Di GIIAS Jokowi Sebut Diskon PPnBM Cespleng Dongkrak Industri Otomotif – Otomotif

  • Whatsapp


Tangerang, Majalahtime.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyempatkan diri menyambangi hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD City pada Rabu (17/11/21) terlihat semringah. Setelah berkelilig melihat booth para peserta perheltan tersebut, orang nomor satu di Indonesia itu pun memberikan keterangan kepada awak media.

Bacaan Lainnya

Intinya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan meski di tengah kondisi pandemi Covid-19, ternyata industri otomotif nasional telah mulai menggeliat. Penjualan produk ke konsumen telah merangkak naik yang pada akhinya mendongkrak angka produksi.

Menurut Jokowi pemerintah mendukung sektor yang di awal tahun telah terdampak pandemi, untuk bangkit kembali. Salah satu dukungan itu adalah relaksasi perpajakan alias insentif perpajakan. Wujudnya berupa diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)

Dan hasilnya – menurut pria yang juga pernah menjabat Wali Kota Solo ini – cespleng. “Kalau kita lihat insentif ini sangat mendongkrak penjualan, mendongkrak produksi uga pernahdari industri otomotif kita. Terakhir angka yang saya dapatkan ada kenaikan kurang lebih 60%. Ini sangat baik untuk memberikan dorongan kepada pemulihan ekonomi,” ungkap Jokowi.

Toyota All New Avanza salah- dok.Istimewa satu mobil yang mendapatkan diskon PPnBM 100% – dok.Istimewa

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang mendampinginya pun mengamini pernyataan tersebut. Mantan Menteri Sosial itu bahkan menegaskan bahwa kebijakan diskon PPnBM itu terbukti memberi multiplier effect yang besar dan luas bagi industri otomotif nasional.

Melihat fakta itu, ucap Agus, pemerintah melakukan evaluasi kebijakan yang bakal berakhir 31 Desember mendatang itu. Hanya, Agus tak menyebut secara gamblang apakah itu berarti diskon tarif PPnBM bakal diperpanjang.

“Satu hal yang saya ingin s.aya sampaikan, dan seperti yang tadi juga disampaikan juga oleh Bapak Presiden bahwa program PPnBM yang akan berakhir pada akhir Desember 2021 ini bisa saja dievaluasi oleh pemerintah,” ucap dia.

Presiden Joko Widodo saat melihat booth MG Motor Indonesia di GIIAS 2021 – dok.MG Motor.jpg

Tertarik produk Toyota
Dalam kunjungannya ke arena GIIAS 2021 – yang didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dan sejumlah pejabat pemerintahan dan Gaikindo itu – Jokowi berkeliling melihat sebagian besar booth peserta GIIAS. Booth pertama yang dihampirinya adalah booth Toyota Indonesia.

Di stan ini kepala negara yang juga kepala negara dan kepala pemerintahan Indonesia ini tertarik melihat secara seksama sejumlah model yang disuguhkan PT Toyota Astra Motor (TAM). Bahkan Jokowi sempat melihak dan menaiki mobil-mobil Toyota di hajatan berskala internasional tersebut.

Presiden juga terlihat serius kala menyimak dan mendengarkan penjelasan Presiden Direktur PT TAM Susumu Matsuda terkait keberadaan model baru yang tidak hany ditujukan bagi pasar Indonesia semata tetapi juga pasar ekspor. Model tersebut adalah Toyota All New Veloz.

Toyota All New Veloz – dost.Istimewa

MPV yang diluncurkan secara resmi di arena GIIAS 2021 pada 11 November lalu ini, kata Matsuda, MPV yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Mobil 7-seater ini diproduksi pabrik Karawang Plant 3 TMMIN.

Kehadiran MPV berteknologi terbaru dengan basis platform Toyota New Global Architecture (TNGA) ini, lanjut Matsuda, diharapkan makin menggerakkan industri otomotif nasional. Sebab All New Veloz diposisikan untuk mengisi ceruk pasar potensial baik di dalam maupun luar negeri.

Dengan keunggulan teknologi, desain, harga serta layanan purna jual yang menarik diharapkan permintaan All New Veloz juga tinggi sehingga produksi juga meningkat. Walhasil industri otomotif nasional pun semakin menggeliat dan mendorong pergerakan roda perekonomian nasional. (Fer/Ara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *