Kabar Terhangat

Daftar Politeknik Swasta Buatan Emiten BEI!

192
×

Daftar Politeknik Swasta Buatan Emiten BEI!

Sebarkan artikel ini



Ada beberapa perusahaan terbuka yang masuk di Bursa Efek Indonesia memiliki perguruan tinggi khususnya vokasi. Ini daftar emiten yang membuka politeknik di Indonesia.

Pendidikan Vokasi khususnya Perguruan Tinggi Vokasi telah menjadi pilihan yang tak kalah menarik dan semakin diminati di Indonesia.

Pasalnya Perguruan Tinggi Vokasi dan Perguruan Tinggi umum seperti layaknya SMK dan SMA, dimana SMA akan lebih fokus kepada teori dan SMK akan lebih fokus ke praktik.

Politeknik pun demikian karena program program studi yang ada di Politeknik akan lebih memfokuskan ke program teknik.

Politeknik tidak hanya berupa Politeknik Negeri akan tetapi ada juga Politeknik Swasta, bahkan ada beberapa yang didirikan oleh perusahaan yang terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) lho Be-Emers.

Beberapa politeknik didaftar ini mungkin bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan karena selain kurikulumnya yang mengutamakan praktik sehingga tidak membuat gampang bosan, beberapa diantaranya juga menawarkan beasiswa bahkan hingga lulus.

Baca Juga: 6 Perguruan Tinggi Ini Dinaungi Perusahaan BUMN! Apa Saja?

Daftar Perguruan Tinggi Politeknik Milik Emiten BEI

1. Politeknik Astra

Politeknik Astra (website Politeknik Astra)

Perguruan tinggi yang pertama berasal dari emiten berkode ASII atau Astra Indonesia Internasional nih Be-Emers.

Politeknik Astra pada awalnya bernama Akademi Teknik Federal dan didirikan tahun 1995, kini Politeknik Astra berada dibawah naungan Astra Internasional melalui YABI (Yayasan Astra Bina Ilmu).

Politeknik Astra memiliki gedung kampus yang terletak di Kawasan Industri Delta Silicon, Cikarang Selatan, Jawa Barat dan kini Politeknik Astra memiliki 8 Program Studi, 6 diantaranya dengan jenjang Diploma 3 dan 2 lainnya dengan jenjang Sarjana Terapan.

Setiap tahunnya Politeknik Astra kerap membuka peluang beasiswa kuliah yang dibiayai baik dari Yayasan ataupun perusahaan grup Astra.

2. Politeknik Gajah Tunggal

Jika Be-Emers tak asing atau bahkan akrab dengan merek ban “GT-Radial” nah perusahaan pembuatnya yakni emiten berkode GJTL atau Gajah Tunggal juga mendirikan Perguruan Tinggi Politeknik sendiri lho Be-Emers, yaitu Politeknik Gajah Tunggal.

Pada awalnya Politeknik Gajah Tunggal adalah hasil kerjasama Gajah Tunggal Grup dengan ITB (Institut Teknologi Bandung) pada 3 November 1995 yang lalu dan pada saat itu bernama PATIGAT (Pendidikan Ahli Teknik Industri Gajah Tunggal).

Kini Politeknik Gajah Tunggal memiliki gedung kampus yang terletak di Tangerang, Banten dan terdapat 3 Program Studi yakni Teknik Industri, Teknik Mesin danTeknik Elektronika dengan jenjang Diploma 3.

Politeknik Gajah Tunggal memberikan beasiswa berkuliah gratis hingga lulus dan dibuka setiap tahunnya, tentunya akan diadakan seleksi terlebih dahulu oleh Politeknik Gajah Tunggal.

3. Politeknik Jakarta Internasional

Politeknik Jakarta Internasional (website Politeknik Jakarta Internasional)

Politeknik Jakarta Internasional (website Politeknik Jakarta Internasional)

PerguruanTinggi Politeknik selanjutnya berasal dari induk grup emiten berkode INPC atau Bank Artha Graha Internasional. Lebih tepatnya Politeknik Jakarta Internasional berada dibawah naungan PT. Jakarta International Hotel and Development yang berada dalam Artha Graha Group.

Pada awalnya Politeknik Jakarta Internasional bernama Akademi Pariwisata Jakarta Internasional Hotel School dan didirikan pada tahun 1994.

Baca Juga: Belajar Tentang Karir Lewat Film The Intern

Politeknik Jakarta Internasional terletak di kawasan SCBD (Sudirman Central Business District), Jakarta Selatan dan memiliki 8 Program Studi dengan 5 diantaranya dengan jenjang Diploma 3 dan 3 lainnya dengan jenjang Sarjana Terapan.

Setiap tahun ajaran baru Politeknik Jakarta Internasional memberikan peluang Beasiswa untuk berkuliah di Perguruan Tinggi naungan Artha Graha Group ini.

4. Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia

Nah kalau Be-Emers akrab dengan minyak goreng “Fortune” atau “Sania” pasti Be-Emers tau perusahaan pembuatnya, yaps produsennya adalah emiten berkode CEKA atau Wilmar Indonesia.

Wilmar melalui pendirinya yakni Martua Sitorus mendirikan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2014.

Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia memiliki gedung kampus yang terletak di Deli Serdang, Sumatera Utara. Kini Politeknik ini memiliki 4 Program Studi dengan jenjang Diploma 4 yakni Program Studi akutansi perpajakan, agribisnis holtikultura, manajemen pemasaran internasional dan pengelolaan konvensi dan acara.

5. Politeknik Krakatau

Politeknik Krakatau (website Politeknik Krakatau)

Politeknik Krakatau (website Politeknik Krakatau)

Terakhir di daftar ini adalah Politeknik naungan salah satu BUMN yang tercatat di BEI dengan kode KRAS nih Be-Emers, yaps itu adalah  PT Krakatau Steel Persero Tbk.

Politeknik Krakatau sendiri telah berdiri sejak tahun 1997. Politeknik Krakatau berlokasi di Cilegon, Banten dan kini memiliki 6 program studi.

2 diantaranya dengan jenjang Diploma 3 yakni Teknik Listrik dan Teknik Mesin dan 4 lainnya dengan jenjang Diploma 4 atau Sarjana Terapan yakni Teknologi Rekayasa Elektrikal Mekanik, Relasi Industri, Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak dan Bisnis Digital.

Demikian artikel mengenai daftar perguruan tinggi politeknik yang didirikan oleh perusahaan emiten Bursa Efek Indonesia.

Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan wawasan Be-Emers serta mendapat bahan pertimbangan untuk Be-Emers memilih perguruan tinggi oliteknik yang sesuai untuk Be-Emers.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik Di Sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *