Denda dan Jogging Track, Cara Pemkot Depok Bersihkan Ciliwung dari Limbah

  • Whatsapp
Denda dan Jogging Track, Cara Pemkot Depok Bersihkan Ciliwung dari Limbah
banner 468x60


Imam menuturkan, selain mencegah pencemaran Sungau Ciliwung, masyarakat dapat membuat lubang biopori. Pemkot Depok telah mencanangkan pembuatan lubang biopori sebanyak 100.000 lubang.

Bacaan Lainnya

Nantinya lubang tersebut akan dibuat di sejumlah titik di Kota Depok sebagai cadangan air atau menjaga terjadinya genangan air saat musim hujan.

“Target kita 100.000 lubang biopori, namun kami berharap lubang biopori lebih dari itu dan kami akan membuat sumur resapan air,” pungkas Imam.

Sebelumnya sempat terjadi lempar tanggung jawab terkait banjir yang terjadi di DKI Jakarta menyertakan Sungai Ciliwung dalam perdebatannya.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan urusan banjir di ibu kota merupakan urusan bersama sehingga tak perlu saling menyalahkan.

Berdasarkan hasil Ekspedisi Ciliwung pada 10-11 November 2020 lalu, Bima dan Komunitas Peduli CIliwung mendapati berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab banjir di Jakarta.

Adapun hal tersebut meliputi titik timbunan sampah, pembuangan limbah, bangunan liar dan lain sebagainya. Bahkan, Bima menyebut saat pengarungan dengan jarak 70 kilometer dengan perahu karet, terlihat adanya penyempitan sungai saat memasuki wilayah Jakarta. Di samping itu, warna air juga tampak lebih keruh dan berbau.

Terkait hal ini, Bima mengatakan pihaknya dan tim Ekspedisi Ciliwung sudah menyampaikan kepada pemerintah terkait, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian PUPR, bahkan hingga Presiden.

“Kami mengarungi Ciliwung dari Bogor, transit di Depok kemudian lanjut hingga Pintu Air Manggarai, Jakarta. Kita menemukan 184 titik timbunan sampah. Yang dari Bogor sampai Depok hanya 34 titik. Sisanya yang 150 itu dari Depok sampai Jakarta. Selain timbunan sampah, juga ada bangunan liar, limbah dan lain sebagainya,” jelas Bima.



:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *