Dalam Rangkaian G20, Indonesia Adakan T20! Apa Itu? Simak Agendanya



Indonesia mendapat giliran memegang presidensi G20, seperti yang ditetapkan pada Riyadh Puncak 2020. Ini adalah rantai panjang dalam satu tahun. Salah satu jaringan yang diimplementasikan adalah T20.

Apa Itu G20?

Dari buku panduan G20, G20pedia, G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (UE) yang memiliki kelas pendapatan menengah hingga tinggi, negara berkembang hingga negara maju.

Negara Mana Saja Anggota G20?

Negara yang menjadi anggota G20 adalah Indonesia, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Argentina, Brazil, Inggris, Jerman, Italia, Perancis, Rusia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Turki, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, dan Uni Eropa.

Kapan G20 Berdiri?

G20 dibentuk pada tahun 1999, berawal dari inisiasi anggota G7 yang kemudian merangkul negara-negara lain baik maju dan berkembang untuk bersama-sama mengatasi krisis yang berdampak global.

Baca Juga: Presidensi G20: Apa Manfaatnya bagi Perekonomian Indonesia?

 

Apa Saja Agenda/Pertemuan dalam G20?

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)

Disebut juga dengan KTT Pemimpinkegiatan ini merupakan puncak dari penyelenggaraan G20. Sesuai namanya, pada KTT atau Leaders Summit kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara tergabung akan berkumpul dan rapat membahas isu yang ada.

Pertemuan Tingkat Menteri

Disebut juga Pertemuan Tingkat Menteridalam kegiatan ini para menteri akan berkumpul dan rapat membahas isu tertentu sesuai dengan sektor atau bidangnya. Misal isu mengenai perekonomian maka akan dihadiri Menteri Perekonomian.

Pertemuan Kelompok Kerja

Ini adalah kegiatan pertemuan yang membahas isu prioritas sektor yang diampu oleh kelompok kerja atau kelompok kerja tertentu.

Pertemuan Forum Dialog

Disebut juga Pertemuan Kelompok Keterlibatanpertemuan ini membahas isu tertentu secara khusus. Ada banyak Pertemuan Kelompok Keterlibatan dalam G20, salah satunya adalah pertemuan T20 atau T20 puncak.

Apa itu T20?

Pertemuan G20. (Sumber: g20.org)

T20 adalah singkatan dari Think 20, ini merupakan forum di mana para ahli menyajikan analisis komprehensif terkait isu-isu atau diskusi yang sedang berlangsung di G20.

Kemudian dari forum ini dapat menghasilkan ide-ide untuk mendukung G20 dalam menghasilkan kebijakan yang konkret dan berkelanjutan.

 

Kapan T20 Dilaksanakan dan Apa Agendanya?

T20 puncak digelar selama dua hari, mulai dari 5 September hingga 6 September 2022 di Nusa Dua, Bali. Pertemuan T20 terdiri dari banyak agenda, ada 4 rapat pleno dan lebih dari 16 rapat tematik dan rapat kecil lainnya.

Dalam T20 ada 124 pembicara yang tersebar dari akademisi, menteri, ilmuwan, praktisi, dan lainnya. Rapat T20 bisa diikuti melalui live streaming.

Keren juga ya, Indonesia berhasil menyelenggarakan peristiwa kenegaraan yang lingkupnya internasional dengan baik. Kira-kira peristiwa internasional selanjutnya yang akan diadakan di Indonesia apa ya?

Baca Juga: Kolaborasi Antar Negara Puncak Kekuatan Transisi Energi di Indonesia

Kamu juga bisa ikut menulis di website Suara-Pembaruan.com, lho. Yuk, mulai tulis pengalamanmu seputar investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, ataupun entertainment di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.