Catat, Bun! 8 Obat Alami untuk Meredakan Mual Saat Hamil

  • Whatsapp
Catat, Bun! 8 Obat Alami untuk Meredakan Mual Saat Hamil


Bunda setuju tidak, trimester pertama merupakan periode kehamilan yang penuh tantangan? Faktanya, banyak ibu harus melalui fase ini dengan gejala morning sickness seperti mual dan muntah. Lantas, adakah obat mual ibu hamil yang dapat meringankan gejala yang satu ini?

Bacaan Lainnya

Jawabannya, tentu saja ada. Berbagai jenis obat bisa menjadi pilihan. Mulai dari obat generik yang diresepkan dokter hingga ramuan dari bahan-bahan alami.

Nah, kali ini theAsianparent akan mengulas lebih jauh sederet obat mual ibu hamil berbahan alami. Apa saja? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini 

Rekomendasi Obat Mual Ibu Hamil dari Bahan Alami

1. Jahe

obat mual ibu hamil

Rimpang yang satu ini adalah obat yang efektif untuk mual. Pasalnya, jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mendukung pencernaan. Jahe juga diduga mengandung senyawa yang dapat mempercepat proses perpindahan isi lambung ke usus kecil, sehingga dapat mengurangi gejala mual. 

Melansir Insider, sebuah analisis tahun 2014 dari enam penelitian berbeda yang diterbitkan dalam Journal of American Board of Family Medicine meneliti penggunaan jahe pada kehamilan. Studi tersebut menemukan bahwa mengonsumsi sekitar satu gram jahe sekali sehari selama setidaknya lima hari menurunkan gejala mual dan muntah pada awal kehamilan.

Bunda bisa menambahkan potongan jahe segar utuh ke dalam teh, atau memasukkannya sebagai bumbu ke dalam makanan. Selain itu, jahe juga dapat dikonsumsi sebagai suplemen. Meski begitu, konsumsi jahe secukupnya saja dan tidak berlebihan selama hamil, ya, Bunda. 

2. Peppermint

obat mual ibu hamil

Peppermint telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mual, meskipun bukti ilmiah tentang khasiatnya tidak sekuat jahe. Bahan utama dalam peppermint, yakni mentol, dianggap dapat mengendurkan perut yang dapat meredakan kram dan mual.

Jika ingin mencoba peppermint, Bunda dapat membelinya dalam bentuk teh. Selain itu, minyak esensial peppermint juga bisa digunakan untuk aromaterapi.

3. Air Kelapa

obat mual ibu hamil

Air kelapa merupakan minuman alami yang kaya akan vitamin, mineral dan serat. Dengan segudang manfaat kesehatan yang dimiliki, air kelapa juga dipercaya berguna untuk mengatasi mual di pagi hari.

Untuk memperoleh manfaat air kelapa pun terbilang sederhana. Bunda hanya perlu membeli air kelapa segar lalu minumlah di pagi hari.

Artikel terkait: Bumil, ternyata ini penyebab mual dan muntah selama hamil

4. Lemon dan Jeruk Nipis

obat mual ibu hamil

Air Lemon dan jeruk nipis segar juga termasuk obat mual ibu hamil. Keasaman alami lemon diyakini membantu meredakan mual di pagi hari. 

Caranya, tambahkan irisan lemon ke dalam secangkir air hangat. Kemudian beri madu secukupnya.

Ramuan ini terbukti dapat menjadi obat alami pereda mual. Bunda juga dapat menambahkan irisan jahe untuk menambah khasiatnya.

5. Makanan dan Snack yang Bersifat Hambar

8 Obat Alami untuk Meredakan Mual Saat Hamil, Catat, Bun!

Makan terlalu banyak dapat menyebabkan mual. Karena, volume makanan yang terlalu besar akan membuat perut terasa penuh, mengakibatkan kembung, mulas, dan gerakan pencernaan yang berlebihan.

Sebaliknya, makan dalam porsi kecil dan sering bisa meringankan gejala mual. Termasuk dan mengonsumsi makanan hambar tanpa rasa yang kuat dapat membantu mengurangi rasa mual.

Contoh makanan yang bersifat hambar dan netral, antara lain:

  • Roti putih atau roti panggang
  • Nasi
  • Sup
  • Pisang
  • Biskuit crackers

Konsumsilah jenis makanan di atas dalam porsi kecil dan sering. Saat Bunda merasa mual, hindari makanan pedas dan minuman asam.

6. Aromaterapi

8 Obat Alami untuk Meredakan Mual Saat Hamil, Catat, Bun!

Menghirup aromaterapi juga ternyata mampu meringankan gejala mual saat hamil. Ada beberapa minyak esensial yang terbukti ampuh, yaitu minyak lemon dan minyak lavender.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa minyak lemon bisa membantu mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil. Sementara minyak lavender mampu menciptakan rasa rileks sehingga rasa mual akan hilang perlahan.

7. Air Putih

obat mual ibu hamil

Penting untuk tetap mencukupi kebutuhan selama masa kehamilan. Apalagi, dehidrasi dapat memperburuk perasaan mual.

Meski terdengar sepele, nyatanya air putih dapat menjadi obat pereda mual alami. Jadi, minumlah air putih secara rutin dan teratur. Saat baru bangun pagi, cobalah minum air putih hangat untuk membuat perut terasa nyaman.

8. Akupresur

8 Obat Alami untuk Meredakan Mual Saat Hamil, Catat, Bun!

Akupresur termasuk cara efektif dan alami untuk mengurangi mual di pagi hari. Bunda harus menekan titik tekan Neiguan (P-6). Adapun cara menemukannya yaitu:

  • Letakkan tiga jari (telunjuk, tengah, manis) melintang para pergelangan tangan.
  • Letakkan ibu jari tepat di bawah jari telunjuk, lalu tekan selama tiga menit untuk meringankan rasa mual dan muntah.

Artikel terkait: Masih mual di trimester kedua, normalkah? ini penjelasannya!

Berbagai jenis obat mual ibu hamil ini dapat meredakan gejala morning sickness dengan cepat dan mudah. Tetapi jika Bunda mengalami muntah yang sangat parah serta memuntahkan apa pun yang Bunda makan atau minum, itu mungkin karena alergi makanan atau infeksi.

Jika terjadi hal tersebut, segera berkonsultasi ke dokter agar kondisinya bisa ditangani secara tepat dan cepat. Apabila Bunda memiliki masalah kesehatan tertentu, tidak ada salahnya juga berdiskusi dengan dokter terkait mengenai obat mual ibu hamil terbaik yang bisa dikonsumsi. 

Semoga bermanfaat!

***

Baca juga:

Suami ikut ngidam dan mual saat Bunda hamil? Ini penyebabnya

6 Perbedaan mual tanda kehamilan dan GERD, jangan sampai terkecoh!

Sering Mual Saat Puasa? Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *