Daripada Kelamaan, Kamu Juga Bisa Percepat Pelunasan KPR, Lho!



Jangka waktu adalah salah satu hal penting dalam Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Lalu, bisa benarkah pelunasan KPR bisa dipercepat?

Saat kamu memutuskan buat membeli rumah dengan sistem KPR, pastinya kamu berhadapan dengan jangka waktu tertentu buat melunasinya. Biasanya, jangka waktu ini dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keadaan finansial kamu.

Walaupun kesannya punya waktu yang panjang buat mencicil, KPR yang punya jangka waktu ini ternyata bisa kita percepat waktu pelunasannya. Kalau kata perencana keuangan Jayadin Binaardi, dilansir dari Bisnis.comsebenarnya ada beberapa waktu yang tepat lho buat melunasi KPR.

Misalnya kayak pas arus kas bulanan kamu lagi enggak sehat, dimana kamu tiba-tiba enggak kerja lagi atau pendapatan enggak stabil.

Kamu juga bisa pertimbangkan lagi buat secepatnya melunasi KPR kalau bunga/marginnya lebih dari bunga/kembali dari kemungkinan yang didapat dan dalam waktu dekat kamu ternyata berencana punya utang lain yang lebih besar.


Baca Juga: KPR Diminati, Ini Hal yang Perlu Kamu Perhatikan

Cara Mempercepat Pelunasan KPR

Nah, kalau kamu mau KPR yang kamu miliki cepat lunas, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan nih, Be-emers. Apa saja ya?

1. Manfaatkan Uang Tambahan

Selain itu, pas kamu lagi dapat rejeki tambahan yang jumlahnya cukup besar, kayak uang warisan atau bonus lainnya.

Manfaatkan Uang Tambahan Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

Enggak ada salahnya kok kalau kamu mau pakai rejeki itu buat segera melunasi KPR. Lumayan kan, daripada uangnya habis ditelan promo dan diskon barang-barang konsumtif?

Kamu juga bisa nih ngumpulin dana dari pemasukan yang sifatnya enggak ganggu cash flow bulanan. Misalnya kayak dari Tunjangan Hari raya (THR). Ivan menyarankan, kamu bisa pakai 20-30 persen dari THR buat tambahin cicilan KPR biar cepat lunas.

 

2. Pindah ke Bank Lain

Selain kamu bisa manfaatkan bonus uang atau rejeki ‘nomplok’ tadi, dilansir dari Harian Bisnis IndonesiaPerencana Keuangan OneShildt M, Andoko juga menyarankan buat pindah ke bank lain yang punya penawaran bunga lebih kecil (mengambil alih).

Pindah ke Bank Lain Ilustrasi Suara-Pembaruan.com - Image: Canva

Pindah ke Bank Lain Ilustrasi Suara-Pembaruan.com – Image: Canva

Dengan cara ini, kamu dapat menghitung lagi komposisi cicilannya sesuai dengan kemampuan kamu apa enggak.

Eits, tapi ingat nih, kamu bakal dikenakan biaya penalti kalau pindah bank buat cicil KPR. Yang pasti sih, kamu tetap harus pertimbangkan dengan matang untung-ruginya kalau mau pindah bank.

Nah, tapi itu semua balik lagi ke kebutuhan dan keadaan finansial kamu ya. Kalau memang kamu lebih sanggup buat mencicil KPR sesuai dengan jangka waktu dan jumlah cicilan yang disepakati dari awal, ya terusin aja.

Baca Juga: Harga Properti Naik Terus, Ini Tips Beli Rumah dengan KPR

Yang penting, kamu konsisten buat melunasi KPR kamu. Semoga cepat lunas ya kredit rumah idamannya!

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Suara-Pembaruan.com dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.