wajah, maka bersihkan wajah lebih dulu, ya! Agar proses pembersihan wajah lebih maksimal, bisa melakukan double cleansing. Gunakan cleansing balm, kemudian cuci wajah dengan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit. Baru, setelah itu gunakan toner.

Berdasarkan penjelasan dari Amy Wechsler, seorang dermatologis yang dikutip dari Allure, toner sebaiknya digunakan segera setelah mencuci muka menggunakan sabun pembersih.

“Saya merekomendasikan Anda untuk memakai toner baik di pagi hari maupun malam hari. Lebih spesifik lagi, Anda sebaiknya menggunakan toner setelah membersihkan wajah,” ungkap Amy.

“Mencuci wajah akan membersihkan kotoran, riasan, dan sel-sel kulit mati sehingga bahan-bahan yang bermanfaat di dalam toner dapat bekerja lebih optimal,” ia menambahkan.

2. Segera Gunakan Toner, Jangan Tunggu Lama-lama

Para ahli pun menyarankan untuk segera menggunakan toner tak lebih dari satu menit setelah selesai membersihkan wajah. Sebagian besar molekul menembus kulit lebih baik ketika kulit dalam keadaan basah, jadi menggunakan bahan aktif segera setelah pembersihan memberikan hasil yang lebi baik.

3. Pastikan Tangan Sudah Bersih

Jika ingin wajah sehat, tentu saat menggunakan produk perawatan wajah kondisi tangan wajib bersih. Jadi, pastikan cuti tangan bersih dulu, ya. Hal ini pun berlaku jika akan menggunakan toner. 

4. Cara Memakai Toner, Gunakan Kapas

Tidak bisa dipungkiri, jika cara memakai toner bisa dilakukan menggunakan tangan saja. Tuangkan toner di tangan, lalu gunakan di seluruah area wajah dan leher. Nanum, tidak semua toner bisa digunakan langsung dengan tangan. Itulah mengapa jika banyak ahli kecantikan yang merekomendasikan agar menggunakan kapas. Teteskan toner di atas kapas kemudian usapkan ke seluruh wajah dan leher. Jangan lupa berikan tekanan agar Anda bisa merasakan kesegarab toner. di wajah.

5. Gunakan Dua Kali Sehari

Apapun jika digunakan secara berlebih tentu saja tidak bagus bukan? begitu juga dengan toner yang disarankan hanya digunakan 2 kali sehari. Saat pagi dan malam hari menjelang tidur. Pemilihan jenis toner yang digunakan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit, ya. Setelah menggunakan toner, Anda bisa melanjutkan sesi pemakaian rangkaian skincare selanjutnya seperti serum, pelembab dan sleep mask. 

5. Gunakan Pelembap

Seperti yang telah dijelaskan di atas, setelah menggunakan toner, lanjutkan menggunakan pelembap ya agar kelembapan kulit bisa terjaga dengan baik. Kulit pun jadi sehat. 

Jadi, sudah tahu bagaimana cara memakai toner yang tepat, kan? 

6 Cara Memakai Toner agar Bekerja dengan Lebih Maksimal

Mengutip dari The Klog, cara penggunaan toner sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit Parents sebagai berikut.

1. Kulit Berminyak dan Kombinasi

Cara terbaik untuk mengaplikasikan toner adalah menggunakan kapas. Namun, cara ini bekerja dengan lebih baik untuk pemilik kulit berminyak dan kombinasi.

Mengusapkan kapas yang telah dibasahi dengan cairan toner dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan juga menyerap kelebihan minyak di permukaan kulit. Cara penggunaannya adalah mengusap kapas dari bagian dalam hingga ke luar wajah.

2. Kulit Normal dan Kulit Kering

Untuk kulit kering, tuangkan toner ke telapak tangan dan tepuk-tepuk ke wajah. Cara ini dapat memberikan kelembapan ekstra ke kulit. Suhu tubuh juga akan membantu toner terserap dengan lebih baik dan lebih cepat.

Metode ‘7 Skin Method’ dari Korea juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan toner pada kulit yang kering. Caranya adalah mengaplikasikan toner dalam jumlah sedikit sebanyak 7 lapisan pada kulit.

Memang, kelihatannya merepotkan dan memakan waktu lama. Namun, cara ini dapat bermanfaat untuk memberikan kelembapan yang tahan seharian.

Artikel Terkait: 8 Cara Membakar Lemak saat Tidur, Parents Wajib Tahu!

3. Kulit yang Sangat Kering

Parents juga bisa menempelkan kapas yang sudah dibasahi toner di bagian kulit yang mengalami masalah pori-pori besar atau kering selama 5 hingga 10 menit seperti memakai masker. Cara ini bekerja dengan baik untuk kulit yang sangat kering.

Setelahnya, langsung oleskan krim pelembap untuk mengunci kelembapan kulit. Dengan cara ini, riasan make up yang dipakai di atas kulit yang sudah lembap pun akan lebih mudah diaplikasikan dan bertahan lebih lama.

Parents juga bisa menggunakan toner sebagai face mist untuk menyegarkan wajah di siang hari. Tuangkan toner ke dalam botol semprot dan semprotkan jika diperlukan.

Akan tetapi, hindari menggunakan toner yang disemprotkan langsung ke wajah jika Parents menggunakan make up atau sunscreen.

Sunscreen dan make up yang mengandung silicon akan membuat toner yang disemprotkan ke wajah tidak terserap. Toner pun akan menguap dan ikut menarik kelembapan alami yang ada di kulit.

Setelah mengetahui manfaat, jenis, dan cara memakai toner supaya bekerja dengan lebih maksimal di atas, semoga Parents bisa memilih produk toner yang sesuai dengan kondisi dan permasalahan kulit yang dialami saat ini.

Baca Juga:

Kulit kering saat hamil, berbahayakah? Ini penjelasannya!

Teknik Mencuci Wajah Selama 1 Menit, Bikin Kulit Lebih Sehat dan Bersinar

Bolehkah Memakai Handuk yang Sama untuk Tubuh dan Wajah? Ini Penjelasannya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *