DKI Siapkan 25 Bus Sekolah Angkut Lansia Divaksinasi

  • Whatsapp
DKI Siapkan 25 Bus Sekolah Angkut Lansia Divaksinasi


Suara-Pembaruan.com.Indo – Proses vaksinasi untuk golongan lanjut usia (lansia) terus dikebut. Untuk itu Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyediakan 25 unit bus sekolah untuk mengangkut lansia ke fasilitas kesehatan yang jauh dari tempat tinggalnya.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Puluhan bus tersebut juga akan dijaga sebanyak 55 personel untuk membantu lansia saat didalam bus.

“Unit bus sekolah itu akan ditempatkan masing-masing lima unit armada bus di lima wilayah kota administrasi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Lupito di Jakarta, Jumat (19/3).

Operasionalnya, kata Syafrin, akan mengikuti kebutuhan dari masing-masing wilayah kota administrasi. “Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dishub DKI Jakarta akan terus berkoordinasi baik tingkat kota dan dinas kesehatan, kami akan menambah armada jika kurang,” tutur Syafrin.

Sementara, Kepala UPAS Provinsi DKI Jakarta Ali Murtadho menerangkan pihaknya telah menyediakan bus ukuran medium yang bisa mengangkut 22 orang serta bus jenis mikro dengan kapasitas 20 orang.

Bus akan membawa lansia yang telah terdata oleh pihak kota atau Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk dilakukan vaksinasi.

“Bus sekolah akan mengangkut berdasarkan titik jemput yang telah ditentukan. Lansia tidak bisa mengajukan perorangan, melainkan harus melalui puskesmas setempat. Sebab sistem pengangkutannya sesuai titik jemput yang diajukan puskesmas maupun kecamatan setempat. Lansia kemudian akan diantarkan kembali ke titik jemput usai divaksinasi,” ujar Ali.

Dengan upaya tersebut, diharapkan mampu meringankan warga, khususnya lansia yang terkendala dalam hal transportasi saat akan dilakukan vaksinasi.

“Kami akan berupaya memfasilitasi dan merespons dengan cepat dalam upaya memobilisasi warga, sehingga masyarakat dapat terbantu dari sisi transportasi, program vaksinasi pun bisa berjalan lancar,” ucap Ali.

Ali Murtadho mengatakan layanan ini sudah dijalankan sejak Rabu (17/3) lalu. Selama ini titik penjemputan dilakukan di kantor kelurahan setempat dan diantar ke lokasi layanan vaksinasi, kemudian diantarkan kembali ke kantor kelurahan.

“Kalau masih kurang, armada kita tambah lagi sesuai kebutuhan di lapangan,” kata Ali, seperti dikutip dari situs resmi PPID Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Ali mengatakan 25 armada ini disebar ke lima wilayah Ibu Kota dengan masing-masing wilayah mendapatkan kuota lima armada. Setiap armada memiliki kapasitas 23 tempat duduk.

Layanan ini akan diberikan sampai program vaksinasi ini tuntas pada saat layanan vaksinasi dosis kedua nanti. Khusus Jakarta Timur, layanan hari ini dilakukan di Kelurahan Cipinang Melayu.

.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *