Catat, Bun! Ini 10 Obat Flu yang Aman untuk Ibu Menyusui – SUARA-PEMBARUAN.com – Tempo

  • Whatsapp
banner 468x60


Bacaan Lainnya
banner 300250

Bunda sedang mengalami flu tapi tak kunjung sembuh? Kondisi tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan mengonsumsi obat. Namun, ketika masih menyusui, tentunya Bunda tidak boleh mengonsumsi obat-obatan secara sembarang. Jangan khawatir, karena tetap ada beberapa obat flu yang aman dikonsumsi untuk ibu menyusui, kok.
Ketika masa menyusui, Bunda sebenarnya boleh-boleh saja mengonsumsi obat medis. Meski begitu, memang tidak semua aman untuk diminum oleh Anda. Serta, mengonsumsi obat di masa ini juga tetap perlu sesuai dengan anjuran dokter.
Mengapa demikian? Biasanya makanan termasuk obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh Bunda bisa mengalir dalam darah dan ASI hingga batas tertentu. Meski memang kadarnya tergolong rendah dalam ASI, tetapi ada kemungkinan jika obat-obatan yang kita konsumsi dapat juga memengaruhi bayi melalui ASI yang diberikan.
Maka itulah, ibu menyusui perlu lebih berhati-hati saat mengonsumsi sesuatu termasuk obat-obatan. Lantas, apa saja obat flu yang aman untuk busui? Berikut rekomendasi selengkapnya.
Artikel terkait: Panduan IMD Ibu Positif Covid-19, Begini Cara Melakukannya!
Rekomendasi Obat Flu yang Aman untuk Ibu Menyusui
1. Parasetamol

Ketika flu Bunda tidak memengaruhi produksi ASI, maka parasetamol bisa menjadi obat yang aman dikonsumsi.
Obat parasetamol ini bekerja dengan cara mengurangi produksi zat penyebab peradangan bernama prostaglandin. Sehingga, hal tersebutlah yang bisa membantu gejala flu seperti demam atau nyeri kepala mereda.
Meski aman, tetapi Bunda tetap perlu memperhatikan dosis saat mengonsumsi obat ini, ya. Hindari juga mengonsumsi obat flu lain yang juga mengandung parasetamol agar dosisnya tidak berlebihan.
2. Ibuprofen

Merupakan salah satu pilihan obat yang juga aman untuk Bunda dan bayi. Meski bisa masuk ke dalam ASI, tetapi umumnya jenis obat ini tidak akan memberikan efek samping yang signifikan kepada si kecil, kok.
3. Dekongestan

Merupakan obat flu yang hanya mengandung satu bahan aktif, sehingga aman untuk dikonsumsi ibu menyusui. Obat ini dikenal untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat akibat flu atau pilek.
Meski begitu, Bunda tetap perlu berhati-hati ketika memilih merek dagang dari obat jenis ini. Pasalnya, ada beberapa merek obat dekongestan yang juga bisa berisiko mengganggu produksi ASI.
Agar lebih aman, Bunda bisa memilih obat dekongestan bentuk semprot sebagai alternatif pengobatan. Pasalnya, obat dalam bentuk ini cenderung tidak akan berpengaruh secara signifikan pada produksi ASI Bunda.
Tidak ada salahnya juga sebelum mengonsumsi jenis obat ini, Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, ya.
4. Antihistamin

Jika flu yang dialami karena alergi, maka obat antihistamin bisa Anda konsumsi. Meski begitu, tetap berhati-hati dengan dosisnya karena obat ini memiliki efek samping seperti menimbulkan rasa kantuk.
Obat Flu Alami untuk Ibu Menyusui
Nah, selain obat-obatan tersebut, flu pada ibu menyusui juga bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan sehat secara alami. Agar flu segera membaik, berikut beberapa makanan dan minuman penunjang yang bisa Bunda konsumsi:
5. Air Hangat

Mengonsumsi air hangat saat flu akan menimbulkan sensasi yang menenangkan. Minuman ini akan membuat tenggorokan dan hidung yang tersumbat akibat flu menjadi lebih lega. Tak hanya itu, mengonsumsi air hangat rutin juga bisa membantu Anda agar tetap terhidrasi dengan baik selama menyusui.
6. Yoghurt Termasuk Obat Flu Alami untuk Ibu Menyusui

Salah satu makanan yang bisa membantu meredakan flu adalah yoghurt. Selain membantu meredakan flu secara alami, probiotik seperti yoghurt juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melancarkan produksi ASI Bunda.
7. Teh dan Madu

Merupakan campuran yang kerap menjadi penyelamat ketika flu melanda. Busui juga tentunya bisa mengonsumsi teh hangat yang dicampur madu untuk membantu meredakan flu yang dialami.
Artikel terkait: 10 Minuman Pelancar ASI yang Baik Dikonsumsi Busui, Sehat dan Alami!
8. Jeruk, Obat Flu Alami untuk Ibu Menyusui

Buah-buahan merupakan makanan sehat yang bisa Bunda konsumsi saat menyusui. Bunda juga bisa mengonsumsi buah seperti jeruk untuk meredakan flu. Jeruk kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan imun tubuh dan meringankan gejala flu yang dialami.
9. Sup Ayam

Sup ayam merupakan salah satu comfort food yang bisa membantu meringankan gejala flu, loh. Selain nikmat saat dimakan selagi hangat, sup juga mengandung banyak sayuran yang tentunya menyehatkan.
Menurut Dokter Umum Anil Ballani dari Hinduja Hospital, India, sup ayam bisa menghambat pergerakan neutrofil (tipe sel darah putih) di saluran pernapasan sehingga bisa mengurangi sumbatan.
“Mengonsumsi sup juga bisa membantu silia hidung berfungsi lebih baik sehingga memfasilitasi upaya penghilangan lendir. Namun ingat, efek yang diberikan sup bersifat sementara. Karena, ini bukan obat, tetapi makanan penunjang untuk meringankan gejala flu,” jelas Anil, mengutip dari laman Detik.
10. Air Jahe

Mengonsumsi air jahe ketika flu bisa membantu memberikan rasa hangat dan mengatasi hidung tersumbat. Ini juga merupakan salah satu obat penunjang alami yang bisa meredakan gejala flu seperti demam. Air jahe aman untuk busui selagi tidak dikonsumsi secara berlebihan, ya, Bun.
Artikel terkait: Hiperlaktasi pada Busui, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Itulah beberapa jenis obat flu yang aman dikonsumsi untuk ibu menyusui. Agar gejala flu mereda dan bisa lekas pulih, jangan lupa juga istirahat, ya, Bun. Apabila flu tak kunjung sembuh dan mengganggu aktivitas, jangan ragu untuk segera periksakan diri ke dokter agar bisa mendapat penanganan yang tepat.
Artikel telah ditinjau oleh:dr. Gita PermatasariDokter Umum dan Konsultan Laktasi
Baca juga:

6 Manfaat Clover Honey untuk Busui, Salah Satunya Meningkatkan Produksi ASI

5 Manfaat Konsumsi Buah Manggis untuk Busui, Serta Efek Samping yang Perlu Diwaspadai

Lezat dan Kaya Nutrisi, Ini 6 Produk Susu untuk Busui Lancar MengASIhi

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Source link



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *