Dirawat di RS karena Gangguan Usus, Najwa Shihab: “Titip Saling Mendoakan, Ya”

  • Whatsapp
Dirawat di RS karena Gangguan Usus, Najwa Shihab: "Titip Saling Mendoakan, Ya"


Jurnalis dan presenter berita Najwa Shihab kini tengah terbaring lemah di Rumah Sakit (RS). Ia dilarikan ke RS setelah mengalami gangguan usus yang membuatnya tak berdaya.

Bacaan Lainnya

Program Mata Najwa yang dinantikan setiap hari Rabu juga terpaksa tidak tayang karena Nana, sapaan akrab Najwa Shihab, berada di RS. Lalu, bagaimana kondisi Nana saat ini? Apa penyakit yang menderanya hingga ia dilarikan ke RS? Simak berita selengkapnya berikut ini. 

Najwa Shihab Sakit, Dirawat di RS karena Mengidap Gangguan Usus

Sumber: Instagram/@najwashihab

Cobaan hidup bisa datang kapan saja, termasuk dalam bentuk penyakit. Kondisi ini pula yang kini menimpa jurnalis Najwa Shihab. Ia sudah 3 hari dirawat di RS karena mengalami gangguan usus. Nana, sapaan akrab Najwa Shihab, dilarikan ke RS sejak Selasa (4/5/2021). 

Teman-teman, Rabu malam ini @matanajwa tidak tayang dulu. Sejak kemarin saya harus dirawat di RS karena gangguan usus,” ungkap Najwa Shihab melalui akun Instagram-nya @najwashihab. 

Ia pun mengunggah sebuah foto ke Instagram di mana tangannya terlihat diinfus. Dalam unggahan tersebut, tak lupa ia juga memohon doa kepada rekan-rekan di media sosial untuk kesembuhannya. 

Titip saling mendoakan ya. Semoga kita semua selalu dilindungi, diangkat segala penyakit dan diberkahi kesehatan. Aamin ya Rabb,” tulisnya. 

Lantaran sakit, program Mata Najwa yang biasanya tayang setiap hari Rabu harus ditunda. Padahal, pekan ini, program tersebut rencananya akan mengangkat polemik pelarangan mudik yang diterapkan mulai Kamis (6/5/2021) hingga tanggal 17 Mei mendatang. 

Artikel terkait: 7 Fakta Najwa Shihab Dipolisikan Relawan Jokowi Soal Wawancarai Kursi Kosong

Najwa Shihab Sakit, Sudah Swab PCR Hasilnya Negatif

najwa shihab sakit

Sumber: Instagram/@najwashihab

Didera sakit di tengah pandemi memang menimbulkan rasa khawatir. Pasalnya, tak sedikit yang penyakitnya dibarengi dengan hasil tes positif COVID-19. Najwa Shihab yang kini tengah terbaring lemah di RS juga sudah melakukan tes swab PCR untuk memastikan kondisi kesehatannya. 

Dari hasil tes yang dijalaninya, hasilnya menyatakan bahwa Najwa negatif COVID-19. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh akun resmi Mata Najwa di Instagram, yaitu @matanajwa. 

Teruntuk para penonton setia #MataNajwa, mohon maaf kami umumkan bahwa malam ini, Rabu, 5 Mei 2021, Mata Najwa tidak tayang karena kondisi kesehatan Kak @NajwaShihab.⁣⁣⁣⁣ Meski hasil tes PCR negatif COVID-19, namun kondisi Kak Nana mengharuskannya dirawat di rumah sakit,” tulis akun @matanajwa via Instagram.

Tentu banyak yang kecewa, mengingat topik pekan ini adalah persoalan pelarangan mudik yang mulai berlaku sejak 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Meski demikian, tak sedikit pula yang mengirimkan doa untuk kesembuhan Najwa Shihab. Di antaranya ada Iqbaal Ramadhan, Vincent Rompies, Ridwan Kamil, Wanda Hamidah, Kunto Aji, Triawan Munaf, dan masih banyak lagi. 

Sementara itu, Kamis (6/5/2021) pagi tadi, melalui akun Instagram-nya, Najwa mengabarkan bahwa kondisinya mulai membaik. Diare dan muntah yang dialaminya sudah berkurang. Kini tinggal rasa mual dan lemas yang masih ia rasakan. 

Terima kasih banyak untuk semua kiriman doanya ya teman-teman. Alhamdulillah hari ini sudah mulai membaik. Sisa lemas dan mual aja tapi kondisi lain seperti muntah dan diare sudah berkurang,” ungkapnya. 

Artikel terkait: Punya Paras Menawan, 8 Artis Indonesia Ini Ternyata Keturunan India

Kenali Gejala Radang Usus, Penyakit yang Menyerang Najwa Shihab

najwa shihab sakit

Ilustrasi radang usus (Sumber: iStockphoto)

Radang usus adalah penyakit yang bisa mendera siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi diduga karena gangguan pada sistem kekebalan tubuh. 

Penyakit ini juga bisa kambuh meski sudah dinyatakan sembuh. Saat kambuh, gejala yang dirasakan biasanya bervariasi, mulai dari diare hingga BAB berdarah. Berikut gejala yang paling umum dijumpai pada penderita radang usus:

1. Diare

Najwa Shihab sempat menyebut dirinya mengalami diare. Gejala yang paling sering dirasakan oleh penderita radang usus adalah diare.

Berbeda dengan diare pada umumnya, diare pada penderita radang usus tak bisa sembuh dengan obat-obatan biasa. Bahkan frekuensinya bisa mencapai 10 kali sehari hingga membuat tubuh lemas dan komplikasi. 

2. Nyeri Perut

Saat sedang kambuh, penderita radang usus juga akan mengalami nyeri perut yang sangat menyakitkan. Rasa nyeri dan lokasinya bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis radang usus yang dialami.

Sebagai informasi, radang usus dibedakan menjadi 2, yaitu kolitis ulseratif dan Crohn’s disease. Kolitis ulseratif terjadi pada usus besar hingga ke anus, sedangkan Crohn’s disease bisa terjadi di seluruh sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga ke dubur.

Artikel terkait: Wajib tahu! Inilah cara mudah untuk mencegah radang usus buntu

3. Demam

Penderita radang usus biasanya juga akan mengalami demam saat penyakitnya kambuh. Untuk mengenalinya, biasanya demam terjadi selama lebih dari 3 hari dan disertai gejala lainnya, seperti nyeri perut dan juga diare. 

4. Tidak Nafsu Makan

Biasanya, saat kambuh, penderita radang usus menjadi tidak nafsu makan. Ini terjadi karena ia merasakan mual, perut kembung, hingga muntah setiap kali kemasukan makanan. Radang usus juga bisa menyebabkan sariawan dan aktivitas makan menjadi tidak enak. 

5. BAB Berdarah

Yang paling ditakuti dari radang usus ketika kambuh adalah BAB berdarah. Adanya darah dalam feses adalah tanda bahwa usus mengalami luka. Biasanya, kondisi ini terjadi dibarengi dengan diare yang tak kunjung usai. 

Parents, demikian informasi terkini mengenai kondisi Najwa Shihab yang sedang sakit. Mari kita doakan semoga ia bisa segera pulih kembali, ya. Cepat sembuh, ya, Mbak Nana!

Baca juga:

Menikah di Usia 20 Tahun, Ini 5 Fakta Pernikahan Najwa Shihab

Nomor 1, Najwa Shihab Terpilih Jadi Perempuan Paling Dikagumi 2020

9 Rahasia Sukses Pengasuhan Ayah dan Ibunda Najwa Shihab, Apa Saja?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *